Kode Error Pada Mesin Cuci Samsung dan Solusinya

Cara Mengatasi Kode Error Mesin Cuci Samsung

Kode Error Pada Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya – Pada saat ini sebagian pengguna mesin cuci lebih memilih menggunakan mesin cuci otomatis.

Penggunaan mesin cuci otomatis memiliki kelebihan dalam pengoperasiannya bisa melakukan cuci bilas kering dalam satu perintah sehingga kita bisa melakukan kegiatan lain selagi mesin cuci bekerja sampai proses mengering.

Ada 2 tipe mesin cuci Otomatis yaitu jenis bukaan atas (top loading) dan bukaan depan (fron loading). Untuk sebagian merk jenis frond loading sudah dibekali juga pemanas sehingga pakaian yang selesai dicuci akan benar – benar kering.

Pada menu mesin cuci otomatis terdapat juga banyak mode pengaturan yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan Anda untuk jenis kain, volume air, cuci bilas atau hanya mengeringkan saja dan waktu juga bisa kita atur.

Salah satu merk ternama yaitu Samsung membuat mesin cuci top loading Samsung dan mesin cuci front loading samsung yang memiliki body dari metal yang kokoh dan kualitas mesin yang bagus.

mesin cuci samsung front loading

Namun seiring lama pemakaian atau penggunaan yang tidak benar kadang terjadi kendala dimana mesin tidak beroperasi secara normal.

Jenis mesin cuci front loading memiliki sistem elektronik yang lebih canggih sehingga ketika terjadi error kita akan melihat kode di monitor modul dari mesin cuci ini.

Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya

Kali ini Kami akan memberikan informasi penjelasan kode error mesin cuci top loading Samsung maupun fornt loading  beserta saran yang harus Anda lakukan.

Kode 1E

Ini adalah Kode error untuk sensor water level. Sensor water level ini berfungsi untuk mengatur level volume air dan terjadi error maka jika tidak ditindak lanjuti air akan terus mengisi tabung mesin cuci.

Untuk mengatasi Kode error 1E pada mesin cuci Samsung ini adalah dengan cara Anda bisa melakukan pengecekan Water level sensor yang berada disamping tabung.

Kode 4C

Kode error 4C ini muncul disebabkan oleh tidak ada air yang masuk ketabung mesin cuci. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal.

Untuk mengatasi Kode error 4C pada mesin cuci Samsung ini adalah dengan mengek sumber air, bisa jadi Anda lupa membuka kran air, kemudian cek tekanan air apakah cukup kuat untuk diterima sensor mesin cuci.

Cek juga apakah terjadi sumbatan pada filter air menuju inlet.

Kode 4C2

Kode 4C2 ini muncul sebagai perlindungan terhadap pakaian apablia air yang masuk memiliki suhu yang panas dan dikhawatirkan bisa merusak bahan pakaian Anda.

Kode 4E

Jika muncul kode “4E” pada monitor mesin cuci, ini artinya adalah Water Supply Error atau ada masalah pada suplai air ke dalam mesin cuci.

Pertama Anda bisa melakukan pengecekan pada kran sumber air, kemungkinan kita lupa membuka keran air atau memang tekanannya terlalu kecil.

Jika tidak ada masalah silahkan cek filter air dimesin cuci menuju inlet jika masih muncul kode kemungkinan inlet Anda yang bermasalah.

Inlet yang bermasalah tidak dapat membaca air yang masuk sehingga mesin cuci tidak bisa beroperasi meskipun air level volume air sudah memenuhi tabung. Jika ini terjadi jalan satu – satunya harus dilakukan penggatian.

Kode 5C

Kode error 5C ini disebakan air tidak mengering atau tidak terbuang sempurna.

Untuk mengatasi Kode error 5C  pada mesin cuci Samsung ini adalah dengan cara melakukan pengecekan pada sistem pembuangan.

Lakukan pengecekan posisi pada selang pembuangan dan bersihkan jika ada kotoran yang menyumbat.

Kode 5D

Kode error mesin cuci samsung 5D disebabkan kendala pada pompa pembuangan yang tidak bekerja. Silahkan melakukan pengecekan pompa motor pembuangan apakah ada kabel yang lepas.

Lakukan pengecekan juga pada saluran pembuangan menuju motor pompa apakah ada benda yang tersangkut pada pompa tersebut.saluran pembuangan tersendat.

Pastikan apakah koneksi kabel motor drain/pengering sudah benar, dan periksa kabel apakah  ada kabel yang terputus.

Cek air yang Anda gunakan, suhu air yang terlalu panas kadang juga mempengaruhi kinerja pompa. Dan pastikan juga kabel pada dinamo pengering terpasang dengan benar.

Kode 5E

Kode error 5E ini memiliki arti Drain Error atau error saat melakukan proses mencuci bilas. Biasanya ini terjadi karena ada penyumbatan sehingga air tidak bisa keluar dengan sempurna.

Silahkan melakukan pengecekan pada selang, cek filter pembuangannya dan bersihkan jika terdapat banyak kotoran.

Kode DC

Kode error DC mesin cuci samsung ini akan muncul ketika Anda melakukan pengoperasian dalam mode spin atau pengering namun pintu masih dalam keadaan terbuka.

Jadi biasakan menekan tombol stop terlebih dahulu kemudian cek apakah ada pakaian yang terjepit pada pintu, masukan pakaian secara benar dan tutup rapat pintu kemudian mulai kembali mesin cuci Anda.

Kode DE

Kode DE peringatan ini akan muncul apabila ada masalah pada pintu mesin cuci. coba buka dan tutp kembali pintu dengan rapat, apabila masih muncul kode ini maka lakukan pengecekan pada switch pintu.

Siapkan avometer untuk melakukan pengecekan pada switch atau saklar pintu jika tidak ada arus bisa jadi kabel putus.

Kode LC / LC1

Ketika muncul kode ini secara otomatis mesin cuci akan menguras air selama 3 menit, dan ketika proses ini berjalan tombol power sementara tidak akan berfungsi.

Kode error ini bisa diakibatkan dari selang pembuangan. Pastikan selang pembuangan berada pada tempat yang lebih rendah dan tidak terjadi penyumbatan

Kode LE / LE1

Kode Water Leakage Error memiliki beberapa kemungkinan. Kode ini muncul bisa dikarenakan oleh pemberian deterjen yang terlalu banyak, selang yang terlepaas, atau penutup filter di pompa pembuangan yang lepas.

Kode OE / OF

Kode OE Overflow Error yang muncul kemungkinan terjadi dimana alat sensor water level tidak bekerja, hal ini yang menyebabkan air yang masuk terus mengalir.

Selain itu hal ini juga bisa terjadi karena pembuangan yang tidak lancar.

Kode HC

Kode HC atau Heater Control kesalahan pada kontrol pemanasan. Anda bisa melakukan pembersihan pada tempat filter kondensor.

Kode SUD

Kode SUD (Foaming Detected) adalah tanda bahwa busa sabun terlalu banyak. Jika kode ini muncul kita cukup membiarkan mesin cuci tetap bekerja karena setelah pembilasan pertama busa akan hilang dengans sendirinya.

Kode UC

UC adalah kode Power Error yang akan muncul ketika tegangan tidak stabil.

Jadi ketika tegangan tidak stabil maka mesin cuci akan melakukan protek atau pause untuk melindungi mesin dari kerusakan dan memunculkan kode “UC”.

Jika tegangan listrik kembali stabil maka mesin cuci akan kembali beroperasi.

Kode UB

Kode error ini muncul disebabkan oleh pengering yang tidak berfungsi. Langkah yang harus dilakukan adalah uraikan dan tata kembali cucian Anda. perhatikan juga letak mesin cuci, letakkan pada permukaan yang datar.

Kode UE

Kode UE Unbalance Error ini muncul disebabkan oleh masalah keseimbangan. Langkah yang harus dilakukan adalah tekan tombol stop, kemudian cek pada kaki – kaki mesin cuci pastikan dalam kondisi rata.

Kemudian buka tutup mesin cuci dan cek apakah cucian menggumpal, jika ini terjadi uraikan tutup mesin cuci dan mulai operasikan kembali.

Dan berikut daftar kumpulan kode error mesin cuci Samsung terbaru lainnya yang kami kutip dari jendelatv.com dan belum kami sebutkan diatas.

Kode ErrorPenyebabSolusi
E7Sensor ketinggian air bermasalahPeriksa apakah selang menuju sensor ketinggian air (water level sensor) tidak lepas, tersumbat atau bocor. Jika tidak ditemukan masalah pada selang, kemungkinan sensor ketinggian air yang bermasalah.
3E, 3E1, 3E2, 3E3, 3E4, EA, EBMotor bermasalahKode error ini muncul bisa disebabkan karena sirkuit short, kerusakan pada PCB atau konektor motor longgar.
3E1Motor OverloadPastikan cucian tidak melebihi batas maksimal. Masalah ini juga bisa disebabkan karena kerusakan pada PCB atau terminal sensor tidak terhubung.
3E2Malfungsi pada sistem motorMalfungsi pada motor/dinamo bisa disebabkan karena relay sudah tidak stabil dan lemah.
E1Kesalahan pada sistem suplai airPastikan keran air dihidupkan dan tekanan air harus memadai, tidak boleh terlalu kecil. Periksa juga setiap selang, pastikan tidak ada yang terlipat/tertekuk, periksa filter inlet diujung katup karet (pembuangan air), periksa juga selang dari tabung mesin cuci ke sensor.
4E1, 4EDMasalah pada temperatur airPastikan selang waster terhubung ke pasokan pendingin (cold supply) dan tidak boleh tersambung ke pasokan pemanas (hot supply).
4E2Kesalahan pada temperatur airSuhu air yang dipakai untuk mencuci terlalu panas.
E2Kesalahan pada sistem pembuangan airPeriksa filter pembuangan, pastikan tidak ada kotoran, logam atau benda apapun yang menyumbat filter, periksa juga selang pembuangan, pastikan posisinya tidak terlalu tinggi.
6EPemanas air tidak berfungsiPeriksa resistansi pemanas (water heater). Resistansinya harus sekitar 27Ω.
8EArus berlebihCoba untuk mencabut kabel mesin cuci selama kurang lebih 30 detik, kemudian hidupkan lagi. Jika mesin cuci Samsung Anda dilengkapi inverter, periksa secara berurutan dan pastikan tidak ada open circuit.
8E1Sensor MEMS (Micro Electro Mechanical Systems) ErrorPeriksa semua koneksi ke sensor MEMS yang biasanya ada diatas tabung mesin cuci. Tetapi disarankan untuk mengganti sensor MEMS tersebut.
9E1, 9E2, PH1, PloKerusakan pada bagian powerPeriksa tegangan masuk, periksa sekring, konektor dan filter kebisingan (noise filter).
AE, 13EPCB utama atau Sub PCB bermasalahUntuk mengatasi kode error mesin cuci Samsung ini, Anda bisa memeriksa semua konektor pada PCB utama dan sub PCB.
bETRIAC shortTRIAC termasuk golongan pengendali atau switching, untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan mesin cuci beberapa detik, kemudian hidupkan lagi. Jika kode error ini masih muncul, disarankan untuk mengganti PCB.
bE1, 12EBagian tombol power bermasalahTekan dan tahan tombol power kurang lebih 15 detik.
bE2, 14EMasalah pada tombol kontrol mesin cuciTekan dan tahan pada salah satu tombol yang ada (selain tombol power) selama kurang lebih 30 detik.
bE3, 18EKerusakan pada SwitchPeriksa relay, kemungkinan relay bermasalah.
CE, E8Kesalahan pada saat proses pendinginan airPeriksa apakah pasokan air mengalir ke pemanas, pastikan pasokan air panas dan dingin tidak tertukar. Jangan lupa untuk memeriksa sensor suhu pemanas juga.
EdMesin cuci tidak tertutup rapatPastikan mesin cuci Samsung Anda tertutup rapat dan tidak ada yang mengganjal dibawah tutup mesin cuci tersebut.
dE1Switch tutup mesin cuci errorPeriksa apakah mesin cuci tertutup rapat, periksa juga kondisi switch. Jika masalah ini belum teratasi, disarankan untuk mengganti switch tersebut.
dE2Switch ON/OFF errorPeriksa kondisi Switch ON/OFF. Segera ganti jika switch sudah rusak.
FEMasalah pada kipas mesin cuci (pulsator)Periksa kapasitor start dan dinamo pada bagian pulsator mesin cuci. Jika tidak ditemukan masalah lain, coba untuk mengganti kapasitor start.
H1Suhu air bermasalah atau temperatur air naik terlalu cepatPeriksa pressure switch dan sensor suhu dan selang.
HETemperatur air tidak normalKode error ini muncul disebabkan karena sensor suhu mendeteksi suhu lebih dari 100°C.
HE1, E5Pemanas air (water heater) bermasalahPeriksa resistansi pemanas yang seharusnya sekitar ~27Ω.
HE2Pengering atau pemanas bermasalahPeriksa TCO pemas atau temperatur switch. Salah satu TCO itu bisa direset ulang. Pastikan juga tidak ada masalah pada pulsator mesin cuci, periksa juga kondensor katup pembuangan air.
HE3Steam mesin cuci gagal berfungsiPeriksa fungsi steam dan bagian TCO.
HOTMesin cuci terlalu panasIni bukan termasuk kode error dan tidak ada kerusakan pada mesin cuci Anda.
E9, 11EKebocoran air (ketinggian air terlalu rendah selama pencucian)Pastikan posisi selang pembuangan tidak lebih rendah dari bawah mesin cuci Samsung Anda.
OE, E3Air meluap (terlalu banyak air atau busa didalam tabung mesin cuci)Kode error yang satu ini disebabkan karena terlalu banyak air atau busa didalam tabung mesin cuci. Untuk mengatasinya, Anda bisa mematikan mesin cuci selama 30 detik, lalu nyalakan lagi. Seharusnya pompa pembuangan akan menyala untuk menguras air didalam tabung mesin cuci.
t1, t2, tStTest mode aktifKode ini menandakan bahwa mesin cuci dalam mode test. Untuk keluar dari test mode, Anda perlu mencabut colokan mesin cuci selama 30 detik, kemudian nyalakan lagi.
tE, ECSensor temperatur terdeteksi tidak normalTekan tombol power untuk mematikan mesin cuci, kemudian nyalakan lagi. Jika kode error ini masih belum hilang, periksa sensor temperatur tersebut.
tE1Kerusakan pada sensor temperatur pemanas airPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.
tE2Sensor saluran pulsator (fan housing) rusakPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.
tE3Kapasitor pada sensor saluran (duct sensor) rusakPeriksa hubungan antara sensor ke PCB dan periksa resistansinya, sehuarnys sekitar ~12.8kΩ.
E4Mesin cuci tidak seimbangPastikan alas mesin cuci Anda seimbang dan tidak miring. Pastikan juga beban pakaian tidak melebihi batas maksimal. Untuk mengatasinya, matikan mesin cuci, lalu atur posisi mesin cuci ditempat yang rata.

Demikianlah informasi mengenai kumpulan kode error pada mesin cuci Samsung dan solusinya.

Semoag dengan adanya artikel kode error pada mesin cuci Samsung diatas dapat memberikan manfaat untuk bisa mengatasi sendiri kerusakan mesin cuci Samsung sebelum membawanya ke tukang servis.