Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Berputar Satu Arah

Cara Mengatasi Mesin Cuci Berputar Satu Arah

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 2 Tabung Berputar Satu Arah – Normalnya ketika mesin cuci bekerja maka pulsatornya akan berputar bolak balik dengan jeda waktu. Misal mesin cuci berputar searah jarum jam beberapa detik kemudian berhenti beberapa detik dan berputar lagi kearah sebaliknya.

Namun karena beberapa masalah maka menyebabkan mesin cuci hanya berputar satu arah dan jeda waktu pulsator mesin cuci berputar akan lebih lama.

Hal ini dikarenakan pada arah yang seharusnya berputar dan namun pulsatornya berhenti dan untuk menengetahui penyebab masalah ini maka harus dilakukan pemeriksaan.

Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar Bolak Balik

Mesin cuci yang hanya berputar searah sebenarnya masih bisa digunakan namun tentunya hasilnya tidak akan maksimal sedangkan daya list yang dikeluarkan sama.

Penyebab Kerusakan Mesin Cuci Berputar Satu Arah

Mesin cuci tidak bisa berputar bolak balik atau hanya berputar satu arah bisa jadi karena kerusakan pada timernya, namun jangan buru – buru untuk mengganti timer karena kemungkinan ada kerusakan lain yang menyebabkan pulsator hanya berputar searah.

  • Kelistrikan

Rangkaian kabel kelistrikan pada mesin wash mungkin saja ada yang putus terutama pada jalur timer. Sehingga mesin masih tetap hidup walaupun tidak bekerja normal.

Kerusakan ini bisa terjadi mungkin karena pernah servis dan pemasangan kurang rapi atau juga karena kualitas kabel yang buruk, namun kemungkinan yang paling besar adalah kabel dicacah oleh semut.

  • Timer

Kerusakan pada timer bisa terjadi karena kesalahan penggunaan atau juga memang mesin cuci sudah lawas dan perlu dilakukan penggantian dengan yang baru.

Pemeriksaan dan Perbaikan

Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada kondisi mesin wash hanya berputar searah maka lakukan pemeriksaan sebagai berikut.

Pertama, lihat diagram kelistrikan mesin cuci biasanya terdapat pada bodi belakang mesin cuci dan perhatikan pada jalur mesin wash dan time wash.

diagram mesin cuci

Setelah itu lakukan pemeriksaan pada jalur kabel mesin dan timer wash. Buka penutup mesin untuk memudahkan dalam pemeriksaan. Kemungkinan permasahan yang sering terjadi disini adalah karena kabel digigit tikus.

Buka sambungan kabel dan lakukan pengetesn konektifitas menggunakan tang meter atau avometer untuk mengetahui jalur kabel terputus atau tidak.

cek kelistrikan mesin cuci 2 tabung

Jika ada yang tidak tersambung maka akan kita telusuri jalurnya menuju timer. Buka juga tempat timer untuk melihat rangkain kabel didalamnya apakah juga ikut menjadi korban tikus.

kabel timer digigit tikus

Ketika tempat timer dibuka dan tutup mesin dibuka maka jalur kabel mesin cuci akan mudah untuk dilihat.

Lakukan penyambungan atau ganti dengan kabel baru sesuai dengan diagram kelistrikan mesin cuci. Pastikan setelah penyambungan menggunakan isolasi agar aman dan tidak terjadi konsleting.

Setelah penyambungan coba lakukan pengetesan dengan menyalakan mesin washnya. Jika mesin berputar bolak balik dan normal berarti memang kerusakan hanya terjadi pada jalur kelistrikan mesin cuci tersebut.

Namun jika jalur kelistrikan mesin cuci sudah benar namun mesin masih berputar searah berarti kerusakan terjadi pada timer mesin washnya.

Anda bisa membeli timer di toko sparepart elektronik terdekat atau jika tidak terburu – buru Anda bisa membelinya online dan harganya juga cuckup murah sekitar 30 ribuan saja.

Untuk melakukan penggantian timer wash mesin cuci usahakan jalurnya benar – benar sesuai Atau Anda bisa masih belum hafal rangkaiannya bisa memfoto jalur timernya sebelum memotong kabelnya.

Untuk cara pemasangan timer mesin cuci juga pernah kita bahas secara detail pada salah satu artikel kami yang bisa menjadi rujukan Anda saat akan melakukan pemasangan timer  khususnya mesin cuci 2 tabung.

Jika Anda sudah mendapatkan timer maka ganti dengan timer yang baru, gunakan solasi bakar saat penyambungan agar lebih rapi.

Namun sebelum di isolasi sebaiknya lakukan pengetesan sehingga jika terjadi kesalahan Anda tidak perlu membuka kembali sambungan tersebut.

Dan jika sudah selesai maka rapikan jalur kelistrikannya mulai dari timer sampai jalur bawah pada dinamo washnya, kemudian lakukan pemasangan kembali pada tutup body mesin cuci dan rumah timer.

Mungkin itu saja cara untuk mengatasi mesin cuci tidak berputar bolak balik, semoga artikel ini bisa membantu Anda, selamat mencoba.