Jenis Kerusakan pada Kulkas 1 Pintu dan Solusinya

Kerusakan Kulkas 1 Pintu

Jenis Kerusakan pada Kulkas 1 Pintu dan Cara Mengatasinya – Kulkas satu pintu memiliki sistem kerja yang paling sederhana jika dibandingkan dengan kulkas 2 pintu atau diatasnya yang sudah memiliki tambahan banyak fitur.

Jenis kulkas satu pintu sampai saat ini masih jamak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu alasan kenapa masyarakat banyak menggunakan kulkas model satu pintu tentunya adalah karena dari segi harga masih relatif terjangkau dibandingkan dengan kulkas 2 pintu maupun diatasnya.

Jenis Kerusakan pada Kulkas 1 Pintu dan Cara Memperbaikinya

Dalam kulkas 1 pintu menggunakan sistem pendinginan langsung, dimana ruang freezer dan ruang penyimpanan sayur buah berada pada satu ruang.

Karena menggunakan sistem pendingin langsung makan komponen kulkas 1 pintu juga tidak sebanyak kulkas 2 pintu. Dan ini juga berpengaruh pada servisnya jika terjadi kerusakan biaya yang dikeluarkan akan lebih murah, tergantung dari jenis kerusakan.

Kulkas 1 pintu juga terbilang awet apabila kita menggunakannya dengan benar dan juga rutin melakukan perawatan terhadap kulkas ini.

Karena seperti yang kita ketahui kulkas 1 pintu membutuhkan perawatan lebih. salah satu perawatan yang penting adalah membersihkan bunga es yang sering muncul pada freezer yang pada umumnya kulkas 1 pintu masih manual defrost.

Karena jika tidak sering dibersihkan maka semakin banyak bunga es menumpuk akan membuat ruang freezer menjadi sempit bahkan merusak pintu freezer karena tidak akan bisa ditutup karena terhambat oleh bunga es.

Bunga es yang menumpuk juga menyebabkan pembekuan akan lebih lama, dan akhirnya kulkas bekerja lebih keras. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan – kerusakan pada kulkas.

1. Kulkas mati

Keadaan kulkas mati atau tidak menyala sama sekali termasuk mesin kompresor bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya aliran listrik yang tidak terhubung dengan kulkas. Anda bisa mengecek kabel – kabel pada kulkas apakah ada yang putus atau rusak dimakan tikus.

Langkah lainnya jika tidak ada masalah pada kabel coba lepaskan overload dan relai/PTC kemudian cek menggunakan avometer. periksa juga pada fuse atau sekering apakah terjadi kerusakan.

2. Kulkas hidup tapi tidak Dingin

  • Kerusakan pintu

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, untuk kulkas dalam penggunaan lama bisa terjadi karena pintu yang tidak rapat. Bisa karena engsel pintu sudah lapuk sehingga tidak bisa menutup rapat atau bisa juga karena karena karet isolator pada pintu sudah getas ditambah pintu yang karatan memnyebabkan udara pada ruangan kulkas bocor.

  • Kebocoran gas freon

Kerusakan lainnya bisa jadi karena kebocoran gas freon. Kebocoran ini bisa terjadi pada evaporator atau juga bisa terjadi pada pipa kondensor.

Pipa kondensor umumnya menggunakan bahan besi sehingga seiring waktu bisa mengalami karat membuat besi semakin tipis dan terjadi kebocoran.

3. Kulkas dingin tapi tidak bisa membuat batu es

Penempatan kulkas perlu diperhatikan karena suhu disekitar kulkas juga mempengaruhi kulkas dalam mencapai suhu beku. Jika Anda ingin memindahkan kulkas maka diwajibkan membawanya dalam posisi berdiri. Karena jika Anda mengangkat kulkas dalam keadaan miring atau bahkan tidur hal ini bisa memicu terjadinya kerusakan pada kulkas.

Jika kulkas berada posisi yang tidak semestinya dalam waktu lama maka oli yang berada di dalam kompresor akan naik. Dan ketika kulkas dinyalakan oli akan terbawa semakin jauh memenuhi filter dan sampai pada evaporator.

Keadaan ini akan mengganggu jalannya gas freon sehingga evaporator bisa tidak dingin merata. Hal lainnya adalah adanya kotoran yang juga bisa mengganggu sirkulasi gas freon.

Jika cairan oli sudah merata dan menumpuk hal yang biasa dilakukan oleh tukang servis adalah membersikan evaporator dan kondensor dengan mengisinya cairan metil kemudian disemburkan menggunakan bantuan kompresor.

4. Kulkas nyetrum

Hal ini tentunya akan membuat kita shock ketika kita ingin membuka kulkas untuk mengambil minuman dingin tiba – tiba bodi kulkas grounding atau mengandung arus listrik.

Hal ini bisa terjadi karena kabel terkelupas yang menempel pada bodi kulkas. Dalam keadaan yang lebih parah grounding terjadi karena isolator pada lilitan kompresor mengelupas sehingga arus bocor.

Jika hanya kabel yang mengelupas Anda bisa mengisolasi kabel tersebut namun pastikan Anda sudah mencabut kabel dari stopkontak. Untuk lebih aman lagi Anda bisa menambahkan kabel grounding ketembok atau lantai.

Namun jika kompresor nyetrum saran terbaik adalah dengan mengganti mesin kompresor karena jika diperbaiki belum tentu juga akan bertahan lama.

Itulah tadi kerusakan yang sering terjadi pada kulkas 1 pintu beserta penjelasannya, semoga artikel ini bisa membantu Anda memdeteksi kerusakan pada rumah Anda.