Pilih Android TV BOX atau Smart TV, Ini Kelebihan Dan Kekurangannya

Pilih Android BOX atau Smart TV

Pilih Android TV BOX atau Smart TV, Ini Kelebihan Dan Kekurangannya – Dulu masyarakat terbiasa menggunakan TV Analog sebagai media informasi. TV Analog masih bergantung pada sinyal tangkapan Antena TV yang kadang kurang Stabil.

Pilih Android TV BOX atau Smart TV

Dengan kemunculan internet rupanya memberi banyak perubahan besar pada teknologi salah satunya Televisi. Saat ini sudah ada dua tipe TV yaitu Android TV BOX dan Smart TV yang pastinya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Pengertian Smart TV

Smart TV
Picture by https://www.electelectglobe.com/

Smart TV atau dalam bahasa kita adalah TV pintar, didalamnya sudah tertanam fitur- fitur canggih dengan system operasi dan kecerdasan buatan. Jadi layaknya TV LED biasa namun dengan tambahan fitur yang membuat kamu dapat melakukan banyak hal dibanding sekedar menonton TV biasa.

Dan untuk menikmati semua fitur yang tersedia Smart TV membutuhkan koneksi Internet. Di Smart TV biasanya sudah tersedia dua pilihan untuk koneksi internet dengan kabel atau yang lebih praktis dengan fitur Wi-Fi dari modem tau Smartphone Anda.

Ada beberapa Kelebihan dan kekurangan dari Smart TV jika dibandingkan dengan Android TV maupun TV konvensioal

Kelebihan Smart TV

  • Menggunakan satu remote

Remote Smart TV
pict by https://www.flatpanelshd.com

Karena semua fitur serta pemograman sudah ada didalam Smart TV maka tidak diperlukan lagi remote lain seperti hanya di TV Android BOX . dimana kamu harus menggunakan remote TV biasa dan kemudian bisa memindah ke mode HDMI untuk menggunakan Android BOX baru kemudian di Android BOX Anda menggunakan Remote Android BOX sendiri.

  • Semua fitur dan program berada dalam satu paket pembelian.

Ketika Anda membeli Smart TV, didalam sudah terpasang berbagai aplikais bawaan yang bisa Anda gunakan seperti menonton video secara online , browsing, game dan juga chatting dengan media social yang sudah terpasang.

Walaupun mempunyai banyak kelebihan, namun kadang ditemui juga bebrapa kendala yang kadang membuat beberapa orang membuat pilihan lain. Adapun kekurangannya adalah.

Kekurangan Smart TV

• Harga Mahal

Inimungkin menjadi salah satu pertimbangan ketika akan membeli Smart TV. Dengan segala kelebihan fiturnya memiliki konsekuensi dari sisi harga yang pasti lebih tinggi

• Biaya perbaikan mahal

Smart TV Rusak

Dengan fitur yang canggih membuat Smart TV terasa istimewa, namun itu mungkin bisa jadi kekurangan juga karena belum semua bengkel servis elektronik mampu menangani tipe Smart TV.

Apalagi dengan adannya layar touchscreen yang bila ada kerusakan pasti biayanya sangat mahal.

• Aplikasi Terbatas

Aplikasi bawaan yang terpasang pada Smart TV biasanya memang cukup lengkap karena bekerjasama dengan beberapa beberapa Perusahaan pengembang Aplikasi. Sehingga Anda tidak leluasa untuk mengunduh semua aplikasi yang Anda inginkan.

• Fitur tidak kompartibel

Satu kendala lagi, karena kadang beberapa aplikasi seperti streaming video kadang tidak bisa digunakan , keadaan ini terjadi di beberapa wilayah karena mungkin karena tidak ada jangkauan yang akhirnya Smart TV tidak bisa digunakan secara maksimal.

Pengertian Android TV Box

Android TV BOX merupakan sebuah perangkat elektronik seperti dengan bentuk seperti modem rumah, dengan bentuk seperti DVB TV Digital namun dengan tambahan OS Android.

skema-android-tv-box
pic by https://smarttvboxandroid.wordpress.com

Untuk menggunakannya Anda bisa langsung menghubungkan Android TV BOX ke TV dengan kabel HDMI. Jika TV anda tidak terpasang Port HDMI bisa juga menggunakan konektor HDMI to AV.

Untuk TV LED atau LCD yang sudah kompartibel HDMI tinggal pindah ke mode HDMI. Sedangkan dengan untuk TV tanpa port HDMI atau TV analog tinggal pindah ke mode AV seperti penggunaan DVD player.

Maka dengan begitu TV Anda otomatis akan menjadi Smart TV berbasis Android. Setelah itu Anda akan mendapatkan banyak kelebihan yang bisa Anda nikmati antara lain.

Kelebihan Android TV Box

  • Tanpa baterai

Tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika Anda sedang streaming tau memainkan video Game karena listik akan otomatis tersambung ketika kabel HDMI.

  • Menjadikan Hardisk external menjadi wireless

Hardsk port Wifi Android Box
pic by www.ArenaLTE.com

Anda cukup mengunduh Aplikasi khusus Hardisk Eksternal akan menjadi Wi-Fi sehingga bisa digunakan untuk banyak perangkat.

  • Anda bisa menonton film streaming

Streaming Video Smart TV

Fungsi utama TV tentunya untuk menonton video namun untuk Android TV Anda bisa menonton Video online entah itu acara TV, film , olahraga dan lainnya tanpa perlu berlangganan TV berbayar.

  • Menambah kapasitas memory dengan Hardisk

Hardisk Eksternal_Wireless
pic by www.jakartanotebook.com

dengan menyambungkan Hardisk Eksternal, maka kapasitas penyimpanan pun semakin banyak. Ini bergna untuk menyimpa File besar sepeprti video atau Game Android dengan grafis yng tinggi.

  • Menggunakan Proyektor

Proyektor Android TV BOX
pic by https://www.estiloextra.net

Android TV BOX bisa langsung di sambungkan ke Proyektor dengan menyambungkan kabel HDMI. Menggunakan proyektor membuat tampilan layar menjadi semakin besar.

Pengalaman ini akan membuat Anda semakin nyaman dalam menikmati Film apalagi dengan tambahan Home Theater. Sedangkan untuk kwalitas video, itu tergantung dari Proyektor yang digunakan.

Diantara banyak kelebihan Android TV BOX tentu saja tetap ada kekurangannya. Namun ini tetap optional tergantung pada penggunanya juga.

Karena membutuhkan TV untuk menampilkan gambar dan suara Android TV BOX, perangkat ini Menggunakan dua remote. Satu remote untuk program TV sendiri satu lagi untuk Android TV.

Saat ini banyak sekali Android TV BOX dipasaran dengan bearagam merk yang membuat kita kadang bimbang untuk memlih. Karena ketidak tahuan kita dengan kwalitas dari perangkat tersebut.

Untuk memlih antara menggunakan Tipe Smart TV atau Android TV BOX tergantung Anda. Pilihlah
sesuai dengan kebutuhan dan coba untuk melalukan survey kecil apakah daerah Anda kompartibel untuk fitur – fitur yang ada didalam TV yang akan Anda beli.