10 Merk Genset Terbaik Yang Bagus Untuk Industri, Rumah dan Kantor

Penggunaan genset sebagai backup listrik PLN sudah populer sejak dulu. Kesadaran masyarakat akan pentingnya sumber listrik yang tak terputus membuat trend penggunaan generator darurat ini begitu marak dilakukan.

Alhasil orang-orang mulai membutuhkan informasi lebih banyak tentang bagaimana cara menentukan genset yang sesuai kebutuhan serta apa saja merk genset terbaik untuk jadi pilihan. Nah oleh karena itu, kami di sini mencoba menjabarkan beberapa tips memilih genset dan juga rekomendasi merk genset terbaik. Silakan disimak ini dia penjelasan lengkapnya.

Tips Cara Memilih Genset Sesuai Kebutuhan

Ada beberapa hal yang bisa dijadikan bahan pertimbangan jika kamu hendak membeli genset agar pilihanmu bisa tepat sesuai kebutuhan, berikut diantaranya:

Hitung Kebutuhan Daya Listrik

Tips pertama adalah ketahuilah berapa daya listrik yang kamu butuhkan. Hal ini penting agar kamu tahu berapa daya genset yang harus dibeli. Jadi hitung dulu kebutuhan dayamu, dasar perhitungannya bukanlah yang tertera persis seperti daya PLN yang terpasang di rumahmu. Namun kamu juga perlu memperhitungkan kebutuhan darurat yang memerlukan daya melebihi apa yang terpasang di rumah.

Mungkin kamu perlu penambahan alat-alat rumah tangga yang meminta daya lebih tinggi, seperti kulkas, TV, AC dan lain sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengakomodasi semua kebutuhan tersebut sebaiknya kamu lebihkan daya genset yang akan dibeli.

Paling tidak 20% – 30%, agar lebih jelas mari kita kalkulasikan daya yang akan kamu butuhkan jika ada beberapa barang atau ketika daya listrik PLN yang terpasang sudah kamu ketahui. Namun sebelumnya ada hal yang perlu diluruskan, bahwa 1 KVA (Kilo Volt Ampere) bukanlah 1000 watt seperti yang banyak orang salah kira, Padahal, nilai 1 KVA sebenarnya setara dengan 800 watt atau 0,8 KW.

Maka, ketika kamu melihat nilai daya listrik yang terpasang di rumah adalah 5 .000 watt, jika dikonversi ke KVA menjadi 5.000/800 watt, hasilnya 6.25 KVA. Nah jika kamu perlu melebihkan 20%-30% ketika membeli genset, maka lebihannya adalah 1.875 KVA, sehingga genset yang disarankan adalah yang dayanya minimal 8.125 KVA atau lebih besar.   

Pilih Bahan Bakar yang Sesuai

Seperti yang kita tahu bahwa genset diklasifikasikan menjadi berbagai jenis, salah satunya berdasarkan penggunaan bahan bakar. Ada yang menggunakan solar, bensin, gas, tenaga surya atau turbin. Nah ketika kamu hendak membeli genset, ketahui dulu bahan bakar jenis apa yang ingin kamu gunakan nantinya.

Pertimbangannya adalah ketersediaan bahan bakar pilihanmu. Pastikan kamu memilih genset dengan bahan bakar yang mudah kamu temukan dan harganya terjangkau. Jangan sampai kamu tidak bisa menggunakan genset yang sudah dibeli karena kamu sulit menemukan bahan bakarnya.

Membeli dari Tempat yang Terpercaya

Selain pilihan gensetnya, pilihan tempat membelinya pun penting. Setiap tempat memiliki pelayanan yang berbeda, maka seleksi tempat membeli yang bisa memberikan pelayanan yang kamu butuhkan. Pelayanan dalam konteks ini tak hanya urusan ramah, namun juga bagaiamana tempat tersebut siap tanya jawab seputar pilihan genset yang dia tawarkan dan apakah ada garansi serta apakah tempat tersebut memiliki tim teknis untuk melayani perbaikan.

Merk Genset Terbaik Untuk Industri, Rumah dan Kantor

Ketika memilih genset juga cukup penting untuk mengetahui merk-merk yang memang diunggulkan. Berikut beberapa merk genset yang produknya cukup diminati di pasaran:

1. Tsuzumi

Merk genset terbaik yang pertama adalah Tsuzumi. Produsen asal Jepang ini mempunyai pilihan berbagai jenis genset yang berkualitas. Kamu bisa menemukan produk Tsuzumi untuk sektor genset rumahan dengan kapasitas kecil atau genset skala industri dan perusahaan yang memiliki kapasitas besar.

Kepopulerannya pun sudah bisa disandingkan dengan merk-merk besar lainnya. Misal saat kamu mencari genset di marketplace, merk tsuzumi akan cukup banyak muncul mengisi hasil pencarian. Hal ini tak terlepas dari reputasi produknya yang selalu sukses memenuhi kebutuhan pengguna.

2. Hyundai

Hyundai adalah perusahaan otomotif papan atas yang berasal dari Korea Selatan. Walau terkenal sebagai produsen di industri otomotif, Hyundai juga memiliki berbagai jenis genset produksi mereka sendiri. Genset-genset yang mereka hasilkan pun memiliki kualitas terbaik dan cukup populer digunakan untuk berbagai keperluan.

Mereka memproduksi pembangkit listrik untuk sumber daya cadangan tersebut dengan berbagai varian. Kamu bisa menemukan genset Hyundai dari yang kapasitasnya kecil untuk kebutuhan rumah tangga hingga yang kapasitasnya mumpuni untuk digunakan pabrik dan perusahaan.

3. Honda

Seperti kita ketahui, Honda merupakan salah satu brand otomotif asal Jepang yang sudah cukup terkenal di dunia. Brand ini juga memproduksi mesin genset mereka sendiri yang dikenal memiliki kualitas terbaik dan tidak kalah dengan kompetitor lain.

Honda memproduksi genset dengan beragam kapasitas, mulai dari 700 watt hingga yang lebih dari 10.000 watt. Produk dari merk asal negeri matahari terbit ini juga cukup variatif dari jenis bahan bakar yang digunakan, ada yang menggunakan bahan bakar bensin dan ada yang menggunakan gas.

4. Yamaha

Sama halnya dengan Honda, Yamaha juga memiliki genset sebagai salah satu dari produk mereka. Genset buatan Yamaha juga cukup dikenal dengan kualitasnya yang baik dan awet. Varian yang ditawarkan juga cukup banyak, mulai dari genset kapasitas kecil hingga besar, hingga 12.000 watt.

Banyak kantor atau pabrik yang diketahui menggunakan genset produk Yamaha. Karena selain awet, genset buatan mereka juga dikenal memiliki cara pengoperasian yang relatif mudah. Nah keunggulan lainnya adalah ketersediaan spare part-nya di pasaran cukup banyak.

5. Yanmar

Merk genset terbaik lainnya adalah Yanmar yang juga cukup sering ditemukan penggunaannya di perusahaan atau pabrik. Produsen generator set satu ini memang dikenal sebagai salah satu spesialis genset berkapasitas besar. Mereka menawarkan genset dengan kapasitas 10 kVA hingga 60 kVA.

6. Perkins

Perkins adalah produsen genset asal Inggris yang sudah cukup dikenal meskipun tergolong baru di dunia genset. Hal ini tidak terlepas dari kualitas produknya yang memang tidak kalah dengan pemain lama. Perkins juga menawarkan produk yang cukup variatif  dari kapasitas yang kecil hingga yang besar. Sehingga banyak pilihan baik untuk kebutuhan rumah atau kebutuhan skala besar, seperti pabrik dan perusahaan.

7. Cummins

Beralih ke produsen asal Amerika, ada merk genset Cummins yang terkenal dengan kualitas produknya yang tangguh dan memiliki kualitas jempolan. Merk ini merupakan salah satu merk yang sudah cukup populer terutama di sektor pengguna genset berkapasitas besar.

Namun walaupun  terkenal dengan genset kapasitas besar, Cummins juga memproduksi genset dengan kapasitas kecil untuk kebutuhan listrik rumah tangga. Salah satu yang jadi kelebihan produknya adalah daya tahannya yang luar biasa. Selama dilakukan perawatan denga rutin, genset Cummins tidak akan mudah rusak.

8. Genset Merk Firman

Indonesia juga memiliki brand yang memproduksi genset, yaitu Firman. Walaupun produk lokal, genset buatan Firman cukup populer dengan kualitasnya yang baik. Jenis genset yang diproduksinya pun beragam, baik dari segi daya ataupun fiturnya.

Kamu bisa menemukan genset Firman kapasitas kecil, sedang hingga besar. Merk ini juga memproduksi genset portable, genset silent dan genset dengan fitur lainnya. Jadi walaupun brand lokal, genset ini berani bersaing dengan kompetitor dari luar.

9. Genset Merk Krisbow

Pada dasarnya merk krisbow memang sudah populer sebagai produsen yang menyediakan  berbegai perlengkapan rumah tangga. Kualitas produk dari brand ini dikenal memiliki kualitas yang sangat baik, termasuk untuk produk genset-nya.

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga saja, Krisbow juga membuat produk genset kapasitas besar untuk kebutuhan pabrik maupun perusahaan. Walaupun dipatok dengan harga yang relatif mahal, namun dengan kualitas yang ditawarkan, produk dari Krisbow masih layak dipertimbangkan. 

10. Genset Merk LONCIN

Merk genset terbaik yang terakhir adalah LONCIN yang juga menawarkan berbagai produk genset berkualitas. Varian yang ditawarkannya pun cukup bervariasi, dari portable, kapasitas kecil, kapasitas besar, silent atau jenis genset lainnya. Walau jarang terdengar, namun kualitas produk dari merk ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

Nah itulah beberapa tips serta rekomendasi merk genset terbaik yang bisa kamu jadikan referensi ketika mencari generator untuk listrik cadangan. Semuanya dikembalikan lagi kepada kebutuhan dan budget yang kamu miliki.