Cara Kerja, Fungsi Drain dan Perbaikan Motor Drain Mesin Cuci

test cek motor drain mesin cuci

Cara Kerja, Fungsi Drain dan Cara Perbaikan Motor Drain Mesin Cuci Mesin cuci 1 tabung merupakan pengembangan dari mesin cuci 2 tabung dimana untuk sitem kerja sudah menggunakan modul sehingga dapat bekerja otomatis.

Modul menjadi Pusat perintah untuk menjalakan mesin dan juga untuk menampilkan kode error sistem ketika terjadi kerusakan pada bagian sistem kerja mesin cuci 1 tabung.

Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi para teknisi elektronik atau Anda sendiri yang mungkin mencoba belajar memperbaiki mesin cuci sendiri.

Cara Kerja, Fungsi Drain dan Cara Perbaikan Motor Drain Mesin Cuci

Salah satu komponen penunjang untuk sistem kerja otomatis dari mesin cuci 1 tabung adalah drain motor. Ketika terjadi kerusakan pada mesin cuci khususnya motor drain maka modul mesin cuci akan menampilkan Kode “OE” atau “SE”.

Fungsi Drain motor

Drain motor sendiri sangat penting penggunakannya pada mesin cuci otomatis 1 tabung karena alat ini berfungsi untuk membuka katub pembuangan air saat pembilasan atau pengeringan.

Selain itu drain motor juga sekaligus menarik tuas pengunci berpindah gigi pada posisi pengering. Sehingga selama proses pengeringan motor drain akan menyala.

Jenis Motor Drain

Kebanyakan motor drain menggunakan daya 220 volt, dan jika dilihat dari arus yang digunakan kita akan menemukan 2 jenis drain motor.

  • Motor drain DC

motor drain ini biasa digunakan untuk mesin cuci inverter dan menggunakan arus DC 12 Volt, ciri lain dari motor drain DC yaitu biasanya menggunakan 3 kabel

Dua kabel tersambung dengan modul mesin cuci sedang satu kabel langsung masuk ke listrik.

  • Motor Drain AC

Motor drain ini banyak digunakan pada mesin cuci 1 tabung otomatis non inverter yang menggunakan arus AC dan untuk penyambungan dengan menggunakan 2 dan 3 kabel.

Cara Kerja motor drain

Didalam drain terdapat kumparan atau dinamo yang tersambung dengan roda gigi, dari roda gigi ini terdapat tali penarik. Roda gigi ini untuk mengkonversi kecepatan dari dinamo sehingga lebih pelan namun memiliki torsi yang kuat.

Cara kerjanya ketika motor drain menyala maka dinamo mesin cuci akan berputar dan menggerakan roda gigi sekaligus menarik tali motor drain.

Tali ini disambungkan dengan tuas katup pembuangan air, jadi ketika tuas ini ditarik maka katup seal pembuangan akan terbuka dan air pada tabung mesin cuci akan keluar.

skema motor drain

Dan untuk motor drain yang normal ketika motor drain ini mati maka akan langsung kembali ke posisi awal.

Cek dan Test Kondisi Motor Drain

Untuk melakukan pengecekan langsung. kita bisa menghubungkan motor drain dengan listrik kemudian tahan tarikan dari motor drain jika tahan tengan masih terasa kuat berarti motor drain masih dalam keadaan bagus.

Namun apanila kita tahan dengan tangan drain menyala namun tidak mampu untuk menarik berarti ada masalah pada alat ini.

Penyebab kerusakan Drain motor mesin cuci

Kerusakan bisa saja terjadi pada komponen dari motor drain, seperti pada kumparan dinamonya atau roda gigi serta tali motor drain.

Perbaikan Motor Drain

Setelah lamanya penggunaan bisa saja membuat dinamo lemah dan komponen mengalami aus atau berkarat. Kali ini kami akan mencontohkan untk memperbaiki motor drain dari mesin cuci samsung.

Pertama tes dengan listrik untuk menyalakan d rain apakah masih menyala, sambil ditarik seperti pengetesan diatas. Jika terasa tarikan lemah atau bahkan tidak bisa menarik maka kita coba untuk membongkor motor drain tersebut.

Siapkan obeng dan gunakan untuk lepaskan baut pada motor drain. kemudian lepaskan pelindung konektor kabel atau kaki motor drain.

perbaikan motor drain samsung

Setelah itu lepaskan dinamo dari roda giginya kemudian Kita lakukan pemeriksaan pada bagian dinamonya. Angkat as dinamo yang berwarna putih.

perbaikan motor drain samsung

Kita bisa perhatikan pada gambar, bagian melingkar berwarna hitam ini adalah magnet, dan seharusnya magnet dan as tadi menjadi satu, namun pada motor drain ini kondisinya lepas.

perbaikan motor drain mesin cuci samsung

Jadi yang harus kita lakukan sekarang adalah menyambungkan kembali dengan magnetnya, kita bisa menggunakan lem alteko untuk melakukan penyambungan.

Namun sebelum menyambungkan perlu diperhatikan pada magnet ini ada 4 tanda titik begitu juga pada as yang berwarna putih, pas kan atara titik pada magnet dan asnya.

memperbaiki motor drain smasung

Jika sudah pas baru kemudian dilakukan pengeleman, setelah itu tunggu sampai lem yang kita aplikasikan benar – benar kering.

Jika lem sudah benar – benar kering maka kemudian pasang kembali satu persatu komponennya seperti semula dan juga pasang baut motor drain.

Kemudian lakukan pengetesan kembali dengan menyambungkan tali pada motor drain dengan benda yang berat seperti batu bata misalnya.

Kemudian letakan motor drain dilantai yang sudah ditali dengan beban dan dan disambung dengan kabel pada konektornya.

Tahan motor drain dengan tangan dan colokan kabel kelistrik lihat tali perlahan – lahan menarik beban sampai bunyi klik yang menandakan motor drain mengunci dan berhenti menarik.

Jika percobaan diatas berhasil maka motor drain berhasil diperbaiki dan siap digunakan kembali.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM