Urutan Chipset HP Terbaik Terbaru Tahun 2022

chipset

Zaman sekarang ketika hendak membeli smartphone, orang akan browsing dulu seperti apa spesifikasi smartphone yang hendak dibeli. Nah ketika membaca spesifikasi kamu pasti melihat adanya informasi tentang chipset dari handphone tersebut.

Nah tentu saja ada perbedaan kualitas diantara satu chipset dengan chipset lainnya. Diantara semua chipset kami telah merangkum urutan kualitas dari 10 chipset HP terbaik di tahun 2022 ini. Namun sebelum menyebutkan daftar chipset terbaik, mari sedikit berkenalan lebih dalam lagi tentang chipset.

Pengertian Chipset

Berbeda dengan PC, di smartphone peran prosesor dan pengolah grafis dikemas dalam satu komponen. CPU dan GPU menyatu dalam sebuah papan sirkuit yang disebut System-on-Chip (SoC). Nah istilah yang lebih populer untuk SoC ini adalah Chipset.

Singkatnya, chipset adalah kumpulan prosessor yang jadi “otak” utama dibalik kemampuan HP. Semua fitur yang dihadirkan pada sebuah ponsel wajib hukumnya didukung oleh chipset yang tersemat padanya. Misalnya ponsel dipasangi hardware yang mendukung resolusi layar 2K namun chipset-nya tidak mendukung full HD, jelas hal ini tidak bisa terjadi.

Fungsi Chipset

Seperti dijelaskan di atas, sebagai sebuah ‘otak,’ Chipset berfungsi untuk mengatur berbagai tugas komputasi dan menghubungkan semua hardware di motherboard. Di industri mobile, chipset tidak sekadar menghubungkan CPU, GPU, memori dan lainnya. Fungsi Chipset juga sebagai komponen yang mengatur pemrosesan data, pemrosesan grafis, pemrosesan kamera (ISP), modem dan lainnya.

Urutan Ranking Chipset HP Terbaik 2022

Rangking chipspet HP terbaik 2022 di kuasai oleh Apple A15 Bionic dan dibawahnya ada berbagai chipset yang juga menawarkan performa apik. Berikut urutan rangking chipset HP terbaik 2022:

1. Apple A15 Bionic

Apple A15 Bionic diklaim oleh pihak Apple punya performa lebih cepat dibanding chipset lainnya, termasuk dalam urusan pemrosesan data. Chipset yang jadi andalan iPhone 13 series  ini memiliki unit pemrosesan grafis (GPU) terbaru, mesin saraf dengan kinerja lebih tinggi dan juga teknologi AI untuk menunjang hasil foto menjadi lebih baik.

Terdapat dua inti pemrosesan berkinerja tinggi dan empat inti untuk efisiensi di dalam Apple A15 Bionic, konfigurasi ini masih sama seperti seri A14 Bionic yang merupakan pendahulunya. Bedanya, pada A15 Bionic menggunakan 15 miliar transistor sedangkan pada A14 Bionic hanya berjumlah sekitar 11 milyar transistor.

2. Snapdragon 8 Gen 1

Prosesor hp terbaik dan terkencang di tahun 2022 selanjutnya adalah Snapdragon 8 Gen 1. Chipset satu ini sudah didukung Modem-RF Snapdragon X65 5G yang merupakan platform modem 5G terbaru milik Qualcomm. Bekal Modem ini membuatnya dapat mendukung kecepatan hingga 10 Gbps. Sementara untuk WiFi, prosesor ini sudah mendukung WiFi 6 dan 6E yang menawarkan kecepatan akses WiFi lebih stabil.

Masalah performa, Snapdragon 8 Gen 1 ini mengandalkan Qualcomm AI Engine generasi ke-7 dengan Qualcomm Sensing Hub generasi ke-3 yang bisa selalu aktif. Bekal lainnya adalah sistem AI daya rendah yang bisa memangkas konsumsi daya yang dibutuhkan smartphone. Masalah foto, ada ISP 18-bit Snapdragon Sight yang dapat menangkap foto atau video tajam dengan resolusi 8K HDR.

3. Dimensity 9000

Dimensity 9000 menjadi sebuah chipset smartphone yang pertama didesain dengan fabrikasi 4nm. Tak hanya itu, cihipset ini juga jadi yang pertama menggunakan desain inti terbaru Arm dengan 1x Cortex X2 berkecepatan 3GHz, 3x Cortex A710  berkecepatan 1,85GHz dan 4x Coretx A510 berkecepatan 1,8GHz.

Dimensity 9000 dilengkapi GPU ARM Mali G70 untuk urusan grafis yang menawarkan peningkatan kinerja 20% lebih baik dibanding pendahulunya. Alhasil, chipset ini mampu mendukung layar FHD+ dengan refresh rate 180Hz.

4. Apple A14 Bionic

Apple A14 Bionic dibangun dengan proses fabrikasi 5 nanometer (nm). Seperti yang disebutkan tadi ada 11,8 miliar transistor yang disematkan di dalamnya. Chipset ini memiliki enam prosesor inti berbasis intruksi set ARMv8.5-A yang terdiri dari 2 core berkinerja tinggi, dan 4 core untuk efisiensi.

Sementara masalah pengolahan grafis diserahkan pada GPU yang memiliki empat inti yang diklaim Apple memiliki kemampuan 50 persen lebih kencang dibandingkan GPU di chip kelas atas buatan pabrikan lain. Keunggulan lainnya ada di sektor prosesor Neural Engine yang disokong 16 inti untuk menangani tugas-tugas terkait kecerdasan buatan.

5. Snapdragon 888 Plus

Processor terbaik selanjutnya adalah Snapdragon 888 Plus 5G yang menawarkan performa kencang. Di dalamnya terdapat CPU Kryo 680 Prime berbasis Cortex-X1 yang memiliki kecepatan clock hingga 3.0 GHz. Kecepatan ini terhitung 5.2% lebih tinggi dibandingkan seri Snapdragon 888 5G.

Selain itu, chipset satu ini juga memiliki 3 core CPU Kryo 680 Gold berbasis Cortex-A78. Lalu CPU Efficiency dengan mengandalkan 4 core CPU Kryo 680 Silver berbasis Cortex-A55. Urusan GPU, Snapdragon 888 Plus 5G memakai Adreno 660 yang memiliki clock speed 840 MHz.

6. Snapdragon 888

Snapdragon 888 5G yang dikembangkan Qualcomm dengan teknologi fabrikasi 5 nm juga menawarkan performa kencang di ekosistem Android. Chipset yang sudah mendukung jaringan 5G ini memiliki tiga kluster prosesor di dalamnya.

Pertama, kluster Kryo 680 yang terdiri dari empat core dengan kecepatan 1.8 GHz untuk performa yang hemat daya. Lalau ada Kluster kedua dengan tiga core Kryo 680 berkecepatan 2.42 GHz untuk bagian performa kencang. Dan  terakhir ada kluster prime Kryo 680 dengan satu core dengan kecepatan 2,84 GHz untuk performa lebih kencang.

7. Exynos 2100

Exynos 2100 adalah sebuah chipset yang dibangun dengan proses fabrikasi EUV 5nm pabrikan Samsung. Chipset yang jadi otak Samsung Galaxy S21 series ini hadir dengan delapan core yang terbagi jadi tiga kluster.

Pertama adalah kluster performa sangat kencang yang dibangun dari dua prosesor Cortex-A78 dengan kecepatan 2,8 GHz, Lalu kluster untuk performa lebih kencang yang dibangun satu prosesor Cortex-X1 6 2,9 GHz dan terkahir ada kluster hemat daya dengan 4 prosesor Cortex-A55 2,2 GHz.

Untuk pengolahan grafis, chipset yang sudah mendukung 5G ini dibekali oleh ARM Mali-G78 MP14. Hal menarik dari chipset ini adalah dukungan prosesor gambar yang mendukung resolusi hingga 200MP. Hal ini membuat Exynos 2100 menjadi chipset pertama yang menawarkan dukungan hasil foto 200MP.

8. Google Tensor

Google Tensor adalah chipset dengan fabrikasi 5nm buatan Google. Komponen yang dipasang di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro ini memiliki delapan core yang dibagi menjadi 3 kluster. Core terbesar terdiri dari ARM dua Cortex-X1 yang berjalan pada 2.8GHz. Kemudian di bagian menengah ada dua core Cortex A76 2.25GHz dan cluster terkeci terdiri atas empat core Cortex-A55 1.8SGHz.

Masalah grafisnya diserahkan pada GPU ARM Mali-G78 yang sudah banyak dipakai di ponsel Android kelas flagship lain. Chipset ini juga memiliki kemampuan AI dan ML, sehingga membuatnya memiliki fitur Motion Mode, Face Unblur, Speech enhancement mode, dan HDRnet ke video hingga 4K60.

9. Kirin 9000

Kirin 9000 adalah pionir chipset dengan fabrikasi 5 nm. Chipset besutan Huawei ini terdiri dari delapan core yang terbagi jadi tiga cluster. Kluster pertama untuk performa kencang terdiri dari tiga core ARM Cortex-A77 2,54 GHz, kluster kedua untuk performa lebih kencang terdiri dari satu core Cortex-A77 3,13GHz, sementara kluster ketiga dibangun dengan empat core Cortex-A55 2,04 GHz untuk hemat daya.

Sementara untuk prosesor grafisnya, chipset yang menjadi otak dari Huawei Mate 40 Pro dan Huawei Mate 40 Pro+ ini menggunakan GPU Mali-G78 MP24. Tentu saja salah satu chipset HP terbaik di tahun 2022 ini sudah mendukung jaringan 5G.

10. Kirin 9000E

Di atas Kirin 9000 ada chipset bernama Kirin 9000E. Dari segi prosesor, chipset ini tak jauh berbeda dengan Kirin 9000. Bedanya ada di pengolah grafis yang memakai GPU Mali-G78 MP22 yang memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari GPU Mali-G78 MP24 .

Kirin 9000E sendiri digunakan di smartphone Huawei Mate 40 versi standar. Sama seperti adiknya Kirin 9000E juga  sudah mendukung jaringan 5G.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagi terkait chipset HP terbaik 2022. Kesepuluh ‘otak HP’ di atas merupakan nama-nama yang menduduki peringkat teratas di urusan performa yang diberikan.