Cara Cek Kesehatan dan Kinerja Laptop Yang Benar

Cara Cek Kesehatan dan Kinerja Laptop Yang Benar

Cara Cek Kesehatan Laptop dan Perawatannya – Pada saat ini penggunaan laptop dirasa lebih banyak dibandingkan dengan PC. salah satu faktor utamanya adalah bentuknya yang compact sehingga mudah dibawa kemana – mana dibandingkan hardware pc .

Untuk penggunaan secara umum Laptop memiliki spesifikasi kemampuan yang hampir sama dengan PC tergantung dari kebutuhan penggunaannya.

Dengan bentuknya yang compact Laptop bisa digunakan untuk banyak kebutuhan seperti sarana belajar untuk siswa, maupun bisnis dan hiburan contohnya setting audio car, panggung, presentasi dan lainnya.

Namun kembali lagi ke fitrahnya, sebuah alat jika digunakan secara terus menerus tentunya akan mengalami penurunan performa. Tapi perangkat yang dalam hal ini laptop bisa awet dan tahan lama tergantung bagaimana perawatan kita.

Cara Cek Kesehatan Laptop dan Perawatannya

Salah satu cara untuk melakukan perawatan adalah mengecek kesehatan dari Laptop kita. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui Kesehatan laptop, dan akan kita bahas satu persatu dibawah ini.

Cek spesifikasi Laptop

Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui secara detail dari spesifikasi Laptop yang kita gunakan. Apalagi untuk Orang yang sedang mencari Laptop bekas, tentunya sangat penting untuk mengecek spesifikasi dan kondisi Laptop sebelum mebelinya. Untuk itu Anda bisa melakukan beberapa cara.

  • Dengan Windows bawaan

Ketik Run pada pencarian Windows kemudian Enter. atau lebih cepat klik tombol Windows + R maka akan muncul kolom Run.

ketik dxdiag pada kolom Run maka akan muncul spesifikasi umum Laptop. Atau ketik msinfo32 untuk informasi yang lebih detail.

runPada Laptop Windows 10 Anda bisa pilih tombol Windows + Pause Break maka akan muncul spesifikasi device Laptop.

Selanjutnya klik see details in windows securty -> Device perfomace and healty maka disitu akan menampikan kondisi windows, kesehatan baterai laptop, dan kapasitas penyimpanan .

  • Dengan Sofware tambahan

Bagi penggguna android tentunya sudah sering atau bahkan sudah menggunakan aplikasi CPU-Z aplikasi ini digunakan untuk melihat spesifikasi lengkap dari smartphone android. Namun ternyata ada versi windows juga yang bisa digunakan untuk laptop Anda.

aplikasi cpu - z windowsUntuk langsung mendownload CPU-Z silahkan klik download.

Tes hardisk

Untuk mengetahui kesehatan hardisk internal, Anda memerlukan software tambahan. beberapa aplikasinya adalah sebagai berikut.

  • Aplikasi HD Sentinel

HD sentinelAnda bisa mendownload aplikasi ini secara gratis. Didalamnya Anda akan bisa mengetahui suhu hardisk, cek performa, kesehatan, kapasitas, dan juga power on time hardisk. Link download klik d0wnload.

  • Aplikasi HD Tune

Apk HD TuneSalah satu cara cek hardisk laptop secara detail  adalah menggunakan HDTune. Pada aplikasi ini terdapat banyak fitur untuk melakukan test satu persatu secara lebih detail. walaupun mungkin memakan waktu lebih lama, namun hasilnya menjadi lebih akurat. Untuk langsung mengunduh klik download.

Tes Keyboard

Mengingat keyboard sangat penting dalam pengoperasian Laptop tentunya part ini juga harus diperhatikan karena jika Anda membeli laptop tanpa pengecekan, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan biaya lagi untuk perbaikan.

keyboardtestUntuk mengecek tombol – tombol pada keyboard normal atau ada yang mengalami kerusakan, Anda bisa mendownload aplikasi KeyboardTest.

Aplikasi ini hanya memerlukan memory yang kecil dan download instalnya dan penggunaanpun sangat mudah. Anda bisa mendownload aplikasinya klik download.

Tes Monitor

Layar monitor maupun LCD tak kalah pentingnya dalam penggunaan Laptop karena jika mengalami kerusakan biayanya akan cukup mahal. Untuk melakukan pengecekan bisa menggunakan aplikasi bernama MonitorTest yang bisa Anda download dan instal dengan mudah. Untuk linknya Anda bisa download disini. klik Download.

Perawatan

Untuk penggunaanya biasakan Laptop digunakan ditempat yang udaranya baik atau tidak berdebu. karena debu dan kotoran yang masuk menumpuk cooler akan mengurangi sirkulasi udara yang berakibat hardisk cepat panas , kinerja Laptop akan terganggu dan hardisk rawan rusak.

Jika dirasa perlu ada cara meringankan laptop. Buka mesin Laptop dan bersihkan cooler dan filter udara kemudian ganti pasta pada prosesor agar kinerja kembali stabil.

Jangan menempatkan Laptop diatas selimut atau kasur saat digunakan dalam waktu lama. hal ini akan mengakibatkan sirkulasi udara terganggu dan udara panas tidak bisa keluar sehingga Laptop cepat panas dan rawan mengalami kerusakan.

Untuk membersihkan keyboard gunakan mini vacuum atau kuas cat kecil. karena biasanya terdapat banyak debu. Agar mengurangi kotoran yang masuk Anda bisa membeli pelindung keyboard Laptop.

Selain mengurangi debu kotoran pelindung ini juga bisa mengantisipasi cairan yang masuk . Karena kadang kita suka ceroboh menumpahkan minuman kita.

Jika ingin mematikan Laptop biasakan keluar dari semua aplikasi yang dijalankan kemudian matikan laptop dengan Shutdown.

karena jika kita langsung menekan tombol power saat mematikan laptop kinerja hardisk akan bertambah berat. Ada banyak faktor menyebabkan laptop mengalami kerusakan. Salah satunya adalah perawatan yang buruk.

Semoga setelah membaca artikel ini bisa membantu Anda dalam merawat maupun saat mencari laptop bekas dalam kondisi yang prima.