Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Inverter

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Inverter

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Inverter – Semua orang pasti sudah mengenal fungsi dan manfaat lemari pendingin atau yang biasa kita sebut kulkas yang sering kita temui dirumah. Dalam perkembangannya Kulkas terus mengalami perbaikan mulai dari desain hingga sistem kerjanya.

Jenis kulkas yang banyak digunakan adalah tipe kulkas 1 pintu. Harganya yang murah membuat kulkas ini banyak diminati masyarakat menengah.

Begitu juga untuk perbaikannya, kulkas tipe ini lebih mudah karena menggunakan sistem kerja yang paling sederhana tidak banyak fitur jika dibanding jenis kulkas lainnya.

Dengan harga yang terjangkau tentunya kulkas 1 pintu memiliki beberapa kekurangan seperti membutuhkan daya listrik yang lebih banyak dan perawatan rutin harus dilakukan agar kulkas bisa bekerja dengan baik dan tahan lama.

Bagi Mereka yang memiliki dana lebih maka kebanyakan mereka memilih menggunakan kulkas 2 pintu. Jenis kuklas ini memiliki banyak kelebihan dibanding kulkas 1 pintu.

Kulkas ini tidak membutuhkan perawatan rutin apalagi untuk freezernya karena menggunakan sistem kerja dengan fitur anti frost yang bisa mencairkan bunga es secara otomatis.

Kulkas 2 pintu biasanya juga memiliki ruang freezer yang besar dibanding kulkas 1 pintu. Selain itu ada fitur tambahan seperti anti bakteri dan ati bau.

Dan pada jenis kulkas 2 pintu sistem kerja inverter mulai digunakan. Sederhananya kulkas inverter merupakan teknologi terbaru dalam sistem kerja kulkas yang mengatur kinerja kompresor agar bekerja lebih efisien.

Dengan sistem ini maka ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para penggunanya. Kelebihan dan kekurangan menggunakan kulkas inverter akan kita bahas dibawah ini.

Kelebihan Kulkas Inverter

Berikut ini beberapa kelebihan Kulkas Inverter :

Hemat listrik

Pada kulkas non inverter kompresornya setiap menyala akan terus bekerja dengan kekuatan 100 % walaupun dalam pengaturan suhu minimum.

Sedangkan Kulkas inverter, kinerja kompresor diatur oleh modul inverternya yang akan membuat kulkas terus bekerja secara efisien menyesuaikan dan menstabilkan suhu sehingga membutuhkan daya listrik yang hemat.

Mengurangi efek gas rumah kaca

Kulkas inverter memiliki efek gas rumah kaca yang kecil sehingga ramah lingkungan. Karena seperti yang kita tahu efek gaas rumah kaca akan merusak lapisan ozon yang berpengaruh dan memicu pemanasan global.

Menghasilkan suhu yang stabil

Suhu yang dihasilkan oleh kulkas dengan inverter akan lebih stabil dengan selisih suhu 0.5 °C. Hal ini tidak lain karena sistem inverternya bekerja pada kompresor seperti yang saya jelaskan tadi diatas.

hal ini akan membuat makanan dan minuman akan lebih awet dan terjaga kesegarannya.

Cara Kerja

Cara kerja kulkas inverter tentunya berbeda dengan kulkas konvensional karena kulkas 2 pintu non inverter biasanya diatur oleh timer sedangkan pada kulkas inverter kompresornya diatur inverter sehingga kompresor lebih awet.

Suara senyap

Penggunakan kulkas inverter tidak akan menimbulkan suara bising saat bekerja bahkan cenderung tidak terdengar sehingga tidak akan mengganggu keseharian Anda dirumah.

Desain

Kulkas inverter memiliki desain futuristik dan elagan sehingga tidak hanya dari manfaatnya namun juga akan menambah cantik desain interior rumah Anda.

Garansi

Dibandingkan kulkas 1 pintu, kulkas inverter biasanya memiliki garansi pabrik yang panjang rata – rata sampai 10 tahun.

Kekurangan Kulkas Inverter

Setelah membahas kelebihan dari kulkas inverter sekarang kita akan peralih ke sisi kekurangannya.

Harga

Dengan teknologi dan fitur yang lebih baru tentunya berpengaruh pada harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kulkan noninverter.

Namun sebenarnya ini bukan menjadi masalah bagi mereka yang memang memiliki dana lebih untuk memiliki kulkas tipe ini.

Suku cadang

Untuk kulkas inverter tentunya memiliki komponen – komponen tambahan yang tidak ditemukan pada kulkas non inverter. Dan jika terjadi kerusakan maka harganya juga cukup mahal dan tidak semua toko sparepart memilikinya.

Servis mahal

Berkaitan dengan suku cadang yang mahal namun juga untuk kulkas inverter belum semua teknisi menguasai jadi ketika terjadi kerusakan maka biaya servis akan lebih mahal dibanding kan dengan kulkas biasa.

Mengenai harga saya rasa kedepannya akan semakin terjangkau karena persaingan diantara para produsen kulkas. Ditoko online saja untuk saat ini kulkas inverter merk LG dijual mulai harga dua jutaan.

Itulah tadi diantaranya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kulkas inverter yang bisa Anda jadikan sebagai referensi jika ingin membeli kulkas jenis ini.