Fungsi Kapasitor Mesin Cuci dan Cara Pemasangannya

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci, Harga dan Cara Pemasangan

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci dan Cara Pemasangannya – Bentuk dari kapasitor ada yang persegi dan ada juga yang berbentuk tabung, namun untuk kapasitor besar umumnya berbentuk tabung. Fungsi kapasitor adalah menerima dan menyimpan energi listrik dan kemudian digunakan untuk membantu dinamo berputar

Setidaknya ada 2 jenis kapasitor yang kami tahu yaitu kapasitor jenis starting dan kapasitor running. Perbedaan jenis kapasitor bisa diketahui dari cara kerjanya.

kapasitor starting running

Kapasitor staring berfungsi sebagai angkatan saat dinamo mesin akan bekerja dan kemudian akan mati saat mesin mulai bekerja, namun untuk kapasitor running akan bekerja terus sebagai pengiring saat mesin dinamo bekerja dan mati seiring dinamo berhenti bekerja.

Kapasitor starting biasa digunakan untuk mesin dinamo atau kompresor kulkas dan mesin pendingin lainya. Sedangkan untuk mesin cuci lebih sering menggunakan jenis kapasitor running.

Kapasitor Mesin cuci, Jenis Harga dan Penggunaannya

Penggunaan kapasitor menyesuakan dengan mesinnya, untuk mesin cuci cuci jenis top loading dan front loading yang menggunakan satu mesin terdapat 1 kapasitor.

Sedangkan untuk mesin cuci 2 tabung yang menggunakan 2 mesin untuk cuci dan pengeringnya menggunakan 2 kapasitor, jadi tiap mesin dipasang 1 kapasitor.

kapasitor 2 kabel dan 4 kabel

Kapasitor memiliki 2 kabel namun ada juga yang menggunakan 4 kabel. Kapasitor yang menggunakan 4 kabel sebenarnya seperti k2 kapasitor yang dijadikan satu. Biasanya kita bisa lihat pada ketrangannya terdapat 2 kapasitas yang berbeda ukuran bersama warna kabelnya.

1. Ukuran kapasitor

Ukuran kapasitor menggunakan satuan µF, uF, atau mF = mikrofarad. Dan rata – rata ukuran kapasitor mesin cuci menggunakan kapasitor ukuran 8, 10 atau 12 Mf

Untuk mesin cuci 2 tabung yang menggunakan 2 kapasitor juga memiliki ukuran yang berbeda pada setiap dinamonya. Ukuran kapasitor pada dinamo wash lebih besar dibanding kapasitor pada dinamo pengering.

Jika dinamo wash memiliki ukuran mulai dari 8 µF sampai 12 µF maka ukuran kapasitor untuk dinamo pengering hanya 4,5 atau 6 µF. Namun pada prakteknya kadang tukang servis mengganti atau melakukan jumper pada kapasitor sehingga kapasitasnya menjadi lebih tinggi.

Penggantian maupun jumper pada kapasitor ini bisa disebabkan karena kapasiitor mengalami kerusakan. Namun bagaimana dan seperti apa ciri kapasitor yang mengalami kerusakan.

2. Ciri – ciri kapasitor rusak

Kapasitor kembung

Ketika melakukan pengecekan dengan kondisi kapasiitor mengembang maka segera lakukan penggantian karena jika dibiarakan akan membuat kapasitor ini meledak.

Kekuatan dinamo mesin berkurang

Dalam bekerja dinamo mesin cuci dirasa kurang dan tidak kuat ketika diberi beban atau bahkan mesin cuci tidak bergerak hanya mendengung saja.

Kapasitor yang secara fisik masih bagus bisa juga kapasitasnya berkurang atau bahkan mati. Jika hal ini terjadi biasanya tukang servis punya dua pilihan, antara menambahkan kapasitor atau dijumper dan yang kedua mengganti yang baru.

3. Cara cek kapasitor dengan Multimeter

Kapasitor yang rusak belum tentu memiliki fisik yang menggembung atau meleleh, namun dalam kondisi fisik yang terlihat baik kapasitor bisa mengalami kerusakan atau mati.

Untuk mengetahuinya kita perlu menggunakan alat tes yaitu multimeter atau avometer. Caranya cukup mudah, pertama setting skala avo meter pada posisi omh tepatnya skala x 1K.

Setelah itu sambungkan kabel avometer dengan kaki kapasitor. lakukan bolak balik jika skala jarum pada avometer tidak bergerak maka dipastikan kapasitor sudah rusak.

Namun sebaliknya jika kabel merah hitam pada avometer disambungkan pada kaki kapasitor dan jarum bergerak kekanan kemudian kembali kekiri maka artinya kapasitor ini masih dalam kondisi baik dan bisa digunakan.

Untuk kapasitor dengan 4 kabel dalam pengecekannya bisa melihat keterangan pada kapasitornya, nsmun apabila keterangannya juga sudah tidak bisa dibaca kita bisa melakukan pengecekan bergantian disetiap kabel kekabel lainnya.

Untuk kapasitor 4 kabel bisa saja salah salah satu kapasitornya mengalami kerusakan. Jika salah satunya mati maka potong saja kabelnya sampai pangkal kaki kapasitor sehingga tingga dua kabel tersisa dari kapasitor yang masih layak digunakan.

4. Cara mengganti Kapasitor

Kapasitor bisa dilakukan penggantian apabila sudah mengalami kerusakan. Sebelum melakukan penggantian kita harus membaca keterangan pada kapasitor untuk mengetahui berapa microfarad kapasitor yang akan kita ganti.

Mengganti kapasitor dengan ukuran yang sesuai sangat diperlukan karena akan berpengaruh pada kinerja mesin dari mesin cuci tersebut.

Sebagai alternatif kita bisa mencari kapasitor di tempat barang bekas. Kita juga bisa menggunakan 2 kapasitor untuk satu mesin dengan syarat jika digabung kapasitasnya sama dengan ukuran kapasitor orinya.

5. Harga kapasitor

Harga kapasitor mesin cuci sendiri sebenarnya cukup murah yaitu sekitar 30 ribuan saja dan bisa Anda beli ditoko sparepat elektronik atau toko listrik. Jika bingung unutk mencari, saat ini ditoko online juga sudah banyak dijual.

Mungkin itu saja informasi mengenai Kapasitor mesin cuci yang bisa menambah pengetahuan kita tentang komponen mesin cuci kulkas dan barang elektronik lainnya, Semoga bermanfaat.