Rekomendasi Mini Projector Yang Bagus Harga Murah

Rekomendasi Mini Projector Yang Bagus Harga Murah

Menonton film atau konten audio video lainnya akan terasa lebih puas jika dilakukan menggunakan layar yang luas. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih menonton film di bioskop untuk mendapatkan pengalaman jauh lebih menyenangkan daripada menonton lewat layar televisi, handphone atau laptop.

Memahami hal ini, para produsen alat elektronik mulai memproduksi proyektor rumahan yang bisa digunakan menonton konten video di layar lebar tanpa harus pergi ke bioskop. Proyektor rumahan tersebut terus berkembang menjadi semakin praktis dan muncullah mini proyektor.

Meski memiliki ukuran yang mungil, namun kualitas gambar yang diproyeksikan mini proyektor tak kalah dengan Overhead Projectors (OHP). Selain itu, beberapa proyektor mini juga menawarkan berbagai fitur menarik, seperti short focus, 4K, efek gambar 3D dan lain sebagainya.

Mini proyektor Terbaik

Tinggal dipilih saja mini proyektor yang memiliki fitur dan bisa dibeli dengan harga yang masuk ke buddgetmu. Nah untuk membantumu kami telah merangkum 10 rekomendasi mini proyektor terbaik yang bisa kamu beli saat ini.

1. Infocus IN128HDX

Mini Proyekor Infocus IN128HDX

Kita mulai dengan proyektor mini Infocus IN128HDX. Walau dijual dengan harga yang mahal, mulai dari harga Rp14 jutaan, namun kualitas dan fitur yang ditawarkan sebanding dengan harganya. Proyektor mini satu ini mampu menampilkan video beresolusi Full HD 1080p dengan spesifikasi 4.000 lumen serta rasio kontras 15.000:1.

Menariknya, perangkat berukuran mungil ini telah dilengkapi speaker 10W di dalamnya, sehingga memungkinkanmu untuk memutar video di mana saja. Selain itu, perangkat ini juga sudah mendukung konten 3D Blu-ray, dish services, cable boxes dan HDMI. Fitur lain yang diusung Infocus IN128HDX adalah lamp hours 5.000 jam pada mode Eco, untuk mode High 2.000 jam.

2. LG PA72G

Mini Proyektor LG PA72G

LG PA72G merupakan proyektor rumahan buatan LG yang hadir dengan resolusi lebih bagus dari pendahulunya, WXGA (1280 x 800 piksel). Rasio kontras dari proyektor seharga Rp 9,2 jutaan ini adalah 15.000:1, 700 lumen dan dilengkapi short focus dengan jarak 1,2 meter.

Proyektor ini diklaim memiliki masa lampu menyala hingga 30.000 jam dengan pemakaian empat jam per hari. Perangkat ini juga sudah dilengkapi speaker built-in 3W+3W Stereo dan cukup hemat daya karena hanya mengkonsumsi daya 130 watt. Fitur menarik lainnya adalah kemampuannya untuk menampilkan gambar 3D.

3. EPSON EB-S300

Mini Proyektor EPSON EB-S300

EPSON EB-S300 adalah mini proyektor terbaik selanjutnya, perangkat ini menawarkan fitur dan performa yang bagus. Salah satu fitur unggulan dari perangkat satu ini adalah memiliki tingkat kecerahan yang tinggi.

Proyektor yang dibandrol dengan harga Rp 4,4 jutaan ini dibekali teknologi 3 LCD yang mampu menghasilkan gambar dengan warna yang realistis. Colour light ouput perangkat ini adalah 3.000 lumens dan resolusi SVGA (800 x 600 piksel). Untuk masalah konektivitas, alat penampil gambar praktis ini memiliki port untuk HDMI, VGA Video dan USB Wireless.

4. Asus ZenBeam Go E1Z

Mini Proyekotor Asus ZenBeam Go E1Z

Asus ZenBeam Go E1Z adalah mini proyektor yang cukup populer untuk para pengguna smartphone yang ingin menonton konten video dari layar yang lebih besar. Menggunakan produk ini, kamu bisa dengan mudah memutar file film di rumah.

Perangkat keras yang dibandrol dengan harga sekitar Rp 4,7 jutaan ini sanggup memutarkan video dengan kualitas Full HD 1080p. Untuk menghasilkan gambar dengan ukuran 120 inci, kamu hanya butuh jarak 3,7 meter. Sementara itu, jarak minimum yang dihasilkan perangkat mungil ini hanya 50 cm dengan gambar ukuran 15 inci.

5. Cheerlux C6

Mini Proyektor Cheerlux C6

Cheerlux C6 dapat dijadikan pilihan mini proyektormu, perangkat satu ini hadir dengan nilai lumen 1.200 lumen, angka ini sudah cukup tinggi dibanding para kompetitor di kelasnya. Ukuran mini proyektor yang dibandrol Rp720 ribuan ini adalah 204,5 x 157 x 85 mm dengan bobot sekitar 1,6 kg.

Jika kamu senang menonton TV melalui proyektor, perangkat ini cocok untukmu karena sudah sudah dilengkapi dengan TV tuner dan speaker 2W. Proyektor yang mendukung resolusi 720p dan 1080p ini memiliki rentang kerja ideal dengan jarak 1,5 meter hingga 4 meter. Kamu juga bisa menghubungkan Cheerlux C6 dengan perangkat lain secara nirkabel alias tanpa kabel.

6. AUN Q2 Mini Projector

AUN Q2 Mini Projector

Terlihat dari campaign yang mereka buat untuk memasarkan produk ini, AUN Q2 Mini Projector adalah mini terbaik yang dirancang untuk menemani waktu menonton buah hatimu. Proyektor yang dibandrol dengan harga Rp 625 ribuan ini memiliki tingkat brightnes 700 lumens dan mendukung resolusi hingga 1080p.

Terdapat dua buah speaker 2W yang terletak di sisi kanan dan kiri. Untuk mencegah overheat, perangkat penampil video ini juga dilengkapi sistem pendingin. Untuk jarak proyeksinya, secara ideal mampu memproyeksikan gambar dari jarak 2 meter dengan ukuran 60 inci, sementara jarak minimalnya adalah 0,8 meter untuk ukuran 24 inci.

7. HiPlay VS314

Mini Proyektor HiPlay VS314

Proyektor mini terbaik lainnya adalah HiPlay VS314 yang merupakan perangkat yang bisa disebut paket lengkap. Proyektor mungil ini sudah dilengkapi berbagai fitur bermanfaat, termasuk TV tuner dan juga sudah mendukung Wi-Fi untuk mirroring.

Sementara itu, untuk spesifikasi proyektor ini adalah 1500 lumes untuk tingkat kecerahannya, 800 x 480 piksel untuk native resolution dan juga rasio kontras 2.000:1. Untuk jarak ideal perangkat ini bisa bekerja mulai dari 0,9 meter hingga 6 meter. Perangkat seharga Rp 890 ribuan ini mendukung pemutaran video hingga resolusi 1080p.

8. Proyektor Unic UC 46

Mini Proyektor Unic UC 46

Proyektor Unic UC 46 adalah pilihan tepat untuk proyektor mini terbaik yang ringkas dan bisa disambungkan tanpa kabel. Dengan teknologi DLNA Function yang ada di dalamnya membuat pengguna bisa langsung menghubungkan perangkat dengan smartphone atau laptop tanpa menggunakan kabel HDMI atau kabel tambahan lainnya.

Untuk spesifikasinya sendiri, perangkat ini memiliki tingkat kecerahan 1.200 lumens dengan rasio kontras 800:1 dan native resolution 800 x 480 piksel. Namun untuk pemutaran video, perangkat ini bisa mendukung resolusi hingga Full HD 1080p. Untuk masa menyala lampunya, proyektor yang dibandrol dengan harga Rp 825 ribuan ini diklaim mampu bertahan hingga 20.000 jam pemakaian.

9. GLITZ LZH30

Mini Proyektor GLITZ LZH30

Glitz LZH30 juga bisa jadi pilihan untuk proyektor mini terbaik. Perangkat dengan tingkat kecerahan 48 lumens ini memiliki output beragam, mulai dari VGA, HDMI, USB, AV hingga SD Card. Alat penampil ini juga bisa dioperasikan menggunakan remote control.

Fitur lainnya adalah speaker stereo yang membuatmu bisa memutar konten video tanpa membutuhkan tambahan perangkat audio lainnya, walaupun mungkin kualitas suaranya tidak terlalu bagus. Nah jika kamu berminat memiliki perangkat ini, kamu bisa membelinya dengan harga kisaran Rp485 ribuan.

10. YG-300

Mini Proyektor YG-300

Terakhir ada YG-300, sebuah proyektor rumahan yang  memiliki bobot cukup ringan, hanya sekitar 240 gram. Perangkat yang tampil dengan paduan warna putih dan kuning ini juga memiliki dimensi ukurannya yang ringkas, yaitu 126.4 x 85.8 x 47.7 mm.

Penggunaan perangkat ini sangat mudah dengan menggunakan remote control. Selain itu, proyektor ini bisa dinyalakan hanya menggunakan daya 5V/2A, sehingga tak perlu repot-repot mencari sumber listrik, kamu bisa menyalakannya hanya dengan power bank. Risiko overheat juga diminimalisir berkat adanya sistem pendinginan berupa kipas axial hydraulic.

Namun dengan saya serendah itu, kita tidak bisa mengharapkan kualitas gambar yang terlalu tinggi. Native Resolusi proyektor ini adalah 320 x 240 pixels dan tingkat kecerahan hanya 50 lumen. Nah namun pengguna diuntungkan dari segi harga yang memang cukup murah sekitar Rp650 ribuan.

Demikianlah rekomendasi 10 mini proyektor terbaik yang bisa digunakan saat ini. Tentu saja setiap perangkat di daftar  ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget saja ketika hendak membeli.