Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Berputar Searah

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Berputar Satu Arah

Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Berputar Satu Arah – Untuk jenis kerusakan pada sistem pencucian salah satunya seperti mesin pencucian hanya berputar searah, bisa terjadi disemua jenis mesin cuci.

Namun walaupun tipe kerusakannya sama akan tetapi dalam perbaikannya akan berbeda, ini dikarenakan mesinnya juga berbeda.

Untuk mesin cuci 2 tabung menggunakan 2 dinamo terpisah untuk pencucian dan pengeringan sedang mesin cuci 1 tabung hanya menggunakan satu mesin yang digunakan untuk pencucian dan pengeringan.

Mesin cuci yang mengalami kerusakan atau bekerja hanya dengan satu arah putaran tentunya hasil cuciannya tidak akan maksimal dan untuk mesin cuci 1 tabung jika keadaan ini dibiarkan maka akan bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

Cara Mengatsi Mesin cuci 1 tabung berputar satu arah

Untuk itu kali ini kamiakan membantu memberikan informasi mengenai cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung tidak bisa bolak balik agar mesin cuci bisa kembali normal dan digunakan lagi dengan baik.

1. Pemeriksaan

Sebelum melakukan pemeriksaan sebaiknya kita persiapkan dulu alat – alat yang dibutuhkan untuk pemperbaiki kerusakan yang terjadi seperti obeng, kunci pas / kunci inggris / kunci T, tang dan alat tambahan lain yang diperlukan.

Pertama bukalah penutup pada body belakang dan juga penutup bawah mesin cuci agar nantinya kita lebih mudah untuk memperbaiki mesin cuci ini.

Kemudian perhatikan pada bagian mesin, kita akan melihat puli dinamo mesin dan as gearbox tabung yang dihubungkan dengan vanbelt.

gearbox mesin cuci 1 lubang

Diatas puli gearbox ini kita akan melihat roda gear, gear ini lah yang berfungsi untuk merubah arah putar pulsator. Pada gear atau roda gigi ini juga terdapat pengait, pengait ini yang berfungsi untuk menekan gearbox untuk penggunaan mesin wash dan pengering termasuk juga arah bolak balik.

Nyalakan mesin untuk melihat gerakan dan arah putarnya, satu sisi mesin berputar normal namun untuk arah sebaliknya mesin seperti tertahan sehingga tidak bergerak.

2. Perbaikan

Rebahkan mesin cuci dengan hati – hati ke arah depan agar mempermudah kita dalam menangani kerusakan yang terjadi pada mesin 1 tabung ini.

Pada posisi mesin cuci mati, ini sama dengan posisi mesin wash bekerja yang artinya as gearboxnya bisa diputar kekiri dan kanan.

mesin wash berputar searah
youtube.com

Maka langkah selanjutnya lepaskan vanbelt pada kedua pulinya dan lakukan percobaan dengan memutarnya menggunakan tangan kearah kanan dan sebaliknya.

Jika salah satu arah putar tidak bisa dilakukan berarti seperti tadi mesin hanya berputar satu arah dan hal ini diakibatkan oleh masalah gearnya.

Kemudian buka baut puli dan kembali putar as kekanan dan kiri, namun untuk kali ini sambil ditekan pengaitnya. Jika ketika ditekan kuat as roda giginya bisa berputar kiri kanan berarti yang bermasalah adalah pengaitnya.

roda gear mesin cuci 1 tabung

Namun sebelumnya tidak ada salahnya juga kita copot roda gigi dan lakukan pengecekan, didalam roda gigi ini ada rangkain per. Periksa kondisi per apakah msih bagus atau patah jika dalam kondisi baik maka pasang kembali.

Setelah pemeriksaan roda gigi dilakukan dan tidak terjadi masalah maka  pasang kembali pulinya dan baut seperti semula.

Untuk pengait Kita bisa mengakalinya dengan mengatur ulang pengaitnya karena ada setingan baut pada pengait ini, jadi kita coba dulu melakukan setting sebelum mengganti dengan sparepart yang baru.

Faktor usia biasanya penyebab utama kerusakan mesin cuci 1 tabung berputar searah, dimana terjadi pengait dan roda gigi sudah sedikit haus atau bergeser.

pengait roda gigi mesin cuci 1 tabung

Jika skrup baut pada pengaturan pengait ini berkarat gunakan oli agar bisa diputar. Untuk penekanan yang lebih kuat kencangkan bautnya dan lakukan sebaliknya untuk mengurangi penekanan pada roda gigi.

Pengait ini juga terhubung dengan rem pengering jadi pastikan untuk melakukan seting dengan benar sehingga mesin cuci berjalan normal baik untuk pengering dan pencucian.

3. Pengetesan

Jika sudah selesai maka pasang valbelt dan coba nyalakan mesin cuci pada mode wash, dan lihat putaran mesin dari body belakang.

Jika untuk kedua arah mesin ini sudah berputar maka perbaikan sudah berhasil dilakukan.

Kemudian gunakan mesin cuci menggunakan cucian untuk mode otomatis. Jika mesin cuci berjalan dengan baik mulai dari pencucian bilas sampai pengeringan selesai maka mesin cuci sudah kembali normal.

Mungkin itu saya sedikit informasi untuk cara mengatasi mesin cuci 1 tabung berputar searah yang bisa Anda coba , namun jika masih merasa ragu akan lebih baik jika memanggil teknisi.