Cara Mengisi Freon Kompresor Kulkas

cara isi freon kulkas

Cara Mengisi Freon Kompresor Kulkas Tanpa Vakum – Mesin pendingin seperti kulkas, freezer, AC dan lainnya dapat mendinginkan suhu udara dengan memanfaatkan gas freon yang di pompa dan dialirkan kedalam pipa – pipa mesin dengan bantuan kompresor dan komponen kulkas lainya.

Fungsi gas freon pada kulkas sangat penting untuk membuat kulkas bekerja dengan baik. Apabila kulkas mengalami kebocoran maka gas freon akan berkurang bahkan habis.

Hal ini yang akan mengakibatkan kulkas menjadi tidak dingin. Bahkan ketika kulkas dipaksaan bekerja maka akan terjadi kerusakan yang lebih berat.

Dan tentu saja dengan kemungkinan kerusakan yang lebih parah penangannya pun juga akan semakin intens dan meguras banyak waktu dan biaya.

Kebocoran sering terjadi pada kulkas 1 pintu dan letaknya lebih sering terjadi pada bagian evaporator. Seringnya hal ini terjadi karena kesalahan pengguna yang menggunakan benda tajam untuk mengambil atau membersihkan bunga es.

Cara Mengisi Freon Kompresor Kulkas Tanpa Vakum

Sebenarnya pada tiap kulkas sudah beri stiker peringatan untuk tidak menggunakan benda tajam dan sejenisnya namun seperti biasa, masyarakat jarang memperhatikan peringatan tersebut atau juga memang mencari cara praktis yang justru membuat kulkas menjadi rusak.

Namun jika kebocoran kulkas sudah terlanjur terjadi tentunya harus segera diperbaiki. Maka dari itu saya akan berbagi informasi bagaimana cara mengisi freon pada kompresr yang baik dan benar.

Peralatan Mengisi Freon Kompresor Kulkas

Sebelum kita memulai mengerjakan kerusakan ini sebaiknya Kita siapkan dulu alat – alat yang memadai untuk melakukan perbaikan pada kulkas ini.

  • Obeng
  • Pemotong pipa
  • Tang pipa
  • Tang potong
  • Perak
  • Las/gas
  • Freon
  • Manifol + selang
  • Tang meter

Pemeriksaan Kompresor Kulkas

Setelah mempersiapkan alat – alat yang digunakan maka kita selanjutnya kita lakukan pemeriksaan pada kerusakan atau kebocorannya.

Jika kebocoran sudah ada dan kulsa masih bekerja maka kemungkinan udara atau air akan masuk kedalam pipa sirkulaksi kulkas. Oli juga bisa naik dan ikut tersembur keluar.

Flusing

Maka sebelum pengisian freon sebaiknya dilakukan flusing pembersihan pada evaporator dan kondensor untuk membersihkan oli dan air terutama pada evaporator.

Ganti oli

Selain itu oli pada kompresor kulkas juga harus diganti tergantung dari kondisi oli tersebut. Namun untuk lebih maksimal saya saran kan untuk mengganti oli kompresornya.

Penambalan lokasi bocor

Jika langkah – langkah diatas sudah dilakukan dan sudah dipastikan bersih maka selanjutnya adalah memlakukan perbaikan pada lokasi bocor.

caranya bisa menggunakan lem besi, lem hijau ataupun dilas.

Pengisian Freon tanpa alat vakum

Yang kami informasikan disini adalah bagaimana mengisi gas freon tanpa menggunakan alat vaccum, selain lebih hemat biaya menurut saya lebih praktis.

pemasangan pentilLangkah pertama untuk pengisian freon adalah pemasangan pentil. Lakukan pengelasan pentil pada pipa pengisian freon dan pastikan tidak terjadi buntu. Pemasangan ini digunakan untuk menyambungkan dengan selang manifol.

Setelah pemasangan pentil selesai selanjutnya siapkan manifol dan sambung selang dari pentil menuju manifol. disambung pada selang warna biru dan tutup katupnya dengan rapat.

Pada selang manifol satunya sambungkan menuju gas freon pastikan katup tertutup rapat.

pipa kapiler filterKemudian Potong atau buka pipa kapiler pada filter, jika terlalu pendek maka gunakan las dan ganti dengan yang lebih panjang. Pastikan setiap pengelasan tidak terjadi buntu.

Pipa kapiler pada filter ini digunakan untuk mengisi methil saat melakukan vaccum. jika pipa kapiler filter sudah dibuka maka persiapkan methil secukupnya pada wadah.

Langkah berikutnya nyalakan kulkas, maka secara otomatis kulkas akan melakukan vakum dengan mengeluarkan udara dari pipa kapiler filter yang sudah kita buka tadi.

manifol

Perhatikan pada skala manifol, biarkan sampai skala minus 30 psi. Atau untuk mengetahui udara sudah habis bisa juga menggunakan korek api yang dinyalakan diujung pipa kapiler jika masih ada tiupan pada apinya berarti masih ada udara yang keluar.

Kemudian persiapkan wadah methil tadi dan masukan ujung pipa kapiler pada methil. Jika sudah tidak ada gelembung udara yang keluar ini menandakan udara sudah divakum dengan baik.

pengisian metil

Sebelumnya siapkan tang penjepit pipa atau tang potong dan juga perak untuk las. Cabut listrik kulkas maka saat kompresor mati methil akan tersedot masuk.

Dan ketika methil mulai habis secepatnya jepit pipa kapilernya menggunakan tang kemudian las pada ujungnya agar tidak terjadi kebocoran dan udara kembali masuk.

Dalam kondisi ini diamkan selama kurang lebih 15 sampai 30 menit. Lakukan pengecekan apakah terjadi kebocoran dengan melihat pada jarum manifol.

Kemudian hidupkan kulkas, buka katup manifol dan buka freon secara perlahan sambil perhatikan skala jarum pada manifol. isi secara perlahan sampai tekanan sekitar 10 psi atau 20 psi dilihat dari kondisi pendinginan.

Sambil mengisi kita coba raba pada body samping kiri kanan kulkas yang seharusnya sudah mulai terasa hangat. Cek juga pada bagian evaporator yang harusnya mulai keluar bunga es dan ketika telapak tangan ditempekan akan terasa lengket.

Jika sudah pada tekanan yang stabil di 10 psi maka tutup gas freon, kemudian jepit pipa pentil dengan tang pentil. Pada bagian depannya potong dan las agar gas tidak keluar.

Maka pengisian freon kulkas selesai dan kulkas bisa digunakan dengan normal. Jika mungkin Anda memiliki modal lebih bisa membeli motor vacum unutuk hasil yang lebih baik.

Namun selama ini saya melakukan pengisian freon tanpa menggunakan alat vakum hasilnya juga cukup memuaskan dan tanpa kendala.

Semoga informasi dari Kliniktekno.com tentang cara mengisi freon kulkas ini bisa membantu untuk kita sama – sama belajar dalam memperbaiki kerusakan kulkas.