Harga Jasa Servis AC

Biaya Jasa Servis AC

Harga Jasa Servis AC-Bagi Anda pengguna AC, perawatan AC tentunya menjadi salah satu hal yang penting untuk menjaga kondisi air conditioner tetap bisa bekerja dengan baik dan awet sehingga mengurangi resiko terjadinya kerusakan pada AC.

Namun mungkin karena ketidaktahuan kita tentang cara merawat AC atau karena waktu yang padat sehingga tidak mau ribet dan lebih memilih untuk memaksimalkan waktu istirahat kita.

Untuk itu maka sebagian orang lebih memilih untuk menyerahkan urusan tersebut kepada jasa atau teknisi AC. Saat ini sudah banyak sekali jasa servis AC sehingga kita tidak akan kesulitan mencarinya.

Biaya Servis dan Perbaikan AC Rumah

Namun lebih baik jika Anda tidak tahu jasa servis AC yang bagus disekitar Anda maka bisa meminta informasi dari saudara atau rekan yang lebih tau.

Satu hal lagi yang harus Anda tau adalah tarif dari jasa yang akan dikerjakan agar kita tidak terjerat oleh oknum – oknum nakal dari jasa servis AC.

Maka untuk artikel kali ini kita akan membagikan tentang tarif jasa servis atau perbaikan AC yang bisa menjadi acuan Anda saat nanti melakukan servis AC

Daftar Harga servis AC

untuk melakukan servis maupun perbaikan pada AC, tarif yang dikeluarkan akan tergantung dari servis yang dilakukan. Servis cuci AC dengan perbaikan AC yang kurang dingin tentunya akan berbeda.

Dibawah ini kita Akan berikan informasi tarif normal untuk jenis servis AC.

Service Cuci AC

Biaya servis cuci AC dipengaruhi oleh besaran PK yang digunakan pada AC Anda. AC dengan kekuatan ½ sampai 1 PK biasanya dikenakan tarif sekitar Rp 65.000. dan untuk AC 1 ½ sampai 2 sekitar Rp 70.000.

Saran kami jika Anda hanya ingin cuci AC maka Anda langsung bilang saja ingin cuci AC, jangan memberi opsi untuk nanti minta dicek keadaan AC, karena ini akan menjadi celah untuk menmabah biaya servis lainnya.

Tambah Freon

Untuk servis tambah freon biayanya juga dilihat dari jenis freon yang digunakan. Selain itu penambahan freon/refrigerant juga dibedakan dari ukuran PK yang digunakan.

Untuk penambahan freon jenis R22 pada AC ½ sampai 1 PK biayanya sekitar Rp 150.000, sedangkan untuk jenis freon yang sama dengan ukuran pk 1 AC 1 ½ sampai 2 sekitar Rp. 200.000,-

Sedangkan untuk freon jenis lain seperti R32 dan R410 pada AC ukuan ½ sampai 1 PK harganya sekitar Rp 200.000. Dan pada jenis freon R32 dan R1410 ukuran Pk 1 ½ sampai 2 PK biayanya sekitar Rp. 250.000.

Isi Freon

Isi freon dilakukan ketika freon pada AC kosong atau dilakukan instalasi baru. AC ukuran 1/2 sanpai 1 pk dengan jenis freon R22 dikenakan biaya Rp. 250.000 dan untuk ukuran 1 ½ sampai 2 PK tarifnya sekitar Rp. 350.000.

Jika menggunakan freon R32 atau R410 dengan ukuran AC ½ sampai 1 PK biayanya sekitar Rp 350.000, sedangkan AC dengan ukuran 1 ½ sampai 2 PK biaya Rp 450.000.

Jasa Bongkar dan Pasang AC

Bongkar

Untuk membongkar instalasi AC yang sudah terpasang biasanya dikenakan biaya Rp. 100.000.

Pasang

Untuk biaya pasang AC saja dengan ukuran ½ sampai 1 pk biayanya sekitar Rp. 250 ribu, sedangkan pasang AC dengan ukuran 1 ½ sampai 2 pk biayanya sekitar Rp 325 ribu.

Bongkar pasang

Ini biasanya dilakukan ketika ingin mengganti unit yang baru. biaya juga dilihat dari PK AC tersebut. Ac ukuran ½ sampai 1 pk biayanya 350 ribu sedangkan AC dengan Pk 1 ½ sampai 2 PK biayanya 425 ribu.

Bobol Tembok

Untuk jasa bobol tembok biasanya dilakukan saat pemasangan AC baru. Dan untuk biaya per meternya sekitar Rp 50 ribu.

Untuk jasa pemasangan AC ini sudah termasuk dengan pengisian freon.

Ganti Kapasitor

Semakin tinggi ukuran Pk AC maka semakin besar juga mesin kompresor yang digunakan dan hal ini juga berbanding lurus dengan kapasitor yang otomatis mengikuti kompresornya.

Untuk mengganti kapasitor pada AC ½ sampai 1 pk maka biayanya sekitar Rp. 225 ribu sedangkan untuk Ac dengan ukuran 1 ½ sampai 2 PK maka biayanya sekitar Rp. 300 ribu. Dan biaya ini sudah termasuk komponen dan jasa teknisi AC.

Jasa Las

Pengelasan pada instalasi AC biasa dilakukan untuk penyambungan pipa yang mungkin letak outdoor dan indoornya agak jauh. Selain itu pengelasan dilakukan jika terjadi kebocoran pipa.

Untuk jasa penyambungan pipa setiap titik tarifnya sekitar 100 ribu sedangkan perbaikan kebocoran plus isi freon dikenakan biaya Rp. 500 ribu.

daftar biaya servis AC

Catatan

  • **Biaya pengecekan AC  Rp. 750 ribu tidak akan dikenakan jika menggunakan jasa lainnya.
  • Untuk servis AC pada apartemen, biasanya dikenakan biaya tambahan Rp. 20 ribu
  • Servis AC memiliki tarif minimum yaitu sebesar 70 ribu sampai 75 ribu, jadi apabila servis yang dilakukan dibawah tarif tersebut maka akan digunakan tarif minimum Rp. 75 ribu.
  • Servis/cuci AC secara rutin setiap 3 sampai 4 bulan sekali agar kualitas udara dari AC tetap bersih mampu bekerja maksimal dan awet tentunya.

Mungkin itu saja informasi mengenai daftar harga atau biaya servis dan pemasangan AC, semoga bisa menjadi referensi Anda ketika ingin memasang atau memperbaiki AC dan terima kasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM