Pengertian TV Android BOX dan Kegunaan Android TV BOX

Pengertian Android TV BOX
Photo by https://androidpctv.com

Pengertian TV Android BOX dan Kegunaan Android TV BOX – Televisi merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai media informasi audio visual. Sekarang ini televisi sudah umum dimiliki, bahkan setiap rumah setidaknya memiliki satu unit televisi.

Masyarakat jaman dulu menonton TV lebih banyak untuk mengetahui informasi dan juga hiburan namun seiring perkembangan teknologi TV pun berinovasi dengan banyak fitur-fitur baru untuk menunjang aplikasi hiburan yang semakin beragam.

Salah satunya jenis TV yang sekarang banyak diminati adalah TV Android BOX yang memberi pengalaman baru dalam menonton TV.

Pengertian Android TV Box

Android TV Box sendiri merupakan sebuah perangkat elektronik yang menampikan audio visual dengan tambahan fitur Set Top Box (STB).

Jadi hampir sama dengan DVB TV namun dengan system operasi Android Alat ini yang kemudian dihubungkan dengan TV LED atau LCD, caranya dengan menghubungkan kabel HDMI ke TV LED yang sudah ada port HDMI.

Sebenarnya kita juga bisa menggunakan TV LED, LCD bahkan TV tabung yang tidak ada fitur port HDMI namun tentunya perlu tambahan alat seperti konektor HDMI to AV.

Dengan adanya tambahan STB Android tentunya memberi banyak kelebihan untuk penggunanya. Karena fungsi dari TV pun akan beragam seperti halnya kita menggunakan Smartphone berbasis Android.

Beberapa aplikasi Android pastinya menggunakan internet untuk bisa menggunakan fiturnya. Kita bisa menghubungkan STB BOX melalui koneksi kabel atau lebih enak menggunakan wifi dari modem langganan atau bahkan Smartphone Anda.

Pada saat ini STB BOX dengan system Android sudah banyak dijual dengan harga terjangkau, mungkin juga karena system operasinya yang open – source sehingga banyak aplikasi gratis tanpa harus berbayar.

Fungsi dan Kegunaan Android TV Box

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari Android TV BOX yang mungkin sebenarnya sudah banyak diketahui tetapi tidak ada salahnya untuk kita bahas.

Port USB

port USB
foto by https://ae01.alicdn.com/

Disetiap TV Box memang sudah pasti ada port USB sebagai fungsi paling sederhana. Port ini berfungsi untuk menyambungkan Flashdisk, Hardisk atau memory. Kita bisa membuka semua file data didalam Flashdisk tersebut.

Castscreen/Mirorscreen

screen mirror
photo by https://www.alphr.com

TV Android Box memiliki fungsi Mirrorscreen atau layar ganda. Jadi ketika anda menyambungkan Smartphone atau tablet kedalam TV box Android maka kita bisa melihat display Smartphone di layar TV, sehingga terlihat lebih jelas.

Tentunya ini akan memberi kemudahan untuk Anda. Dengan kemudahan ini anda bisa menggunakannya untuk sekedar hiburan atau juga untuk presentasi.

Pemutar video

Video TV Android Box

Sama seperti fungsi utama TV pada umumnya, kita bisa menoton video dari siaran TV dengan memakai antena TV, atau dapat juga melihat Live Streaming,TV atau video Internet, YouTube dan semua channel yang ada di internet tanpa perlu berlanggan.

Yang perlu diperhatikan adalah bagamana memilih aplikasi yang kompartible untuk STB Android anda. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah KODI.

Bermain Game

Game Android TV box
Photo by https://beebom.com

Sama halnya dengan Smartphone kita bisa menggunakan TV untuk bermain Game. Mulai dari game offline juga online berbasis Android, dari Game ringan sampai yang grafis tinggi.

Untuk Game padnya bisa dihubungkan langsung ke STB. Keuntungannya, anda bisa bermain Game dengan layar yang luas, yang tentunya memberi pengalaman baru dalam memainkan Game Android.

Browsing

Browsing TV dengan Android TV BOX

 

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa ada beberapa aplikasi yang dijalankan menggunakan internet. Salah satunya ya adalah Browsing.

Anda bisa Browsing menggunakan TV dengan bantuan port mini keyboard android yang banyak tersedi di pasaran, dan bahkan sekarang anda juga bisa melakukan lebih mudah dengan bantuan Google Assistant.

Chating dan Video Call

Video Call dengan Android TV BOX
Photo by https://gigazine.net

Kita sudah sering dan terbiasa melakukan panggilan video dari Smartphone tapi bagaimana ketika kita menggunakan media TV, nah dengan Android TV Box kita bisa melakukan hal tersebut. Pengalaman melakukan Video Call dengan keluarga atau kerabat yang jauh jadi semakin maksimal karena layar TV yang luas.

Dengan system android yang open source tentunya memberi banyak peluang untuk mengembangkan banyak aplikasi sehingga otomatis akan banyak lagi fitur baru di Android TV Box.

Semoga, ini bisa menjadi salah salah satu reverensi untuk memilih TV. Di artikel lainnya kita akan membahas beberapa TV BOX android yang rekomended yang jadi bahan pertimbangan para pembaca setia KlinikTekno. Sehingga Anda bisa membeli TV sesuai dengan kebutuhan. Terimakasih sudah membaca.