5 Jenis Speaker dan Kelebihan yang Memanjakan Telinga

Mengenal Jenis Speaker dan Kelebihan serta Fungsinya

Sobat kliniktekno, ketika sobat sedang membaca buku atau sedang ingin sendiri, apa yang Anda lakukan? Pasti salah satu hal yang dilakukan adalah mendengarkan lagu. Mendengarkan lagu ini bisa saja melalui speaker, atau juga tidak. Nah, apakah sobat tahu kalau sebenarnya ada beberapa jenis speaker saat ini? 

Hmm pasti tahu dong ya. Apalagi saat ini kaum milenial suka banget mendengarkan lagu, baik itu untuk bekerja, belajar, membaca, atau hanya untuk bersantai ria.

Tapi masyarakat kebanyakan hanya mengetahui dua jenis speaker saja, yaitu woofer dan subwoofer. Padahal, ada juga jenis speaker lain dengan kualitas yang bagus dan juga sering digunakan di indoor dan outdoor seperti speaker aktif yang digunakn di mobil, rumah, lapangan, hajatan, dll.

Apa sajakah itu? Eits, sebelum mengetahuinya, yuk pelajari dulu mengenai pengertian speaker di bawah ini!

Apa itu Speaker? 

Speaker merupakan sebuah perangkat keras yang mampu untuk mengeluarkan hasil pemrosesan dari CPU yang berupa audio atau suara. Dengan adanya speaker ini, seseorang dapat mendengar sebuah video atau rekaman yang memiliki suara. 

Saat ini, speaker tidak dapat dipisahkan dari perangkat elektronik, seperti handphone, komputer, televisi, dan masih banyak lagi. Tujuan dari adanya speaker tersebut adalah untuk melengkapi fungsi dari setiap peralatan elektronik. 

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah cukup mengerti mengenai pengertian speaker? Jika sudah, mari kita bahas jenis-jenis speaker. 

Macam Jenis Speaker

Sama seperti perangkat elektronik atau teknologi lainnya, speaker juga terbagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kegunaannya. Setidaknya ada sekitar 5 jenis speaker yang umum, yaitu:

1. Woofer

Jenis pertama adalah woofer. Speaker jenis ini biasanya memiliki diameter antara 4 hingga 12 inchi dan sangat bagus untuk mengeluarkan suara dari nada rendah seperti nada bass. Hal tersebut tentu saja tidak jauh dari frekuensi yang ada, yaitu sekitar 20 hingga 2.000 Hz. 

Nah jika Anda ingin mencapai jangkauan yang lebih luas lagi, maka dapat dikombinasikan dengan tipe mid range atau tweeter. 

Kelebihan Speaker Woofer : 

  • Mampu menghasilkan suara rendah
  • Diameter yang kecil namun kualitas yang terbaik
  • Cocok untuk penggunaan home theatre

2. Subwoofer

Woofer dan subwoofer memang terlihat sama, namun sebenarnya berbeda. Perbedaan speaker woofer dan subwoofer yang pertama adalah dari tampilan fisiknya. Speaker woofer biasanya memiliki pinggiran tanpa karet, sedangkan untuk speaker subwoofer memiliki karet. 

Perbedaan selanjutnya juga pada frekuensi. Speaker woofer memiliki rentang frekuensi 20 sampai 2.000 Hz, sedangkan untuk subwoofer hanya sekitar 20 sampai 200 Hz saja. Dengan perbedaan frekuensi ini, maka suara yang ada pun juga berbeda. 

Kelebihan Speaker Subwoofer: 

  • Suara yang dihasilkan lebih rendah
  • Cocok digunakan untuk perangkat elektronik seperti komputer

3. Mid Range

Mid range merupakan speaker dengan rentang frekuensi 500-5.000 Hz. Speaker satu ini memiliki ukuran diameter yang relatif kecil, yaitu antara 4 hingga 6 inci saja. 

Speaker ini termasuk speaker yang umum digunakan karena frekuensi yang ada merupakan rentang dari mayoritas suara yang didengar. Tidak hanya itu saja, speaker ini mampu untuk menghadirkan suara yang jelas dari beberapa alat musik, seperti gitar string, biola, piano, serta harmonika. 

Kelebihan yang sangat penting adalah kemampuannya untuk mengeluarkan suara lebih tebal dan jelas. Dengan begitu, suara yang keluar akan lebih jelas dan fokus. 

Sayangnya, speaker satu ini merupakan pilihan yang kurang tepat jika ingin mendengarkan nada tinggi. Biasanya para pengguna mid range juga mengombinasikan dengan jenis lain untuk bisa mencapai nada tinggi yang tidak menyakitkan telinga. 

4. Tweeter

Tweeter merupakan sebuah speaker yang memang ditujukan untuk menghasilkan nada lebih tinggi. Frekuensi dari speaker ini kisaran 2.000 hingga 20.000 Hz. 20.000 Hz merupakan batas suara tertinggi yang bisa didengar oleh indera pendengaran manusia. 

Dalam pembuatannya, tweeter menggunakan kumparan suara yang tersuspensi dalam medan magnet. Kumparan tersebut dapat menghasilkan medan magnet yang akan bekerja sama dengan medan magnet tetap untuk membuat kumparan suara dan diafragma bergetar. 

Konsep inilah yang sebenarnya menghasilkan suara tinggi dan nyaring yang bisa kita dengar dalam sebuah audio. 

Kualitas suara tinggi yang bagus dan jelas itulah merupakan kelebihan tweeter yang tidak ada di speaker jenis lain. 

5. Full Range

Speaker terakhir dalam kategori suara adalah full range. Speaker jenis ini memiliki frekuensi yang sangat lebar, yaitu dari 4 hingga 2.000 Hz. Karena rentang frekuensi yang lebar, makanya speaker ini dapat banyak terdapat di berbagai perangkat multimedia, baik yang murah maupun mahal. 

Tapi, biasanya full range ini digunakan untuk sound system di luar ruangan karena dapat menghasilkan suara yang lebih jelas walaupun jaraknya jauh. Inilah merupakan kelebihan full range yang berbeda dengan jenis speaker lainnya. 

Sudah tahu bukan kelima dari jenis speaker terbaik saat ini? Sebenarnya masih ada lagi jenis speaker lain misalnya berdasarkan tipe yang terdiri dari speaker 3 way dan 2 way. So, speaker jenis apa yang Anda miliki?