Bagian-bagian Menu Microsoft PowerPoint dan Fungsinya

Bagian-bagian Menu Microsoft PowerPoint dan Fungsinya

Bagian-bagian Microsoft PowerPoint dan Fungsinya – Microsoft Power Point merupakan program untuk menampilkan presentasi dalam bentuk slide dan memiliki bagian-bagian serta fungsi yang perlu diketahui.

Fungsi Microsoft Power Point adalah untuk membuat dokumen dalam format slide. Salah satu program dari Microsoft ini biasanya digunakan untuk keperluan presentasi, membuat animasi secara sederhana, atau pun untuk mengajar.

Dengan adanya Microsoft Power Point, membuat bergesernya cara presentasi model lama yang menggunakan proyektor. Dengan adanya program ini, membuat presentasi tampak lebih menarik.

Tersedianya template dalam satu program hingga bisa menambahkannya dari versi online, membuat penggunanya tidak perlu repot-repot memikirkan kerangka atau desain presentasinya.

Jika kamu adalah pengguna baru dari Microsoft PowerPoint atau ingin lebih tahu banyak mengenai apa saja komponen power point, silakan simak artikel di bawah ini.

Sejarah Microsoft PowerPoint

Sebelum disebut dengan Microsoft Power Point, program ini dulunya disebut dengan Inc. Dikembangkan oleh perusahaan Forethought, dengan developer yang bernama Dennis Austin dan Bob Gaskins. Hingga akhirnya pada 31 Juli 1987, perusahaan ini diakusisi oleh Microsoft seharga 14 juta US dollar.

Program ini pun diubah namanya menjadi Power Point. Di tahun 1990-an, dirilislah Power Point 2.0 dan sejak saat itu Power Point menjadi tidak terpisahkan dengan dua program lainnya, yakni Microsoft Word dan Excel.

Fungsi Microsoft PowerPoint

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain sebagai program untuk melengkapi presentasi, Power Point memiliki kelebihan lain untuk mendukung peran serta fungsinya. Apa sajakah itu?

  • Power point dapat memudahkan penggunanya untuk menambahkan gambar, foto, audio, video, dan bahkan animasi. Tentu, fitur-fitur ini akan membuat presentasi jadi lebih menarik.
  • Slide yang disusun bisa diatur sesuka hati dan bahkan bisa dicetak.
  • File presentasi bisa diakses dengan komputer dimana pun, tapi harus tetap terkoneksi dengan cloud atau bisa menggunakan penyimpanan seperti USB.

Bagian-Bagian Menu Microsoft PowerPoint

Sebagai sebuah program, tentu Power Point juga mempunyai bagian-bagian yang tidak terpisahkan. Saat ini, terdapat versii Power Point mulai dari 2007, 2010. 2013, 2016 dan 2019 yang memiliki bagian-bagian atau fitur yang hampir sama. Adapun yang membedakannya adalah letak tombol-tombol menunya.

Berikut menu pada microsoft power point dan fungsinya:

  1. Tombol Office

Menu ini digunakan untuk mengakses perintah dasar yang memiliki hubungan dengan dokumen. Misalnya dalam membuat, membuka, menyimpan, hingga mencetak dan berbagai fungsi lainnya.

  1. Quick Access Toolbar

Terdapat ikon-ikon yang dapat dipakai untuk mengakses perintah dari pengguna secara cepat dalam quick access toolbar ini. Secara deafult, ada tiga ikon dasar, yakni Save, Undo, dan Repeat.

  1. Tab Menu

Bagian ini berisi menu-menu yang akan menunjukkan perintah-perintah guna mengolah dokumen. Ada menu home yang berisi home untuk mengatur slides, font, paragraph, drawing, hingga editing. Kemudian ada menu insert untuk memasukan gambar, audio, dan video.

Menu design untuk menentukan desain slide, menu animation dan slide show untuk menentukan animasi atau transisi yang ingin digunakan. Terakhir, ada menu review, vew, dan help untuk pengaturan dan bantuan.

  1. Title Bar

Dalam Title Bar ini akan berisi nama file dokumen yang sedang dibuka atau dikerjakan.

  1. Ribbon

Bagian ini masih menjadi satu bagian dari Tab Menu di mana berisi komponen untuk mengedit slide, menambahkan gambar, video, memilih animasi, dan lain hal.

  1. Slides Pane

Pada bagian ini akan menampilkan thumbnail dari slide pada dokumen yang sedang dikerjakan.

  1. Status Bar

Bagian ini akan menunjukkan status dari dokumen yang sedang dikerjakan. Misalnya tema atau jumlah slide yang sedang dikerjakan.

  1. Notes Pane

Menu ini digunakan sebagai penampil catatan dalam slide.

  1. Slide Area

Bagian ini akan menampilkan penampil slide pada dokumen yang akan dikerjakan.

  1. Tombol View

Bagian ini digunakan untuk mengatur tampilan slide.

  1. Zoom Controls

Menu ini digunakan untuk mengatur ukuran slide, untuk memperbesar (zoom in) atau memperkecil (zoom out).

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Power Point

Sebagai sebuah program, tentu dalam pengaplikasiannya Microsoft Power Point ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Meskipun pihak Microsoft sendiri berusaha untuk menutupi kekurangan tersebut pada versi yang baru, kamu tentu harus tahu apa saja yang menjadi kelebihan serta kekurangan program ini.

Kelebihan Microsoft PowerPoint

  • Pengguna jadi lebih mudah membuat presentasi dalam bentuk slide.
  • Memiliki beragram tools yang akan membantu ketika mengerjakan template presentasi.
  • Memiliki aneka template yang bervariasi sehingga tidak akan bosan.
  • Selain bisa disimpan dalam format slide power point, filenya juga bisa diekspor ke dalam bentuk pdf untuk kemudahan membaca dokumen jika tidak digunakan untuk presentasi.
  • Memiliki fitur kolaborasi sehingga penggunanya tidak stuck disitu-situ saja.
  • Ada fitur layanan awan.
  • Memiliki fitur proteksi yang sangat bisa diandalkan. Jadi file presentasi dirasa lebih aman.

Kekurangan Microsoft PowerPoint

  • Hanya bisa digunakan Pada windows dan tentu tidak bisa digunakan pada komputer dengan OS lain.
  • Harus membeli lisensi dan harganya sangat mahal.
  • Ukuran program ini berat, jadi pengguna harus memiliki memori internal yang mumpuni.

Demikian penjelasan mengenai Bagian-Bagian menu bar pada Microsoft Power Point dan Fungsinya. Semoga artikel dari blog Klinik Tekno ini bermanfaat!

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.