Pengertian GPU, Fungsi GPU dan Jenis GPU pada HP

Jika kamu cukup hobi mencari tahu urusan spesifikasi smartphone, kamu pasti mengetahui tentang adanya komponen yang bernama GPU. Nah berbeda dengan PC yang CPU dan GPU merupakan dua hardware yang berbeda, di industri mobile keduanya menjadi satu paket sebagai chipset.

Oleh karena itu, mungkin jarang yang menjelaskan tentang GPU HP secara lengkap, tentang pengertian, fungsi dan jenis-jenisnya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan coba menjelaskan GPU yang ada di smartphone lewat tulisan ini. Jika kamu tertarik, silakan disimak hingga tuntas penjelasan kami berikut ini.

Pengertian GPU

GPU adalah sebuah CPU tambahan atau sering disebut juga co-processor yang berperan melakukan pekerjaan yang membutuhkan banyak perhitungan dalam satu waktu, terutama pengolahan grafis. Istilah Graphic Processing Unit yang disingkat GPU pertama dipelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999 ketika mereka meluncurkan “GeForce 256” yang menjadi GPU pertama di dunia.

Desain CPU dan GPU dirancang dengan berbeda, walaupun sama-sama prosessor, GPU lebih cocok untuk peran mengolah gambar. CPU hanya memiliki beberapa core, sekarang biasanya jumlah core processor berkisar 2-8 sedangkan jumlah core GPU ribuan. Sehingga ketika GPU mengolah gambar maka dia akan melakukan komputasi untuk setiap pixel yang muncul di layar.

GPU akan menghasilkan ribuan komputasi dalam sekali hitung. sedangkan kika perhitungan grafis dilakukan CPU, misalnya oleh CPU quadcore maka hanya akan ada 4 core yang akan mengeluarkan 4 pixel dalam sekali hitung. Walaupun mungkin kemampuan hitung GPU tidak sekuat CPU, namun di sisi jumlah, GPU menang. Sedangkan untuk urusan grafis, jumlah adalah variabel yang lebih penting.

Analoginya adalah ketika kamu ingin mengecat lapangan basket dalam waktu 10 menit saja. Mana yang akan kamu pilih, menyewa 4 orang dengan kemampuan mengecat paling cepat atau 100 orang dengan kemampuan cat yang biasa saja?

Fungsi GPU

Seperti sudah dijelaskan di atas, fungsi utama GPU adalah meringankan beban CPU, terutama ketika HP harus menjalankan aplikasi yang menuntut pemrosesan grafis yang intensif seperti saat digunakan memainkan game resolusi tinggi atau aplikasi grafis 3D.

GPU pun akan bertanggung jawab dalam memproduksi grafik, tekstur dan warna dalam game. Sehinigga sumber daya yang ada di CPU bisa fokus digunakan dalam urusan kalkulasi mekanisme game.

Secara arsitektur, GPU tidak jauh berbeda dari CPU, namun konstruksinya memang didesain jauh lebih optimal untuk penghitungan informasi grafis. Oleh karena itu, GPU akan kurang efektif dan lambat jika digunakan untuk melakukan tugas selain grafis.

Smartphone canggih saat ini sangat membutuhkan fungsi GPU. Karena game seluler yang ada di HP begitu menuntut kinerja GPU yang baik. Seperti yang kita bahas di atas, GPU memiliki banyak core pemrosesan yang berjalan pada kecepatan rendah.

Core GPU dibagi tugasnya untuk melakukan dua jenis fungsi berbeda, yaitu pemrosesan puncak dan piksel. Pemrosesan puncak pada dasarnya terkait dengan sistem koordinat. GPU akan menangani kalkulasi geometris untuk menghasilkan ruang dimensional pada layar smartphone.

Pemrosesan puncak yang dilakukan GPU saat HP digunakan untuk menjalankan game akan menentukan kedalaman dan data spasial serta kemungkinan rotasi dalam ruang tiga dimensi. Di mana hal tersebut sangat berpengaruh pada pengalaman pengguna saat bermain game.

Sementara itu Pemrosesan Piksel adalah fungsi GPU untuk memproduksi piksel-piksel yang tertampil di layar. Sederhananya core-core GPU yang melakukan bagian pemrosesan piksel ini mengurusi apa yang biasa kita katakan sebagai grafik. Fungsi ini sangat kompleks, sehingga lebih banyak sumber daya core yang dibutuhkan daripada pemrosesan puncak.

Pemrosesan piksel melakukan render berbagai lapisan kemudian menerapkan efek yang dibutuhkan. Sehingga terbentuklah tekstur kompleks yang membuat grafik terlihat realistis. Hasilnya akan dikirim ke layar ponsel untuk ditampilkan.

Macam Jenis GPU HP

Ada berbagai macam GPU yang dikeluarkan dari berbagai produsen, kami akan menjelaskan beberapa jenis GPU HP yang populer digunakan saat ini:

1. GPU Adreno

GPU Adreno awalnya diproduksi oleh anak perusahaan AMD, yaitu ATI. Dulu disebut dengan seri ATI Imageon, namun pada tahun 2008,  AMD Imageon ini dijual kepada salah satu produsen processor yang namanya sudah sangat kita kenal, Qualcomm. Di bawah tangan Qualcomm, GPU ini berubah namanya menjadi Adreno, yang merupakan anagram dari Radeon (Produk dari ATI).

2. Apple GPU

Apple memang dikenal sebagai perusahaan yang eksklusif dalam setiap produk yang dikeluarkan. Mereka menggunakan onderdil yang didesain sendiri dan tidak akan ditemui di kebanyakan produk lain di pasaran. Termasuk di urusan GPU.

Pada 2015, mereka mulai memproduksi chipset (termasuk GPU di dalamnya) mereka sendiri yang berbasis arsitektur ARM. Walau menggunakan arsitektur miliki orang, mereka mendapat lisensi untuk memodifikasinya, sehingga lahirlah Package on Package (PoP) yang merupakan System on Chip (SoC) alias Chipset milik Apple.

3. GPU PowerVR

Salah satu pemain lama di pasar GPU adalah PowerVR yang sejak dulu sudah menjadi kompetitor ATI dan AMD. Namun daya siangnya mulai runtuh seiring perkembangan ATI dan AMD, apalagi ketika ATI di akuisisi oleh AMD.

 Akhirnya PowerVR lebih memfokuskan produknya untuk sektor mobile processing dan keputusan mereka rupanya tepat. Sekarang kamu bisa lihat produk PowerVR di berbagai gadget keluaran Apple seperti iPod dan iPhone.

4. GPU ARM-Mali

GPU Mali merupakan arsitektur buatan ARM, di mana kebanyakan smartphone saat ini menggunakan seri ARM. Seri GPU Mali ini tak hanya ditemukan di smartphone, pemakaiannya juga digunakan pada perangkat lain, seperti HDTV, Console Games dan lain sebagainya. Sakin mendominasi, pada pada tahun 2005 diperkirakan sekitar 95% smartphone di dunia menggunakan ARM.

Demikianlah penjelasan kami tentang apa itu GPU dan informasi lainnya terkait co-processor tersebut. Intinya GPU adalah komponen yang membantu CPU dalam melaksanakan tugasnya dalam pemrosesan, terutama di bagian grafis.