5 Rekomendasi MicroSD Terbaik Yang Bagus Untuk CCTV

Rekomendasi MicroSD Terbaik Yang Bagus Untuk CCTV

MicroSD adalah fasilitas penyimpanan tambahan yang bisa diaplikasikan pada berbagai perangkat, termasuk CCTV. Hardware yang berwujud kartu berukuran kecil ini tersebar di pasaran dengan berbagai jenis dan spesifikasi. Keberagamannya ini kadang sedikit menyulitkan kita untuk menjatuhkan pilihan.

Nah pada artikel kali ini kami akan menjelaskan beberapa acuan dalam memilih microSD terbaik dan juga rekomendasi MicroSD yang bagus untuk CCTV. Oke langsung saja, silakan disimak berikut penjelasannya.  

Cara Memilih MicroSD yang Bagus untuk CCTV

Untuk saat ini, sudah sangat banyak microSD yang dipasarkan baik secara offline di toko-toko elektronik atau di berbagai toko online. Jenisnya pun beragam, nah kamu harus memiliki acuan untuk bisa memilih MicroSD terbaik untuk kebutuhan CCTV-mu.  Berikut beberapa hal yang bisa jadi bahan pertimbanganmu:

1. Performa

Performa kecepatan atau kelas kecepatan adalah salah satu faktor yang bisa menentukan apakah suatu microSD bagus atau tidak. Kamu bisa menemukan spesifikasi performa kecepatan dari informasi yang dicantumkan di produk tersebut.

Performa kecepatan ini mengacu pada kecepatan menulis dan membaca suatu memori microSD. Nah untuk kebutuhan CCTV, kecepatan menulis lebih diprioritaskan. Kecepatan menulis atau Write speed menunjukkan seberapa cepat menulis data -dalam konteks ini video- ke dalam memori, sataunny adalah Mbps.

Oleh klarena itu performa menjadi faktor penting dalam memilih microSD terbaik, karena jika kamu menggunakan microSD yang lambat bisa jadi akan ada frame yang terlewat saat perekaman video dan juga menjadi lebih lag.

2. Garansi

Hal lainnya yang bisa jadi pertimbanganmu adalah masalah garansi yang diberikan oleh produsen. Tidak bisa dipungkiri kita tidak bisa menghindari risiko kerusakan pada microSD yang sudah dibeli, dengan adanya garansi setidaknya kita merasa lebih nyaman untuk menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Waktu berlakunya garansi berbeda-beda tergantung kebijakan sang produsen, semakin lama waktunya maka semakin tenang kamu dalam menghadapi risiko kerusakan di kemudian hari. Waktu garansi tersebut bisa 1 tahun, 2 tahun bahkan ada yang memberikan garansi seumur hidup.

3. Kapasitas

Tak kalah penting dalam hal memilih microSD terbaik adalah memperhatikan faktor kapasitas memorinya. Seperti yang kita tahu ada banyak varian kapasitas microSD, dari mulai 32GB, 64GB, 128GB bahkan hingga 256GB. Nah silakan pilih yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

Cara memilihnya, pertama cek dulu kamera yang kamu gunakan. Hal ini perlu dilakukan karena beberapa kamera memiliki limit untuk kapasitas memori yang dia dukung. Jadi kamu tak bisa membeli kartu memori yang ukurannya 64GB padahal kameramu hanya suport MicroSD berkapasitas maksimal 32GB.

Selanjutnya adalah sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan kamera. Jika kamu membutuhkan CCTV untuk terus menyala secara kontinu maka kamu membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Namun jika kamu menggunakan MicroSD untuk backup saja, maka tak mengapa kamu menggunakan yang ukurannya lebih rendah.

Lalu kamu juga perlu memperhatikan resolusi kamera milikmu. Biasanya kamera yang memiliki resolusi tinggi, seperti 1080pp atau 4K akan lebih memakan banyak ruang penyimpanan. Oleh karena itu semakin tinggi resolusi yang dihasilkan maka semakin besar kapasitas memori card yang kamu butuhkan.

4. Durability (Ketahanan)

Seperti yang kita pahami, umumnya CCTV bekerja secara terus menerus tanpa jeda. Maka bisa dibilang beban pada komponen di dalamnya pun tinggi, termasuk pada bagia microSD. Oleh sebab itu faktor ketahanan menjadi sangat penting untuk microSD yang diaplikasikan pada CCTV. Jadi, usahakan pilih jenis microSD yang memilihi spesifikasi High Endurance untuk CCTV-mu.

MicroSD Terbaik Yang Bagus untuk CCTV

Melihat pertimbangan di atas, kami memilih lima MicroSD terbaik yang bisa kamu gunakan untuk dipasang di CCTV. Berikut daftarnya:

1. Samsung PRO Endurance

Samsung PRO Endurance

Samsung PRO Endurance memang dirancang secara spesifik untuk kebutuhan kamera pengawas. Memory card satu ini memiliki ketahanan yang luar biasa, mulai dari tahan air yang tersertifikasi IP67, tahan pada suhu tinggi hingga 185℉, magnet-proof bahkan tahan terhadap paparan x-ray.

Memory card yang bisa digunakan merekam hingga 43.800 jam alias 5 tahun ini tersedia dalam 3 varian kapasitas, yaitu 32GB, 64GB dan 128GB. Untuk kecepatan tulisnya hingga 30MB/s sehingga cocok untuk digunakan merekam video resolusi 1080p dan 720p. Secara keseluruhan memory card satu ini sudah menawarkan keseimbangan yang baik antara, performa, ketahanan dan harga.

2. Samsung PRO+

Samsung PRO+

Masih dari Samsung dan juga merupakan saudara dari seri Pro Endurance, microSD terbaik untuk CCTV selanjutnya adalah Samsung PRO+. Berbeda dengan kerabatnya yang fokus pada ketahanan, Seri PRO+ ini lebih mengutamakan masalah kecepatan.

MicroSD satu ini memiliki kecepatan tulis hingga 90MB/s, sehingga bisa menulis data dalam volume besar dalam waktu yang cepat. Meski tidak didesain untuk dipakai merekam terus menerus dengan waktu yang sangat lama, memori ini sudah waterproof, tahan digunakan di suhu tinggi, tahan X-ray dan juga mampu bekerja di area magnetik.

3. SanDisk Max Endurance

SanDisk Max Endurance

Layaknya Samsung, Sandisk juga memiliki seri yang berfokus pada perkara endurance, yaitu Sandisk High Endurance. Walaupun tak secepat Samsung High Edurance, namun microSD satu ini bisa menjadi alternatif pilihan jika kamu ingin menghemat budget.  

Untuk pilihan kapasitasnya, Sandisk menyediakan varian 32GB, 64GB, 128GB hingga 256GB. MicroSD yang mendukung perekaman hingga 1080p ini tahan di temperatur hingga 185℉, getaran, X-ray dan juga air. Perangkat penyimpan data ini juga dikali kuat merekam video berkualitas FHD hingga 12.000 jam.

4. Kingston High Endurance

Kingston High Endurance

Kingston High Endurance adalah microSD terbaik dengan ketahanan yang sangat baik dengan varian kapasitas penyimpanan mulai dari 32GB, 64GB hingga 128GB. Kingston memberikan garansi selama 3 tahun dengan dukungan teknis gratis untuk produk ini.

Sementara untuk urusan kecepatan, varian 32GB & 64GB dari microSD ini memiliki kecepatan kecepatan tulis 30MB/s dan baca 95MB/s. Sementara untuk varian 128GB, kecepatan tulisnya 45MB/s dan kecepatan baca 95MB/s.

5. Transcend High Endurance

Transcend High Endurance

Terakhir adalah  Transcend High Endurance yang merupakan MicroSD terbaik yang cocok digunakan untuk device keamanan, seperti kamera keamanan, kamera mobil atau sistem pengawasan. MicroSD ini dibekali chip flash MLC NAND yang berkualitas di mana chip ini membuat device ini bisa tahan hingga 12.000 jam nonstop untuk merekam video full HD.

Lalu untuk varian kapasitas yang ditawarkan, dimulai dari 16 GB, 32 GB hingga 64 GB. Untuk kecepatan baca, MicroSD ini menawarkan kecepatan hingga 95 MB dan 45 MB untuk kecepatan tulis. Dari segi ketahanan, produk ini bisa digunakan untuk aktivitas di air, tahan suhu tinggi, sinar-X dan juga terhadap guncangan.

Nah itulah beberapa rekomendasi kami untuk MicroSD CCTV terbaik yang bisa kamu pilih saat ini. Semuanya menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal pilih saja microSD yang cocok dengan kebutuhanmu.