Tips Membeli Mesin Cuci Bekas Layak Pakai

Tips Beli Mesin Cuci Second Yang Bagus

Tips Membeli Mesin Cuci Bekas Yang Masih Layak Pakai – Bagi sebagian masyarakat Indonesia mesin cuci masih menjadi barang mewah sehingga tidak semua masyarakat indonesia memiliki peralatan ini.

Untuk beberapa alasan mungkin mereka tidak membeli mesin cuci dan lebih memilih laundry atau juka karena ada kebutuhan lainya mengingat kondisi pandemi yang membuat kita harus pintar mengatur keuangan

Namun jika kita merasa mesin cuci yang sesuai kebutuhan kita harganya masih mahal sebenarnya kita bisa memilih alternatif untuk membeli mesin cuci bekas yang tentunya harga jauh lebih murah.

Kita bisa mendapatkan mesin cuci bekas melalui media sosila seperti market place di facebook. Punjual bisa dari perorangan atau juga teknisi jual beli servis mesin cuci.

Ketika membeli mesin cuci bekas tentunya kita juga harus tahu resiko yang bisa saja terjadi ketika membeli jenis kulkas bekas dan salah satunya adalah garansi.

Selain itu membeli mesin cuci bekas juga pastinya akan berpengaruh pada komponennya. maka dari itu kita harus pintar – pintar untuk melakukan pengecekan.

Tips Membeli Mesin Cuci Second Kualitas Bagus

Kami akan mencoba memberikan tips dalam membeli mesin cuci bekas agar mengurangi resiko kerugian ketika anda menggunakan mesin cuci bekas.

Kami akan memberikan tips secara awam agar sebisa mungkin mesin cuci bisa langsung digunakan tanpa banyak kendala. Karena untuk teknisi beberapa tips dibawah ini tidak akan terlau bermasalah karena mereka bisa melakukan perbaikan sendiri.

1. Ajak orang yang berpengalaman

Jika Anda punya kenalan yang mengerti sedikit banyak tentang mesin cuci anda bisa mengajaknya untuk melakukan pengecekan ketempat penjual mesin cuci agar bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan dan menentukan harga.

2. Tes Mesin

Sebelum membeli pastikan mencoba terlebih dahulu agar kita bisa mengetahui kinerja dan kekurangan dari mesin cuci tersebut. Colokan kabel ke stop kontak.

  • Mesin cuci 2 tabung

Untuk mesin cuci 2 tabung nyalakan mesin wash dengan tombol wash selector pastikan tombol/timer ini berfungsi dengan baik bisa kembali ke posisi 0.

Dengarkan suara mesin jika terdengar kasar sebaik tidak usah diambil karena kemungkinan kerusakan terjadi pada gearboxnya.

Dan pada saat berputar cek pulsator dengan cara menahannya menggunakan tangan, jika tangan kita mampu menahan maka pulsator berfungsi dengan baik namun jika ditahan dengan tangan pulsator berhenti kemungkinan besar gearbox rusak.

Kemudian nyalakan kembali mesin wash beri cucian dan air sesuai kapasitas untuk mengetahui kinerja mesin. Hal ini juga berfungsi untuk mengetahui apakah mesin cuci mengalami grounding atau nyetrum.

Jika mesin cuci nyetrum ktika Anda memegang cucian basah sebaiknya juga tidak diambil karena kemungkinan terburuk bisa pada kerusakan mesin dinamonya, hal ini juga berlaku untuk pngeringnya.

Cek pengering dan nyalakan pastikan timer spin bekerja dengan baik, kemudian cek juga kondisi tabung pengeringnya apabila sudah terlihat sangat oleng maka sebaiknya tidak diambil karena kedepannya tidak akan bertahan lama.

Lakukan juga pengecekan pada pembuangan air, jika memmungkinkan buka penutup mesin untuk mengetahui kondisi didalam mesin.

Lihatlah apakah ada kebocoran, jika kebocoran hanya terjadi pada seal pembuangan dan selang pembuangan maka kita masih bisa membeli sparepartnya dan bisa melakukan perbaikan sendiri dirumah.

Perbaikan sederhana pada sistem pembuangan ini bisa kita gunakan untuk nego harga, namun untuk kerusakan seperti lubang pada pipa pembuangan sebaiknya kita mencari mesin cuci yang lain saja.

  • Mesin cuci Top loading dan Front loading

Kedua jenis mesin cuci ini sudah menggunakan jenis full otomatis dan pada pengaturanya menggunakan modul digital. Cek semua tombol apakah berfungsi dan responsif.

Test dengan menjalankan mode wash pada pengaturan air paling rendah untuk mengetahui water inlet dan air masuk dengan baik dan juga mesin bekerja sesuai kapasitas air.

Ketika mesin wash mulai berputar pause dan stop kita langsung pindah ke mode spin, atur untuk waktu paling rendah dan nyalakan (start). Jika pengering bekerja dengan baik maka kemungkinan besar mesin cuci ini dalam kondisi baik.

Jika Anda mengajak orang yang berpengalaman bisa mencoba membeli di pengepul barang bekas karena harganya akan jauh lebih murah namun biasanya kondisinya adalah barang mentahan sehingga kita harus melakukan perbaikan.

3. Cek body dan kelengkapan

Setelah memastikan mesin bekerja dengan baik maka perhatikan kondisi body mesin cuci apakah kira – kira masih bisa digunakan untuk jangka waktu lama.

Beberapa orang mungkin mengatakan body tidak masalah yang penting mesin bekerja dengan baik, tapi menurut saya untuk mesin cuci body adalah penting karena akan berpengaruh pada kinerja mesin seperti getaran dan suara yang dihasilkan.

Karena body mesin cuci sekaligus digunakan untuk rangka, apalagi untuk mesin cuci top loading satu lubang dan juga front loading carilah yang bodynya benar – benar utuh dan mengalami kerusakan getas atau kropos.

Cek juga kelengkapannya seperti selang pembuangan dan pintu – pintu pada mesin cuci 2 lubang. Cek harga dipasaran dari komponen – komponen ini jika mengganti apakah masih cocok kalkulasi harganya.

4. Garansi

Dalam membeli mesin cuci second kemungkinan besar garansi sudah hilang bisa karena sudah melewati masa garansi atau juga pernah dibongkar sebelumnya.

Apalagi bila ada membeli ditempat barang bekas atau teknisi servis mesin cuci karena kemungkinan beasr kartu garansi hilang. berbeda dengan ketika membeli perorangan dirumah kadang masih ada yang menyimpan kartu garansi.

Solusinya adalah Anda bisa meminta garansi paling tidak selama 2 minggu jadi ketika dalam masa garansi terjadi kerusakan Anda bisa mengembalikan mesin cuci sehingga tidak merugi.

Kadang penjuang juga akan memberikan pilihan menjual mesin cuci harga sekian dengan garansi atau mengurangi bahkan tanpa garansi dengan memotong harga awal.

Sebaiknya Anda memilih menggunakan garansi untuk meminimalisir jika terjadi kerusakan mesin cuci.

Itu tadi tips yang bisa kami berikan apabila Anda ingin membeli mesin cuci bekas layak pakai karena tidak ada salahnya membeli mesin cuci bekas layak pakai.

Untuk dinamo mesin justru yang keluaran lama masih menggunakan kumparan tembanga yang tentunya lebih kuat dan awet. Berbeda dengans sekarang, kebanyakan mesi cuci malah menggunakan dinamo mesin dengan kumparan dari alumunium.

Selain itu membeli barang bekas juga bisa menjadi tantangan sendiri dan ada sebuah kebahagiaan ketika kita bisa mendapatkan barang bekas dengan kondisi yang baik, jadi selamat berburu dan semoga beruntung.