Cara Memperbaiki Bocor Air Mesin Cuci 2 Tabung

Mesin Cuci 2 Tabung Bocor

Cara Memperbaiki Bocor Air Mesin Cuci 2 Lubang – Mesin cuci 2 tabung menjadi tipe mesin cuci yang sampai saat ini laris dipasaran bahkan untuk pengusaha laundry juga masih banyak yang menggunakan mesin cuci 2 lubang ini.

Bagi mereka para orang tua memilih menggunakan mesin cuci 2 lubang ini karena dirasa lebih mudah dimengerti dalam pengoperasiannya dari pada mesin cuci dengan modul tombol digital.

Hasil pencucian mesin cuci 2 tabung juga hampir sama dengan mesin cuci top loading karena sama – sama menggunakan putaran atas.

Dan untuk penggunaan airnya juga lebih hemat dengan mesin cuci 2 tabung karena kita bisa mengatur sendiri berapa banyak air yang akan kita gunakan.

Cara Memperbaiki Kebocoran Air Mesin Muci

Disisi lain tipe mesin cuci 2 lubang ini kadang juga mengalami beberapa kendala namun biasanya akan bisa untuk diperbaiki.

Bagi Anda yang sudah cukup lama menggunakan mesin cuci 2 lubang mungkin pernah mengalami mesin cuci bocor saat proses wash atau bilas.

Tentunya hal ini bisa mempengaruhi proses kerja dari mesin cuci tersebut karena bisa saja saat proses cuci atau bilas air habis.

Jika mesin cuci menyala dalam mode cuci namun airnya minim, maka akan mebuat kerja mesinnya akan semakin berat bahkan tidak kuat.

Jika terus dibiarkan maka mesin akan terus semakin panas dan kumparan mesin bisa terbakar sehingga mesin cuci menjadi rusak.

Jadi disini kami akan memberikan infirmasi tentang penyebab mesin cuci bocor beserta dengan cara memperbaikinya.

Penyebab mesin cuci bocor

Kerusakan pada mesin cuci salah satunya adalah kebocoran air pada mesin cuci, hal ini bisa disebabkan oleh bebera hal yang akan kita bahas satu persatu.

Tabung Mesin Cuci bocor

Material tabung mesin cuci 2 lubang menggunakan bahan yang tidak mudah pecah yang seharusnnya tidak membuat kulkas bocor. Namun adalah lain yang membuat ini bisa terjadi seperti adanya binatang pengerat seperti tikus.

Tikus bisa masuk kedalam mesin cuci dan menjadikannya rumah, tikus – tikus ini akan menggigit apa saja seperti kabel dan membuat lubang dengan menggigit plastik.

Perbaikan Tabung Mesin Cuci Bocor

Jika mesin cuci ini masih ingin digunakan maka kebocoran pada tabung harus segera diperbaiki. siapkan solasi kertas, tepung dempul dan resin, kemudian tutup lubang pada tabung ini dari bawah menggunakan isolasi kertas.

Jika lubang berada dibawa pulsator maka buka dulu pulsatornya kemudian bersihkan lubang dan area sekitarnya.

Untuk lubang yang tidak terlalu besar bisa mengunakan potongan sandal jepit dan masukan pada lubang tersebut, gunakan obeng untuk membantu pemasangannya maka setelah terpasang kebocoran akan berhenti.

namun jika lubang cukup besar gunakan resin, campur resin dan tuangkan pada lubang tersebut usahakan ketebalannya sesuai dengan sekitarnya.

Lubang yang dibuat oleh tikus memiliki tekstur yang kasar dan ini justru membuat resin lebih merekat dan menutup rapat. Jangan menggunakan terlalu banyak katalis, mungkin resin akan lebih lama kering tapi hasilnya juga akan lebih kuat.

Karet seal pembuangan kotor

Kotoran dari cucian akan mengalir dan dibuang melalui selang pembuangan namun sebelum itu terdapat katup yang berisi seal yang berfungsi untuk membuka tutup saluran pembuangan.

seal pembuangan kotor

Dalam waktu yang lama kotoran bisa menempel atau juga benda – benda kecil mengganjal seperti peniti atau jarum petul sehingga seal tidak menutup dengan sempurna dan air tetap bisa keluar.

Perbaikan Karet Seal Pembuangan Mesin Cuci

Untuk memperbaiki kondisi ini maka lakukan pembersihan pada karet dan saluran pembuangannya. Ambil peniti atau kerikil kecil yang akan membuat karet tidak menutup rapat. setelah itu pasang kembali seperti semula.

Karet seal Rusak

karet seal pembuangan rusak

Karet seal pada mesin cuci yang sudah digunakan bertahun – tahun akan membuat bahan seal menjadi getas kaku dan akhirnya robek. Sehingga air yang masuk akan mengalir melalui celah seal robek dan terjaadi kebocoran.

Perbaikan Karet Seal Mesin Cuci

Bongkar seal dan ganti dengan yang baru ke toko yang biasa menyediakan sparepart mesin cuci, kulkas, ac. Bawalah seal bekas dari mesin cuci ini dan beli lah dengan ukuran yang sama karena setiap merk mesin cuci memiliki ukuran dan variasi bentuk yang berbeda.

Per karet seal berkarat

Per pada karet seal berguna untuk menekan seal agar menutup dengan kuat sehingga tidak terjadi kebocoran. Per ini menggunakan besi sehingga dalam waktu lama bisa berkarat dan patah.

Ketika per sudah rusak maka tekanan pada sealnya akan berkurang sehingga bisa terjadi kebocoran. solusinya Adalah menggantinya dengan per yang baru agar kebocoran tidak lagi terjadi.

Setting katup pembuangan kurang pas

Ketika dilakukan servis pada tombol – tombol timer mesincuci 2 lubang, tali drain harus dilepas agar rumah timer ini bisa dilepas dengan leluasa.

Ketika dikembalikan mungkin kita lupa panjang pendeknya dari tali drain menuju seal pembuangan ini. jika terlalu pendek makan kebocoran akan terjadi.

Atur ulang sampai benar – benar pas. tali yang diatur terlalu pendek akan membuat tombol putar akan berat dan rawan patah. Jika terlalu longgar maka katup tidak akan membuka dan air akan terjebak.

Wahid Santoso
apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM