Pengertian Komputer Server dan Fungsi Komputer Server

Mengenal Komputer Server: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Pengertian Komputer Server, Cara Kerja dan Fungsi Komputer ServerKomputer server menjadi komponen yang paling penting dalam dunia teknologi. Sehingga, kamu perlu tahu pengertian dan fungsi komputer server.

Pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata server, begitu akrab ditelinga dalam proses mengakses sebuah website dalam internet. Tanpa server, internet pun juga tidak akan ada di dunia ini.

Jantung utama dari sebuah jaringan komputer, server memang patut menjadi salah satu komponen utamanya. Baik lokal maupun secara online, pasti tak lengkap tanpa adanya perangkat induk ini.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu lebih banyak tentang komputer server. Dimulai dari perkenalan hingga kamu bakal tahu jenis, manfaat, komponen pendukungnya serta gambaran cara kerja dari sebuah server ini.

Mengenal Komputer Server, Apa Itu?

Kata server merupakan istilah asing yang diartikan sebagai peladen. Maksudnya adalah sebuah sistem komputer yang dapat memberikan pelayanan khusus, yakni berupa penyimpanan data.

Layaknya sebuah brankas, data yang disimpan berupa informasi dan berbagai macam jenis dokumen yang sangat penting dan kompleks.

Adapun yang menjadi penerima layanan tersebut adalah sebuah komputer client. Dimana berfungsi sebagai perantara pemberi informasi kepada pengguna yang bersumber dari server.

Secara fisik, wujud dari komputer server berupa jaringan komputer yang memiliki kapasitas sangat besar. Tidak hanya itu saja, komputer ini juga dilengkapi dengan prosesor dan RAM yang memiliki ukuran dan kapasitas yang besar pula.

Selain itu, komputer server juga memiliki peran yang sangat penting untuk mengelola segala macam bentuk aktivitas dalam jaringan. Hal ini berguna untuk membantu proses pekerjaan dalam sebuah perusaahan ataupun instansi.

Macam Jenis Komputer Server

Adapun komputer server memiliki banyak sekali jenis-jenisnya. Hal ini tergantung dari fungsi dan cara kerja yang dibutuhkan.

a. Application server

Komputer ini digunakan untuk melakukan penyimpanan file ataupun data yang berfungsi untuk melayani pengguna yang menggunakan aplikasi berbasis web.

Adapun prosesnya, ini bisa ditemukan pada proyek sistem informasi dan pengembangan website berbasis pendidikan, kesehatan, lembaga instansi pemerintahan tertentu dan lain sebagainya.

b. Web Server

Jenis dari komputer ini berfungsi untuk menunjukkan dan menjalankan aplikasi yang ada pada web browser.

Aplikasi tersebut berupa HTTP dan HTTPS yang diminta oleh user. Sehingga aplikasi yang diberikan oleh web server berupa dokumen HTML dan CSS.

Dengan bantuan web browser maka akan ditampilkan aplikasiberbentuk laman-laman web yang berisi teks, video, gambar yang menarik dan mudah untuk dibaca oleh penggunanya.

Beberapa contoh web browser yang sering kamu gunakan adalah Mozilla Firefox dan Google Chrome.

c. Mail Server

Jenis server ini digunakan untuk memberikan fasilitas pengiriman dan penerimaan email berupa teks, gambar dan lainnya melalui protokol mail.

Sedangkan protokol mail terdiri dari POP3 (Post Office Protocol 3rd version) dan IMAP (Internet Message Access Protocol).

Protokol POP3 ini menyimpan pesan yang dikirim ataupun yang diterima pada Local Hard Drive yang terdapat pada PC. Sedangkan IMAP menyimpan salinan pesan dari Mail server.

d. FTP Server

Jenis yang terakhir merupakan komputer yang berguna untuk mengatur jalannya transfer file atau dokumen. Prosesnya melalui protokol yang bernama file transfer protocol.

Adapun pengiriman tersebut menggunakan kode ASCII yang berbahaya karena tidak terenkripsi. Sehingga terdapat jenis yang sama yakni SFTP yang dapat memberikan perlindungan data saat ditransfer.

Fungsi dan Manfaat Komputer Server

Berdasarkan jenis-jenisnya, maka dapat dirangkum fungsi-fungsi komputer server.

  • Menyimpan database yang penting yang sewaktu-waktu dapat digunakan oleh banyak client
  • Memberikan permintaan file kepada komputer client untuk dapat digunakan
  • Mengatur jalannya transfer data yang diminta oleh komputer client
  • Sebagai pengaturan akses data atau file yang ada pada sebuah jaringan
  • Menjadi pengaman untuk komputer client dari malware dengan antinya yakni firewall

Selanjutnya dengan berbagai macam fungsi yang telah disebutkan di atas, maka manfaat dari adanya komputer server bisa dibaca penjelasannya berikut.

  • Menjaga dan menyimpan data agar terjamin keamanannya sehingga dapat diakses dan mudah dimonitoring setiap saat
  • Dapat menghemat pengeluaran untuk dapat menyimpan data, karena komputer server memiliki kapasitas penyimpan yang besar
  • Mengelola berbagai jenis dokumen atau data yang tersimpan supaya teratur dan penanganannya lebih cepat
  • Memaksimalkan kolaborasi antar anggota dalam tim atau komunitas terutama dalam bidang bisnis IT agar produktivitas lebih meningkat.

Perangkat Pendukung dari Komputer Server yang Ideal

Jika kamu ingin membuat sebuah komputer server, maka kamu perlu memerlukan perangkat pendukungnya.

a. Prosesor

Perangkat yang sangat penting dan berguna sebagai pengendali komputer. Jenis prosesor terdiri dari Intel dan AMD (Advanced Micro Device).

Intel memiliki kelebihan yang lebih cepat membaca data daripada AMD. Adapun Intel yang diunggulkan adalah jenis Core i9 dan Xeon.

b. RAM (Random Access Memory)

Adapun perangkat ini sangat berguna untuk pemrosesan aplikasi maupun sistem. Alokasinya cukup 512 MB.

Jika mengembangkan web browser maka direkomendasikan mencapai 2GB. Adapun digunakan untuk jaringan lokal maka harus memilikikapasitas 8GB.

c. Penyimpan (Storage)

Terdiri dari HDD (Hard Disk Drive) dan SDD (Solid Data Drive). Akan tetapi, SDD memiliki kecepatan dalam penyimpanan yang jauh lebih baik daripada HDD.

Penyimpan ini digunakan jika RAM tidak mumpuni pada jaringan komputer lokal yang lebih besar. Butuh penyimpan yang lebih besar untuk dapat menyimpan data yang lebih banyak.

Cara Kerja Komputer Server

Secara umum, komputer server berfungsi untuk melayani permintaan client. Contoh sederhananya, pada web server client mengetikkan suatu alamat di browser.

Lalu akan diproses oleh browser untuk diperintahkan ke web server agar memberikan informasi kepada client sehingga dapat ditampilkan dengan bentuk yang menarik pada browser.

Akhir Kata

Sekilas penjelasan kami Klinik Tekno soal komputer server yang bisa kamu manfaatkan. Semoga artikel ini membantu kamu dalam memahami pengertian komputer server dan fungsi komputer server. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.