5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Harga Murah

Buat para gamer, punya laptop yang mumpuni dengan harga murah adalah impian. Ingin terwujud? Berikut 5 rekomendasi laptop gaming terbaik harga murah.

5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Harga Murah – Buat para gamer, punya laptop yang mumpuni dengan harga murah adalah impian. Ingin terwujud? Berikut 5 rekomendasi laptop gaming terbaik harga murah.

Di luaran sana, pasti kamu tak asing dengan iklan laptop gaming terbaik dengan harga murah. Murah sih, tapi spesifikasinya gimana? Murah sih, tapi apa kuat untuk main game kelas berat dengan lancar tanpa ngadat?

Setidaknya ada beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk gaming dengan harga murah namun kualitas tetap OK.

5 Rekomendasi Laptop Gaming Murah Tahun Ini

Mau tau rekomendasi laptop gaming murah dengan harga yang bersahabat? Berikut beberapa laptop gaming di harga 5 jutaan :

1. Asus M409DA

Laptop gaming murah Asus M409DA

Dengan layar berukuran 14 inch, kamu bisa leluasa bermain. Dilengkapi dengan prosesor AMD Athlon Silver 3050U, RAM 8GB, dan kapasitas HDD 1TB. Untuk kartu grafisnya? Pakai AMD Radeon.

2. Acer Aspire 3 A315

Laptop gaming murah Acer Aspire 3 A315

Dengan harga 5,5 juta, kamu sudah dapat konektivitas yang komplit. Dapur pacunya memakai prosesor AMD RYZEN 3 2200U, RAM 4 GB, dan 1 slot memori tambahan. Layarnya? Dual VGA Intel HD Graphics 520 dan AMD Radeon Vega 3.

3. Lenovo Ideapad 100-5005U

Laptop gaming murah Lenovo 100-5005U

Dengan layar 14 inch, laptop ini cukup bandel untuk bermain game kualitas sedang. Dilengkapi dengan processor Intel Core i3 dan memori RAM 4GB. Hard disk HDD sebesar 500 GB dengan kartu grafis Nvidia GT920 dengan Windows 10. Dengan 5 jutaan, bisa kamu bawa pulang.

4. Dell Inspiron 3467

laptop Dell Inspiron 3467

Laptop yang dilengkapi dengan teknologi Waves MaxxAudio Pro ini bakal manjain kamu saat main game. Layar HD dengan panel Anti Glare berpadu dengan GPU AMD Radeon R5, prosesor Intel Core i3 dan RAM 4G (yang bisa di upgrade sampai 32 GB). Sangat brilian.

5. HP 14-CM0005AU

Laptop HP 14-CM0005AU

Laptop ini dilengkapi dengan Windows 10 yang bisa untuk multitasking, layar HD SVA Brightview, dan juga kartu grafis AMD Radeon Vega 3. Walaupun berbody ramping, performanya tetap maksimal karena mengusung AMD Ryzen 3-2200U, Ram 4GB, dan hard disk HDD 1 TB.

Laptop gaming di atas bisa kamu miliki dengan harga sekitar 5 jutaan. Cukup terbilang murah untuk kebutuhan gaming. Rekomendasi di atas yang menurut kami adalah yang terbaik.

Jika kamu bingung memilih yang mana kamu bisa cari tahu cara memilih laptop gaming harga murah.

Cara Jitu Memilih Laptop Gaming Harga Murah

Sebelum kamu termakan iklan, sebaiknya simak tips cara jitu memilih laptop gaming murah berikut ini agar tak kecewa:

Processor

Kalau kamu mau beli laptop dengan processor Intel, kemungkinan besar kamu akan dapat seri U atau ULV. Pastikan kamu beli seri terbaru dari processor ini, paling tidak keluaran setahun atau dua tahun lalu. Alasan pilih prosesor terbaru adalah kamu bisa dapat fitur-fitur perbaikannya.

Lalu kalau kamu beli processor AMD. Kalau Intel punya Intel UHD Graphics untuk processor core-i, nah AMD ini punya APU. Kualitasnya beda tipis tapi harga AMD cenderung lebih murah. Nah, pilih saja yang sesuai dengan budget kamu.

Kartu Grafis – VGA – GPU

Modul VGA mandiri adalah syarat mutlak semua laptop gaming. Kalau tidak ada? Jangan harap bisa kuat main game kelas berat. Keuntungan lainnya, fitur dual GPU bisa menghemat baterai karena bisa memilih GPU mana yang sesuai dengan beban kerja laptop.

RAM maksimal

Dengan harga 4-5 jutaan, kamu sudah bisa dapat RAM minimal 4 GB – 8 GB. Selalu perhatikan berapa kapasitas RAM maksimal yang bisa dipasang dan berapa versi tertingginya. Patokannya, paling tidak sudah mendukung versi PC-12800.

Storage (HD – SSD)

Jangan pernah beli laptop dengan kapasitas hard disk cuma 500 B untuk gaming. Idealnya 1 TB minimal. Tak cuma itu, pertimbangkan juga untuk upgrade harddisk ke SSD. Agar kamu bisa menikmati kecepatan dan hemat daya yang diberikan.

Layar

Ukuran layar memang masalah selera. Tapi idealnya, diagonal 15,6 inch lah yang paling nyaman dan lega untuk main game. Kalau budget cukup, kamu bisa beli laptop dengan dengan resolusi Full HD dan berjenis IPS.

Baterai

Untuk main game itu butuh power besar lho. Tapi laptop gaming versi terbaru justru mengesampingkan masalah ini. Mereka justru menyarankan untuk menggunakan tenaga langsung dari colokan listrik daripada baterai. Masuk akal sih.

Kenyamanan

Laptop gaming biasanya dibanderol lebih mahal karena dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, misalnya koneksi Bluetooth, letak panel dan port, kenyamanan keyboard, dan lainnya. Nah, fitur yang sebaiknya kamu pilih adalah fitur backlit keyboard.

Walaupun performanya tak mungkin setara dengan laptop gaming harga puluhan juta, tapi 5 rekomendasi laptop gaming terbaik harga murah sekitar 5 jutaan di atas sudah bisa memuaskan hasrat bermain game kamu.

Jadi, gamer dengan budget terbatas pun tak perlu berkecil hati. Coba ikuti cara jitu memilih laptop gaming harga murah di atas dan bandingkan dengan produk rekomendasi yang kamu temukan.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.