Jenis Microsoft Office dan Fungsi Microsoft Office

Microsoft Office adalah sebuah perangkat yang jenis dan fungsinya sangat banyak. Lantas apa saja jenis Microsoft Office dan fungsinya?
Jenis Microsoft Office dan Fungsi Microsoft Office

Macam Jenis Microsoft Office dan Fungsi Microsoft Office – Microsoft Office merupakan sebuah perangkat lunak keluaran perusahaan Microsoft. Microsoft Office memiliki banyak jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Baca artikel di bawah ini untuk mengetahui jenis Microsoft Office dan fungsinya.

Jenis Microsoft Office dan fungsinya

Microsoft Office tidak hanya Microsoft Word, Excel atau PowerPoint saja. Setidaknya ada 10 jenis Microsoft Office yang dapat membantu pekerjaan dan tugas kamu, yakni sebagai berikut macam jenis Microsoft Office beserta fungsi Microsoft Office dan pengertian dari versi Microsoft Office :

Microsoft Word

Pengrtian dan fungsi Microsoft Word

Microsoft Word merupakan salah satu jenis Microsoft Office yang populer dan paling sering digunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1983 dan memiliki berbagai macam versi. Versi terbarunya yakni Microsoft Word 2019.

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang mana semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dikerjakan di aplikasi ini. Melalui aplikasi ini kamu bisa menulis surat, membuat tabel serta memasukan gambar.

Selain itu, fungsi Microsoft Word adalah membuat tulisan dengan berbagai variasi dan membuat desain sederhana. Aplikasi ini digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga para profesional.

Microsoft Powerpoint

Pengertian dan fungsi Microsoft Power Point

Jenis Microsoft Office selanjutnya adalah Microsoft Powerpoint. Aplikasi yang satu ini sering digunakan di perkantoran, bisnis hingga pendidikan.

Microsoft Powerpoint digunakan untuk membuat bahan presentasi berbentuk slide. Disini kamu bisa menambahkan gambar, audio, video serta animasi yang menarik untuk slide presentasi.

Selain itu, Microsoft Powerpoint mempermudahkan kamu untuk mengedit maupun menambahkan slide pada presentasi. Banyak template presentasi yang apik bisa kamu gunakan.

Kamu juga dapat mencetak slide presentasi dengan mudah pada aplikasi ini.

Microsoft Excel

Pengertian dan fungsi Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah data baik berupa angka maupun grafik. Melalui aplikasi ini kamu dapat membuat jurnal keuangan, laporan akuntansi, tabel dan banyak lainnya.

Selain itu, fungsi Microsoft Excel juga sebagai lembar kerja spreadsheet dengan beragam fitur kalkulasi yang akurat. Kamu dapat memasukkan rumus dan juga logika untuk melakukan perhitungan secara otomatis.

Microsoft Outlook

Pengertian Microsoft Outlook dan Fungsinya

Jenis Microsoft Office yang keempat adalah Outlook. Aplikasi ini merupakan pengolah informasi pribadi yang berfungsi untuk membaca dan mengirim surat elektronik atau email.
Microsoft Office Outlook juga memiliki fungsi lainnya seperti membuat jurnal, catatan, jadwal kerja hingga kalender.

Program yang satu ini tidak hanya dapat dijalankan pada laptop atau komputer saja. Selama perangkat kamu memiliki windows, kamu bisa menggunakan aplikasi ini.

Microsoft OneNote

Pengertian dan Kegunaan Microsoft OneNote

OneNote merupakan bagian dari Microsoft Office lainnya yang berfungsi sebagai kertas catatan. Tidak hanya tulisan, kamu bisa memasukkan gambar, objek dan mencoret-coret.
Selain itu, aplikasi ini dapat menampilkan screenshot. Kamu juga bisa memberi komentar lalu membagikannya kepada rekan kerjamu.

Dengan OneNote, kamu bebas menulis atau meletakkan gambar di bagian mana pun sama halnya kamu menulis di kerta. Aplikasi ini sering digunakan untuk membuat to do list, mencatat ide, brainstorming, dan sebagainya.

Microsoft Frontpage

Pengertian Jenis Microsoft Office Frontpage dan Fungsinya

Microsoft Frontpage merupakan program yang berfungsi untuk mengedit html dan alat bantu administrasi situs web. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengedit atau mendesain ulang situs web meskipun situs web tersebut sudah online.
Salah satu fitur populernya yakni Template Web yang otomatis. Terdapat navigasi otomatis dan kamu juga bisa merancang tampilan web seperti yang kamu inginkan.

Microsoft Access

Pengertian Jenis Microsoft Office Access dan fungsinya

Jenis Microsoft Office selanjutnya adalah Access. Program aplikasi ini digunakan untuk mengolah database atau basis data. Database tersebut nantinya berfungsi sebagai input dan diolah yang kemudian menjadi informasi.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memanipulasi data hingga membuat software. Selain itu, aplikasi ini juga mudah dioperasikan dan tidak membuang banyak waktu. Sayangnya, banyak fitur dalam program aplikasi ini yang berbayar.

Microsoft Visio

Fungsi Microsoft Visio

Microsoft Office Visio merupakan program aplikasi yang digunakan untuk membuat diagram, flowchart, skema jaringan dan brainstorm. Aplikasi ini sangat memudahkan kamu karena menggunakan fitur grafik vektor.

Dalam program Microsoft Office Visio ini terdapat banyak macam template diagram yang bisa kamu pakai. Selain itu, kamu bisa menambahkan sesukamu.

Microsoft Publisher

Fungsi Microsoft Publisher

Microsoft Office Publisher merupakan program aplikasi yang berhubungan dengan kegiatan publishing. Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat majalah, koran, banner, mading, poster dan lainnya.

Banyak template menarik dengan teks dan gambar yang profesional. Selain itu, program aplikasi ini sangat mudah dioperasikan bagi pemula.

Microsoft Office InfoPath

Pengertian dan Jenis Microsoft Office InfoPath

Untuk jenis Microsoft Office yang terakhir adalah InfoPath. Aplikasi ini berfungsi untuk pengembangan formulir data berbasis XML. Melalui program aplikasi ini kamu dapat merancang, mendistribusikan, mengisi dan mengirimkan formulir elektronik yang berisi data terstruktur.

Nah, itu tadi 10 macam jenis Microsoft Office beserta fungsi Microsoft Office dan pengertian dari versi Microsoft Office. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.