Cara Kerja Water Level Mesin Cuci dan Cara Perbaikannya

Cara Kerja Water Level Mesin Cuci

Cara Kerja Water Level Mesin Cuci dan Cara Perbaikannya – Ketika mesin cuci dijalankan, mesin akan mulai mengisi air pada tabung mesin cuci sampai batas tertentu sesuai dengan settingan dari modul mesin cuci, baru kemudian setelah tercapai kapasitas airnya maka mesin cuci baru bisa berputar.

Untuk menentukan air cukup digunakan untuk proses cuci maka dibutuhkan komponen yaitu water level pressure switch atau sensor water level.

Pada komponen water level terdapat selang yang tersambung dengan tabung mesin cuci, ini dikarenakan sensor water level menggunakan sistem kerja dengan memanfaatkan tekanan udara pada tabung.

Pada saat tabung diisi dengan air maka tekanan akan semakin tinggi sampai batas tekanan maka air berhenti mengisi dan mesin akan bekerja.

Kerusakan pada sensor ini akan menyebabkan error atau masalah pada mesin cuci dan membuat kita mengalami banyak kerugian, diantara masalahnya adalah.

Ketika sensor water level mengalami error, modul pada mesin cuci menganggap bahwa proses pengisian air pada tabung mesin cuci masih berlangsung sehingga mesin cuci tidak bisa melakukan proses selanjutnya yaitu mencuci.

Ketika sensor water level tidak berfungsi maka air akan terus menerus masuk sampai tabung penuh dan luber

Cara kerja water level mesin cuci dan cara memperbaikinya

Keadaan tersebut tentunya sangat merugikan kita karena listrik dan air akan terbuang sia – sia sedang cucian kita masih belum bisa diproses.

Oleh karean itu disini kami akan mencoba untuk memberikan informasi tentang cara untuk memperbaiki sensor pressure water level agar mesin cuci kembali normal.

Jenis Water level

Jika kita perhatikan dari fisiknya, sensor water level ini menggunakan kaki penghubung 2 kaki dan ada juga yang menggunakan 3 kaki.

komponen waterlevel mesin cuci 1 tabung

Didalam water level terdapat kuas magnetik yang di selubungi oleh kumparan dan kapasitor dan untuk sistem kerjanya keduanya sama saja hanya saja perbedaan terletak pada skema diagramnya dan juga jumlah kapasitor.

Pemeriksaan

Untuk water level dengan 3 kaki menggunakan 2 kapasitor sedangkan water level dengan 2 kaki hanya menggunakan 1 kapasitor.

Nilai hambatan normal dari water level adalah antara 10 Ohm sampai 50 Ohm. sedang untuk ukuran kapasitor didalamnya sekitar 20 nF sampai 20 nF.

1. Cek hambatan

Untuk mengecek nilai hambatannya kita bisa menggunakan multi meter, atur skala pada posisi ohm kemudian cek kaki water levelnya.

Untuk water level 3 kaki Anda bisa melakukan pengecekan pada kaki A dan C, sedang water level dengan 2 kaki tentunya pada kaki A dan B.

Misal hasil pengecekan adalah 30 ohm berarti water level dalam keadaan normal karena hambatan normalnya antara 10 oh sampai 50 ohm.
Sedangkan untuk mengengecek kapasitor didalam water level ini bisa dilakukan pada water level kaki 3 dengan menyambung kaki A-B dan juga B-C.

Sedang untuk water level dengan 2 kaki akan sulit karena rangkaiannya yang menyatu dengan kumparan sehingga ketika kita cek yang muncul adalah hambatan kumparan.

2. Tiup Selang water level

Langkah berikutnya bisa dengan meniup selang water level, pada selang water level terdapat membran atau katup yang akan terbuka saat kita tiup dan tuas didalamnya bergerak naik turun.

Namun jika water level rusak, ketika ditiup akan suaranya terdengar ngobos.

Jika saat Anda membuka rumah water level dan komponen ini ditemukan berkarat. Anda bisa melepas tutupnya dan membersihkan karat yang menempel pada water level ini.

Jika semua pemeriksaan sudah dilakukan dan selenoid waterlevel dinyatakan rusak maka langkah ter akhir adalah mengganti dengan yang baru.

Cara mudah dan cepat cek water level

Untuk cara mudah mengetes water level yaitu, setelah Anda membeli yang baru maka pasang kabelnya water levelnya kemudian nyalakan mesin cuci.

Tekan tombol power atau ON/OFF kemudian tombol Start, pulsator akan bergerak kekanan dan kekiri dan tunggu sampai berhenti.

Setelah pulsator berhenti maka tiup water level dengan tekanan perlahan – lahan atau konstan, ini sebagai simulasi air masuk ketabung.

water level

Jika Waterlevel normal maka sebetar saja pulsator akan berputar beberapa detik kekanan dan kearah sebaliknya sebagai tanda mesin ini berkerja normal.

Mungkin itu saja sedikit informasi yang bisa kami berikan untuk cara kerja water level dan caara perbaikannya.

Semoga artikel ini membantu untuk anda yang mengalami kondisi mesin cuci seperti diatas, selamt mencoba.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM