Wajib Tahu! 4 Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box

kelebihan dan kekurangan android tv box
Photo by: pxhere.com

Kelebihan dan Kekurangan Android TV Box – Apakah Anda bosan dengan tampilan TV yang gitu-gitu aja? Nah karena inilah makanya sekarang telah hadir android TV box. Eits, tunggu dulu, jika memang ingin menggunakannya, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan android TV box tersebut. 

Sebenarnya kenapa penting membahas kelebihan dan kekurangan android TV box? Hal ini karena android TV berbeda dengan TV pada umumnya. 

Apa itu Android TV Box? 

Sesuai dengan namanya, pengertian android tv box adalah android di dalam TV. Peralatan tersebut dapat mengubah tampilan TV yang biasanya menjadi tontonan dan tampilan android. Anda bisa menonton atau menggunakan aplikasi yang ada di android tersebut ke TV, sehingga tampilannya akan lebih besar. 

Selain menyelaraskan antara android dengan TV, Anda juga bisa mendownload lho! Wah terlihat jadi hampir sama dengan PC tapi tidak ada keyboard bukan? 

Kelebihan Android TV Box

Tanpa Baterai

Ya, kelebihan pertama dari android tv box adalah tidak menggunakan baterai. Tentunya hal ini Anda rasakan ketika Anda menggunakan android bukan? 

Dengan menggunakan android tv box, Anda bisa menggunakannya kapan pun tanpa perlu khawatir dengan ketersediaan baterainya. Android TV box tidak menggunakan baterai karena listrik akan langsung otomatis tersambung ketika kabel HDMI digunakan.  

Nah makanya itulah banyak orang memanfaatkan teknologi satu ini karena dapat sangat mempermudah pekerjaan dan juga cocok untuk menikmati hari libur di rumah. 

HDD External Menjadi HDD Wireless

Kelebihan kedua dari Android TV Box adalah HDD eksternal yang digunakan untuk penyimpanan yang lebih besar ternyata dapat digunakan juga sebagai wireless. Tentunya untuk mendapatkan manfaat ini, Anda perlu menggunakan aplikasi khusus sehingga jaringan akan mudah diakses pada perangkat lain. 

Dalam hal penyimpanan, dengan menggunakan HDD eksternal ini, Anda dapat menyimpan banyak sekali file karena kapasitasnya yang jauh lebih besar daripada android. Jika HDD external yang Anda miliki tidak cukup, Anda juga tetap bisa untuk membelinya lagi dan menyambungkannya ke android TV box, menarik bukan? 

Menonton yang Lebih Asyik

Kalau TV biasa pastinya tidak bisa menonton film secara streaming, padahal terkadang film-film yang disajikan stasiun TV tersebut tidak sesuai dengan minat Anda. Kalau sudah begini, pasti kebanyakan orang menonton film online bukan, seperti melalui Youtube, Netflix, maupun Viu. Apalagi nih banyak sekali film-film di luar sana yang bagus-bagus tapi tidak tayang di siaran TV Indonesia. 

Sekarang Anda tidak perlu susah-susah lagi. Ketika ingin menonton sebuah film, tinggal nonton di TV yang ada. Karena Anda sudah menggunakan Android TV Box. Dengan alat ini, penggunanya dapat dengan bebas untuk menonton film streaming. 

Streaming film di TV jauh lebih enak, kenapa? Karena layarnya yang lebih besar dan gambar akan terlihat lebih hidup yang tentunya lebih memanjakan mata Anda. Pasti banyak yang akan bertanya, apakah berbayar? Jawabannya adalah tidak. 

Cukup dengan tersambung saja ke internet, Anda sudah bisa menontonnya. Tapi kalau untuk aplikasi tertentu seperti Netflix dan Viu tentunya Anda juga perlu mengeluarkan uang untuk perbulannya dan hal ini sama saja ketika Anda menontonnya di smartphone maupun di TV. 

Tersambung ke Proyektor

Ingin memiliki home theater? Bisa. 

Cukup dengan menyambungkan kabel HDMI saja, proyektor akan membuat tampilan layar menjadi jauh lebih besar. Kualitasnya pun sebenarnya tergantung dan proyektor yang digunakan. 

Kekurangan Android TV Box

Sebuah alat yang memiliki kelebihan tentu juga memiliki kekurangan. Nah ada beberapa kekurangan dari Android TV Box, yaitu: 

Ada Fitur Ada Harga

Sepertinya hal ini pasti sudah banyak diketahui bukan? Layaknya peralatan elektronik lainnya, Android TV Box ini yang memiliki kualitas terbaik maka harganya akan semakin mahal. 

Pikirkanlah kembali apa saja kebutuhan fitur yang Anda butuhkan, karena rasanya akan sayang sekali membayar sesuatu yang tidak dibutuhkan. 

Membutuhkan TV

Kalau kekurangan yang satu ini juga pasti Anda ketahui bukan? Namanya saja Android TV Box, yang berarti membutuhkan TV untuk medianya. Dengan penggunaan TV ini, para pengguna juga harus membiasakan diri, karena tampilannya yang berbeda. 

Sulit Menemukan Merek yang Terbaik

Lagi dan lagi, hal ini sebenarnya wajar dalam sebuah pasar. Ketika ada produk baru yang laris, maka perusahaan lain juga akan berusaha untuk mengeluarkan produk tersebut. 

Namun, pertanyaannya adalah, manakah merek yang terbaik? Demi menjawab hal ini, pengguna perlu yang namanya referensi, dan referensi itu dari review pengguna. 

Tidak semua merek memiliki review pengguna yang banyak karena perusahaan mereka masih baru dan produknya masih terbatas. Selain itu, bisa saja promosinya juga tidak sekuat merek terkenal lainnya, padahal jika dibandingkan mungkin bisa saja produk tersebut lebih bagus dibandingkan produk terkenal. 

Membutuhkan Jaringan Internet

Kekurangan satu ini juga perlu Anda pikirkan karena jika jaringan internet di rumah tidak konsisten maka tampilan yang ada akan berkurang.

Itulah dia kelebihan dan kekurangan dari android TV box. Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan maupun kekurangannya, tapi semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda!