Cara Memperbaiki Air Tidak Bisa Masuk Mesin Cuci

Cara Mengatasi Air Tidak Bisa Masuk Mesin Cuci

Cara Memperbaiki Air tidak bisa Masuk Mesin Cuci – Penggunaan mesin cuci otomatis 1 tabung tentunya sangat membantu pekerjaan rumah kita, dimana untuk mencuci kita tidak perlu repot basah – basahan dan mengeluarkan banyak tenaga.

Untuk mesin cuci otomatis Anda tinggal memasukan cucian kedalam mesin kemudian ditutup kembali, dan untuk menghidupkan mesin tinggal menekan tombol ON/OFF kemudian start maka mesin akan bekerja otomatis mulai dari cuci bilas sampai mengeringkan cucian.

Namun kadang ada kendala yang membuat mesin cuci ini tidak bisa berputar, salah satunya adalah karena air tidak bisa masuk ke dalam tabung mesin cuci, atau hanya masuk sangat kecil sehingga akan sangat lama sampai memenuhi kapasitas cuci.

air tidak bisa masuk e mesin cuci

Ketika kita menyalakan mesin cuci dengan menekan tombol start maka tabung mesin cuci akan berputar pendek kekanan dan kekiri kemudian berhenti dan mengisi air.

Jika pengisian air sudah terisi sesuai dengan program maka baru kemudian mesin cuci akan berkerja. Namun jika air tidak kunjung masuk atau hanya sedikit maka proses mesin cuci tidak akan berjalan.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Tidak Bisa Mengisi Air

Oleh sebab itu kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memperbaiki air yang tidak bisa masuk ke tabung mesin cuci 1 tabung.

Pemeriksaan dan Perbaikan

Sebelumnya persiapkan alat yang akan digunakan untuk melakukan pemeriksaan dan juga perbaikan pada mesin cuci ini seperti obeng, tang, sikat pembersih dan lainnya.

Kran air

Cek apakah apakah keran air yang menuju mesin cuci sudah dibuka atau belum, bukalah jika Anda lupa membuka kran airnya.

Sumber Air

Lakukan pengecekan pada tandon air apakah masih terisi atau sedang habis. Cek juga pompa airnya apakah mengeluarkan air atau tidak karena kadang pompa sudah menyala namun air belum juga keluar.

Lepaskan selang sambungan dari mesin cuci pada keran dan buka kerannya jika keran dibuka masih keluar berarti tidak ada masalah pada sumber airnya.

Periksa Filter Water Inlet

Pertama adalah cabut kabel listrik pada mesin cuci yang akan kita lakukan pemeriksaan.

Baru kemudian tutup kran yang menuju water inlet kemudian lepaskan selang water inlet pada mesin cuci dengan memutarnya berlawanan arah jarum jam.

water inlet filter

Setelah terbuka kemudian kita akan melihat tonjolan kecil yang berada ditengah lubang inlet, ambilah tang untuk menarik tojolan tersebut.

filter water inlet kotor

Setelah berhasil ditarik maka kita akan melihat bahwa tonjolan tersebut merupakan bagian dari filter water inlet. Dalam penggunaan lama biasanya terjadi penyumbatan pada filter inlet ini karena kotoran yang menumpuk.

Tetesi filter dengan sabun cuci piring kemudian bersihkan dengan sikat gigi bekas dan bilas sampai bersih. Kemudian pasang kembali filter tersebut.

membersihkan filter water inlet

Setelah itu pasang selang inletnya dan putar searah jarum jam sampai erat. sambungkan juga ujung selang satunya kembali pada keran.

Lalu buka keran dan nyalakan kembali mesin cuci dengan menekan tombol ON/OFF kemudian tekan start, jika air sudah bisa keluar lancar berarti yang bermasalah tadi adalah filter airnya.

Cek Water Inlet / Selenoid valve

Setiap akan melakukan pemeriksaan jangan lupa untuk mencabut dahulu listrik yang tersambung pada mesin cuci ini agar senantiasa aman.

water inlet mesin cuci 1 tabung
lazada.co.id

Jika sudah dilakukan pembersihan filter namun air masih tidak keluar berarti ada masalah pada komponen selenoid water inlet. Maka sebaiknya buka cover water inlet.

Kemudian lepaskan kembali selang pada inlet begitu juga dengan baut – baut pada water inlet juga kabel inletnya. Coba sambung dengan listrik langsung apakah masih menyala.

Kemudian tiup secara bolak balik dari ujung satu ke lainya. Jika kedua ujungnya buntu maka sebaiknya ganti dengan yang baru.

Beli lah inlet dengan membawa contoh yang rusak agar tidak salah karena setiap mesin cuci mempunyai model yang berbeda.

Kemudian pasang water inlet yang baru, sambungkan kabelnya dan selang dari keran, kemudian nyalakan mesinnya.

Jika air mengalir dengan lancar maka tutup kembali cover body inlet dan baut kembali.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM