6 Tips Mudah Optimalkan Kinerja WordPress

cara optimalkan kecepatan wordpress

6 Tips Mudah Optimalkan Kinerja WordPress – Sekarang, teknologi sudah semakin maju dan canggih. Hampir setiap orang kini telah mampu mengakses internet dengan sangat mudah.

Hal ini membuat semakin berkembangnya penggunaan website dan wordpress salah satunya untuk mengembangkan bisnis. Anda tentu ingin wordpress milik anda banyak dikunjungi para visitor.

Tips Optimalkan Kinerja WordPress

Berikut adalah Tips Mudah Optimalkan Kinerja WordPress sehingga pengunjung wordpress anda akan meningkat.

1. Hosting yang handal

Penggunaan Hosting yang handal merupakan salah satu faktor penting untuk menjalankan website berbasis wordpress anda secara maksimal.

Ada tiga jenis hosting untuk pengguna host wordpress, yaitu: dengan VPS dan dedicated server hosting, dipastikan anda akan dapat memperoleh hasil yang baik dan maksimal dari kinerja wordpress jika anda menghost wordpress milik anda dengan solusi VPS hosting.

Jangan mengharapkan kinerja WordPress yang optimal jika masih menggunakan hosting gratis karena hosting gratis memiliki banyak kekurangan. Contoh kekurangan hosting gratis yaitu disk space sedikit, server mudah down, dan lain sebagainya.

2. Install Plugin Caching WordPress

Caching juga merupakan salah satu faktor penting yang tidak bisa anda lupakan jika ingin wordpress anda dapat bekerja secara maksimal. Anda akan banyak menemukan plugin yang terdapat di internet.

Pilihlah plugin yang paling populer, seperti W3 Total cache, dan WP super chache. Kedua plugin ini akan menghasilkan site html statis setiap kali anda melakukan posting dan halaman. Tidak hanya itu, keduanya juga melayani file html tersebut dan bukan membuat basis data query setiap kalinya.

3. Kurangi waktu buka dengan optimasi gambar

Masalah yang sangat dibenci oleh visitor ketika mengunjungi webstie wordpress anda adalah masalah loading yang sangat lama. Jika itu benar terjadi maka wajar pengunjung wordpress milik anda akan sepi.

Bagaimana cara mengatasinya? Jika anda mengharuskan memosting gambar yang besar pada wordpress, cobalah untuk menggunakan perangkat lunak untuk mengedit gambar atau kompresor.

Perangkat tersebut bisa anda dapat secara gratis secara online. Atau anda juga dapat melakukan cara lain dengan menginstall plugin WP Smush.

Pulgin tersebut dapat berfungsi secara optimal untuk mengompress size gambar pada wordpress anda namun anda tidak perlu khawatir dengan kwalitas gambar, sebab gambar yang anda dapatkan kualitasnya akan tetap baik.

4. Kompres Javascrip dan file CSS

Selain Men-Tweak, anda juga dapat melakukan kompress Javascript dan file CSS untuk meningkatkan kecepatan waktu loading buka halaman.

Anda dapat melakukannya dengan cara menggunakan sebuah plugin WP Minify yang dapat membuat minified dan dikompresi versi Javascript ataupun file CSS yang anda gunakan untuk wordpress milik anda.

5. Optimalkan Database WordPress

Dengan anda melakukan optimalisasi Database WordPress milik anda maka hal itu akan dapat mempengaruhi kinerja situs WordPress anda secara keseluruhan.

Hal itu disebabkan karena WordPress adalah sebuah sistem manajemen kontent yang dinamis. Selain itu, sebagian besar dari kinerja WordPress anda terhubung dengan menyimpan, mendapatkan, menghapus, ataupun memperbaharui informasi yang ada pada database.

Salah satunya database MySQL yang dapat anda optimalkan dari baris perintah dengan cara melalui PhpMyAdmin atau juga anda dapat menggunakan plugin WP Optimize.

Wp Optimize juga dapat anda gunakan untuk menghapus revisi pos yang tidak penting dan tidak anda perlukan. Hapus spam komentan dan optimalkan tabel MySQL. Anda juga perlu untuk selalu mengupdate semua plugin wordpress jika ada versi yang baru.

6. Update ke Versi WordPress terbaru

Yang terakhir dan sangat penting yang tidak boleh anda sepelehkan adalah selalu mengupdate wordpress milik anda ke versi yang paling baru.

Selain itu, mengupgrade semua plugin serta menghapus plugin yang sudah tidak diperlukan lagi juga harus anda lakukan secara berkala.

Sebab hal ini dapat meningkatkan kinerja tidak lemot serta menjaga keamanan wordpress yang anda miliki.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.