Cara Mengganti Seal Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Mengganti Seal Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Mengganti Seal Mesin Cuci 2 Tabung – Seperti yang kita ketahui mesin cuci 2 tabung memiliki 2 mesin yang terpisah untuk melakukan cuci bilas dan pengeringan.

Pada sistem kerja keduanya memiliki mesin dan rangkaian sendiri sehingga jika mesin pengering mati maka mesin pencuci masih bisa digunakan.

Begitu pula sebaliknya jika dinamo cuci mati maka mesin dinamo pengering masih bisa digunakan. Komponen penunjang untuk sistem kerja agar pengeringan berjalan baik adalah dengan adanya seal pada pengeringan.

Seal ini terletak pada as tabung pengering diantara mesin dinamo dan tabung pengeringnya. Kita bisa melihatnya dengan membongkar penutup body bagian belakang.

Penyebab Seal Mesin Cuci Rusak

Seal pengering adakalanya mengalami kerusakan dan bisa disebabkan oleh beberapa diantaranya.

1. Tabung pengering oleng

Kerusakan pada komponen lain seperti tabung pengering yang oleng menyebabkan getaran yang kuat sehingga lebih cepat merusak seal terutama pada pegangan as besinya.

Goncangan yang tidak teratur membuat cipratan air tidak beraturan dan masuk ke laker atau lubang besi tempat pada seal semakin lama pelumas akan hilang terkena air.

Air ini akan menyebabkan karat dan membuat as seret sampai kadang menimbulkan bunyi melengking. Dalam keadaan ini air bocor bisa menetes kebawah dan mengenai dinamo mesin.

2. Umur seal

Umur seal pengering yang sudah lama membuat karet seal getas dan gampang terkoyak sehingga besi laher pada sela menempel pada as dan ikut berputar.

Hasilnya adalah kebocoran pada pengering seperti keadaan diatas. Kebocoran ini membuat air dari cucian yang yang dikeringkan pada tabung pengering turun dan mengenai mesin apabila dibiarkan maka bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

3. Human error

Mungkin mesin cuci pernah mengalami perbaikan misal pada dinamo mesin cuci atau dinamo pengering. untuk bisa mengambil dinamo motor maka harus membongkar mesin dan mencopot tabung pengering.

Saat pemasangan kembali tabung pengeringnya jika tidak hati – hati maka as tabung pengering bisa merobek karet seal pengering yang membuat seal rusak atau bocor.

Ciri – ciri seal Pengering rusak

Ada beberapa ciri yang terjadi apabila ada kerusakan pada seal pengering diantaranya adalah.

1. Pengering berbunyi nyaring

Cara paling mudah untuk mengetahui seal bermasalah adalah dengan menyalakan mesin cuci ini pada mode spin, kemudian dengarkan suran mesinnya.

Jika terasa kasar melengking berarti ada masalah, untuk mengetahui lebih jauh maka buka penutup bodi pada bagian belakang.

2. Bekas Cipratan air didalam body mesin cuci.

Untuk mengetahuinya Anda bisa membuka cover body bagian belakang. Setelah dilepas maka perhatikan ruangan didalam tempat dinamo pengering dan dinamo cuci.

Disana kita akan melihat bekas kotor dari cipratan air yang tercampur karat pada dinding body bagian dalam. Untuk memastikannya lagi isi tabung ngering dengan air kemudian nyalakan pengeringnya.

3. As tabung pengering basah

Tunggu beberapa saat mesin menyala kemudian matikan dan cabut kabel listriknya untuk keamanan. Kembali kebagian mesin, sentuhlah as tabung pengering yang menyatu dengan puli, raba pada sealnya juga.

Jika terasa basah dan ada air yang rembes berarti memang seal ini bocor dan wajib diganti. Konsekuensi jika keadaan ini terus dibiarkan adalah

4. Grounding

Air yang terus menetes pada dinamo mesin sementara mesin panas karena bekerja semakin lama akan membuat lapisan isolasi pada kumparan terkelupas.

Jika isolasi kumparan terkelupas maka kawat email satu dengan lainyanya bisa bersinggungan dan terjadi konseting. Hal inilah yang menyebabkan ketika kita melakukan pengeringan sepeperti tersetrum saat memegang cucian atau bagian basah dari mesin cuci.

Dan jika semakin lama maka dinamo mesin akan rusak dalam artian lilitan kumparannya terbakar sehingga harus diganti dengan dinamo yang baru.

Penggantian dinamo yang baru tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menanggulangi itu maka ketika sudah terlihat seperti ciri diatas sebaiknya segera ganti seal pengeringnya.

Cara Mengganti Seal Mesin Cuci

Untuk penggantian seal pengering bisa dilakukan dengan membongkar bodi mesin cuci. Pertama lepaskan baut pada puli yang mengunci as tabung pengering.

Jika sudah kemudian bongkar bodi bagian atas untuk melepas tabung pengeringnya. Jika tidak melepas tabung pengeringnya tentu akan sulit melepas seal pengeringnya.

melepas tabung pengering mesin cuci

Jangan lupa lepaskan tali rem dan tali seal pembuangan juga agar tidak mengganggu saat melepaskan bodi bagian bawah.

Jika tabung sudah terlepas kemudian miringkan mesin cuci dan lepaskan semua baut disekeling body untuk melepas bodi bawahnya.

Jika bodi bawah sudah dilepas maka akan terlihat jelas seal pengeringnya.  anda tingga melepasnya menggunakan tang atau alat lainnya.

Namun sebelumnya putar pengencang seal ini searah jarum jam untuk melepasnya.  Jika sudah terlepas pengencangnya maka tekan salah satu sisi dari pengait seal.

melepas seal pengering mesin cuci 2 tabung

jika sebagian kalinya sudah terlepas maka tinggal dorong kedalam tabung maka seal ini akan terlepas.

Langkah selanjutnya siapkan seal yang baru, untuk membeli seal yang baru pastikan ukuran diameter lubang asnya sama pada tabung pengering.

karena jika ukuran terlalu kecil seal tidak bisa dipasang pada as tabung sedangkan jika terlalu besar maka akan longgar dan akan bocor.

Sebelum pemasangan berikan lem aibon pada karet seal bagian dalam yang akan menempel pada bodi agar lebih rapat.

pemberian lem pada seal pengering mesin cuci 2 tabung

Setelah selesai diberi lem maka pasang seal dari dalam tabung body pengering.  Akan lebih baik jika pemasangan dilakukan dua orang, jadi ada yang memegang seal dari dalam tabung.

Kemudian pasang pengunci atau pengencangnya, untuk mengencangkan putar berlawanan arah dengan jarum jam.

pemasangan seal pengering

Jika diputar dengan tangan sudah tidak kuat maka gunakan obeng dan palu dengan cara dipukul pada sisinya agar lebih kencang dan rapat.

Pemasangan seal yang baru sudah selesai maka langkah berikutnya pasang kembali semua komponen seperti semula.

Yang harus diperhatikan adalah saat pemasangan tabung pengering, gunakan bantuan tangan pada ujung as tabung pengering untuk menggiring masuk ke lubang seal untuk memastikan as melewati lubang seal dan masuk pada puli.

Kemudian satu orang menekan tabung kebawah dan memutarnya untuk menyesuaikan lubang pengunci antara as pada puli.

Apabila lubang pada as tabung sudah sesuai dengan puli maka satu orang lagi memasang kembali bautnya.

Untuk pemasangan baut body, sementara pasang pada sudut – sudutnya dulu saja karena selanjutnya kita akan melakukan pengetesan.

Pengetesan kembali Seal Mesin Cuci

Lakukan pengetesan kembali dengan menyalakan spin dan diberi air seperti pengetesan diatas dan kembali raba pada seal bawahnya apakah basah atau bocor.

Jika bersih atau kering maka pemasangan seal berhasil, kemudian pasang sisa baut dan cover bodinya, mesin cuci ini sedah selesai diperbaiki dan siiap digunakan kembali.

Itu tadi informasi mengenai seal pengering mesin cuci 2 tabung mulai dari fungsi, ciri – ciri kerusakan, Penyebab kerusakan dan bagaimana mengganti seal yang baru.

Semoga artikel ini bisa membantu untuk menangani mesin cuci Anda dirumah, terimakasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM