5 Rekomendasi Emulator PS2 Terbaik untuk PC

Rekomendasi Emulator PS2 Gratis Terbaik Ringan 2021 untuk PC & Laptop

5 Rekomendasi Emulator PS2 untuk PC Terbaik – Sony membuat game konsol Playstation 1 dan menjadi game konsol paling laris setelah tergesernya era SEGA dengan game 16 bitnya yang booming pada saat itu menemani masa bermain anak 90an.

Di era PSone Sega sempat merilis konsol game dan diberi nama Dreamcast yang sebenarnya cukup laris. Namun setelah kesuksesan PSone Sony kembali merilis Playstation2.

Playstation2 kembali menjadi konsol dengan penjualan terlaris yang membuat SEGA akhirnya mengibarkan bendera putih pada bulan maret 2000. Setelah SEGA menyerah, Microsoft masuk mengisi kekosongan dan menjadi pesaing baru untuk Playstation2 dengan merilis Xbox.

Konsol Xbox cukup laku terutama untuk pasar Amerika. Namun lagi – lagi Playstation2 tetap menjadi pilihan utama para gamer dunia pada saat itu.

Terbukti setelah 5 tahun penjualan Playstation2 sukses terjual hingga 100 juta Unit sedangkan Xbox kalah jauh denagn penjualan hanya 24 Juta Unit.

Sampai sekarang playstation masih bertahan dengan melanjutkan versi terbarunya seperti Playstation 3, playstation 4 bahkan Sony sudah meliris Playstation 5.

Walaupun sudah muncul versi terbaru dengan fitur dan grafis yang semakin realistis, masih banyak penggemar Playstation2 yang masih memainkan game kesayangan mereka.

Namun dikarenakan umur dan penggunaan, tentunya konsol ini kadang bermasalah. Banyak para player yang mengakali menggunakan hardisk atau flasdisk untuk menggantikan kaset game yang kadang macet karena optik yang bermasalah maupun kaset yang mulai rusak.

Hal inilah yang akhirnya membuat para pengembang aplikasi berinovasi untuk membuat Playstation2 bisa di mainkan untuk perangkat lain.

Akhirnya dibuatlah emulator Playstation2 untuk PC bahkan juga smartphone. Tentunya ini menjadi angin segar bagi Anda yang ingin bernostalgia memainkan game Playstation2 kesayangan Anda.

Rekomendasi Emulator PS2 Terbaik untuk PC / Laptop

KlinikTekno akan memberikan 5 rekomendasi emulator playstation 2 terbaik untuk PC yang bisa Anda pilih dan unduh langsung.

1. PPSSPP

PPSSPP for PC

Aplikasi emulator yang satu ini menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Karena tidak hanya tersedia untuk perangkat PC namun juga untuk smartphone android.

Salah satu keunggulan emulator PPSSPP adalah tampilannya yang menarik dan mudah dipahami, selain itu emulator ini juga tidak membutuhkan kapasitas yang besar namun bisa menjalan game dengan lancar.

Walaupun ringan Emulator PPSSPP memiliki kualitas gambar yang baik. Emulator ini tersedia dengan 2 tipe yaitu standart dan versi gold yang berjalan untuk PC windows, linux, dan Android.

Anda bisa menngunduh emulator ini secara gratis untuk versi standart. Untuk versi Gold sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan secara gratis jika Anda mengunduh versi mod. Begitu juga untuk gamenya yang bisa didownload secara gratis dan bisa berjalan untuk emulator ini dengan tipe file iso.

Spesifikasi minimum

  • Windows Vista SP2 atau GNU/Linux 32-bit / 64-bit
  • Prosesor Pentium 4 ke atas atau Athlon64 ke atas
  • RAM 2GB
  • Graphics 512 MB DirectX® 10–compliant with Shader Model 4.0 or higher
  • DirectX Versi 10

Untuk mendapatkan emulator PPSSPP gratis silahkan Download disini.

2. Play!

Play! emulator ps2 pc

Play! menjadi salah satu pilihan emulator yang yang bisa Anda pakai untuk memainkan game playstation 2. Tampilannya sangat simpel dan mudah dipahami karena penggunakan emulator ini tidak memerlukan banyak pengaturan.

bagusnya Emulator Play! bisa berjalan untuk PC dan juga smartphone andriod dan iphone. Namun sayangnya Play! mempunyai kekurangan yang dimana emulator ini tidak mampu untuk menjalankan game dengan grafis tinggi seperti Residen Evil 4.

Spesifikasi Minimum

  • Windows Vista SP2 GNU/Linux 32-bit / 64-bit
  • Processor Pentium 4 ke atas, Athlon64 ke atas
  • RAM 2GB
  • Graphics Nvidia/AMD dengan VRAM 512 MB keatas
  • DirectX Versi 9

Untuk game standar emulator ini bisa berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan emulator ini Anda bisa mengunduh secara gratis.

silahkan Download disini.

3. RetroArch

RetroArch emulator

Menjadi aplikasi emulator playstation 2 yang paling senior diantara lainnya. Karena sudah ada sejak lama emulator ini tidak hanya bisa memainkan game playstation 2 namun juga game PSone, Nitendo, Sega dan game retro lainnya.

Desain tampilannya minimalis tapi enak dipandang dengan pengaturannya yang cukup mudah. Dalam penggunaan emulator ini terasa stabil.

Spesifikasi Minimum

  • Windows Vista/ Windown 7
  • Processor Intel Pentium 4 2.4GHz
  • RAM 2GB
  • Graphics 256 mb video memory, shader model 3.0+
  • DirectX Versi 10

Jika Anda ingin mengunduh aplikasi emulator ps 2 ini silahkan download disini.

4. PCSX2

PCSX2 emulator pc

Aplikasi Emulator playstation 2 ini menjadi yang terbaik dan banyak digunakan oleh para pengguna emulator ps2 diseluruh dunia.

Emulator ini memberi pengalaman bermain game playstation 2 yang memuaskan di PC ataupun laptop. Aplikasi mengalami update versi terbaru pcsx2 1.6.0 pada tanggal 7 mei 2020 dengan tampilan antar muka yang lebih segar dan pengalaman bermain yang semakin smooth.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis, namun sebelumnya pastikan PC atau Laptop Anda sudah terinstal MS Visual C++ 2015 – 2019, NetFramework 3.5 Sp1, DirectX9.0c karena jika tidak maka PCSX2 akan error atau tidaak bisa digunakan.

Game yang digunakan untuk emulator ini menggunakan tipe file iso. jadi pastikan game yang Anda download menggunakan file iso dan jika menggunakan file rar maka tidak bisa dimainkan pada emulator ini.

Untuk memastikannya Anda bisa klik kanan pada file tersebut lalu pilih property maka jenis file akan terlihat.

Spesifikasi Minimum

  • Windows Vista SP2 atau GNU/Linux (32-bit or 64-bit)
  • Processor SSE2 (Pentium 4 ke atas, Athlon64 ke atas) @ 1600 STR
  • RAM 2GB
  • Graphics Nvidia GeForce 9600 GT / Intel HD Graphics
  • DirectX Versi 10

Dan untuk pengalaman yang maksimal Kami merekomendasikan spesifikasi sebagai berikut

  • Sistem operasi Windows 7/8/8.1/10 (64-bit) atau GNU/Linux (64-bit)
  • Prosesor Intel Haswell 4xxx series (atau setara AMD) @ 2000 STR
  • RAM 4GB
  • Graphics Nvidia GeForce 9600 GT / Intel HD Graphics
  • Diretx Versi 11 GPU

Untuk mengunduh versi terbarunya Anda bisa Download disini.

5. NeutrinoSX2

NeutrinoSX2

Aplikasi emulator terakhir adalah NeutrinoSX2 dengan sistem open source yang sama digunakan pada emulator PCSX2. Jika dilihat dari tampilannya sangat sederhana dan kurang polesan mungkin ini juga yang menjadi alasan orang lebih banyak memilih PCSX2 dibanding emulator ini.

Namun secara performa emulator ini bisa menjalan game PS 2 dengan baik. Ada kemungkinan Aplikasi emulator ps 2 ini mengalami Update karena aplikasi ini dikembangkan pihak developer.

Spesifikasi Minimum

  • Windows Vista, Windown 7
  • Processor Dual core, AMD Athlon64 X2 2.1 Ghz
  • RAM 2GB
  • Graphics 256 mb video memory, shader model 3.0+
  • DirectX Versi 10

Tidak ada salahnya untuk mencoba emulator satu ini. Dan untuk mengunduh emulator NeutrinoSX2 Anda bisa download disini.

Sebenarnya Sony sudah meluncurkan PS now yang bisa Anda gunakan untuk memainkan game Playstation di PC maupun laptop.

Namun karena dalam bermain harus dijalankan secara online tentunya akan sangat menyebalkan ketika internet tidak stabil atau bahkan koneksi putus yang menyebabkan permainan kita terhenti.

Demikianlah artikel tentang rekomendasi emulator PS2 gratis terbaik yang ringan untuk PC dan Laptop. Semoga bermanfaat.