Cara Tambah daya Listrik PLN

cara tambah daya listrik pln

Cara Tambah daya Listrik PLN – Listrik menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat pada umumnya. Namun di Indonesia sendiri sebagian wilayahnya belum mendapat pasokan listrik secara sehingga beberapa wilayah harus legawa karena adanya pemadaman listrik secara bergantian.

Listrik tentunya sangat penting untuk kehidupan sehari-hari yang diantaranya untuk kebutuhan rumah tangga yaitu pekerjaan rumah dan hiburan seperti menyalakan pompa air, mesin cuci, kipas, AC, lampu dan juga untuk laptop, PC, TV dan lainnya.

Di indonesia sendiri golongan daya listrik saat ini yang dipasang mulai 450 Va, 900 Va 1300 Va sampai seterusnya. Untuk keluarga kecil sederhana biasanya menggunakan daya listrik 450 sampai 900 va.

Namun berjalannya waktu, seiring dengan meningkatnya taraf ekonomi dan juga anggota keluarga dalam masyarakat yang bertambah maka mereka akan membeli peralatan untuk menunjang kualitas hidup yang lebih baik seperti mesin cuci, kulkas tau AC.

Dengan penambahan peralatan elektronik ini tentunya membutuhkan listrik untuk bekerja, namun dengan daya listrik yang dipakai sebelum kemungkinan besar tidak akan mencukupi untuk peratalan diatas sehingga akan sering terjadi listrik mati atau jeglek.

Untuk mengatasi masalah ini maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan penambahan daya listrik kepada pelannggan untuk mencukupi kebutuhanan daya listriknya.

Cara Menambah daya Listrik PLN

Untuk itu kali ini kita akan membahas mengenai cara menambah daya listrik PLN untuk kebutuhan rumah tangga maupun bisnis atau usaha.

Untuk melakukan penambahan daya Anda bisa datang langsung ke kantor PLN diwilayah Anda atau karena saat ini sudah ada fasilitas online maka Anda juga bisa mendaftar secara online.

1. Cara tambah daya Listrik secara konvensional

Jika Anda memiki banyak waktu maka Anda bisa melakukan pengajuan tambah daya listrik langsung ke kantor PLN terdekat. Namun sebelumnya hubungi dulu kontak center kantor unit PLN bagian pelayanan dan jelaskan maksud Anda.

Kemudian setelah menghubungi kantor PLN maka persiapkan dokumen yang dibutuhkan yang diantaranya adalah

  • Foto kopi rekening terakhir
  • Lampiran denah bagunan rumah
  • Foto kopi KTP, lampirkan surat lain untuk menghindari kesalahan seperti surat kuasa, surat perjanjian atau surat lainnya.
  • Materai

Kemudian siapkan juga biaya yang digunakan untuk penambahan daya yang diantaranya seperti

  • Uang Jaminan Pelanggan / UJL
  • Biaya Penyambungan (BP)

Untuk perkiraan biaya tamah daya akan saya tulis nanti dibawah. Jika semua dokumen dan biaya sudah disiapkan maka selanjutnya Anda bisa datang ke kantor PLN yang anda hubungi tadi.

Datanglah ke kantor pada bagian pelayanan dan serahkan dokumen Anda, setelah proses selesai maka lakukan pembayaran pada loket pembayaran

2. Cara tambah daya Listrik via online

Untuk melakukan penambahan daya listrik PLN secara online maka lakukan pendaftaran dengan membuka web resmi PLN kemudian klik pada “layanan pelanggan” kemudian klik fitur “ubah daya”.

Disana nanti akan muncul pasal-pasal syarat dan ketentuan yang berlaku, baca dan pahami apa yang dijelaskan disana kemudian jika sudah mengerti klik “setuju”.

Kemudian disini akan muncul kolom atau from data pelanggan, isikan ID meter pelanggan pada kolom paling atas kemudian isikan kode chapta dan klik cari.

Maka data Anda akan muncul pada from tersebut, jika ada kolom yang kosong kita tinggal menambahkan saja.

Jika sudah selesai, kita geser pada slide data pemohon untuk mengisi formulirnya. Untuk data pemohon, kita bisa menggunakan data yang sama pada data pelangganan untuk mempercepat pengisian data yang dibutuhkan.

Kemudian lanjut scroll ke bawah maka akan ada kolom Tarif/Daya baru, disini ada kolom yang harus diisi yang diantaranya ada pilihan Produk layanan, peruntukan, keperluan dan daya. Jika Anda memilih listrik prabayar maka akan ada pilihan engisian token pertama.

Jika sudah selesai kemudian maka klik hitung biaya untuk memunculkan rincian biaya yang harus dibayar pada kolom debit biaya. Biaya yang muncul disini belum termasuk tambahan biaya admin yang biasanya sebesar Rp. 2500.

Setelah biaya muncul maka scroll lagi kebawah dan klik kotak centang persetujuan dan dilanjutkan mengisi kode chaptha dan klik simpan perubahan.

Kemudian akan muncul kotak notifikasi bahwa permohonan sudah diterima dan akan dikonfirmasi melalui email, maka selanjutnya Anda bisa membuka email Anda.

Copy kode bayar kemudian klik link yang ada pada pesan email dari PLN tersebut dan Anda akan kembali pada website PLN. Kode akan dikirimkan ke email Anda beserta keterangan tempat pembayaran yang ditunjuk oleh PLN.

Setelah melakukan pembayaran maka petugas PLN akan segera datang untuk mengganti daya dirumah Anda.. Petugas akan datang kerumah paling lama 10 hari kerja dihitung dari pembayaran.

Biaya harga Tambah Daya Listrik PLN

1. Daya Awal 450 VA

Daya 450 VA ke 900 VA Rp441.500
Daya 450 VA ke 1.300 VARp816.450
Daya 450 VA ke 2.200 VARp1.659.750
Daya 450 VA ke 3.500 VARp2.975.450

2. Daya awal 900 VA

Daya 900 VA ke 1.300 VARp394.800
Daya 900 VA ke 2.200 VARp1.238.100
Daya 900 VA ke 3.500 VARp2.539.400

3. Daya awal 1300 VA

Daya 1.300 VA ke 2.200 VARp863.300
Daya 1.300 VA ke 3.500 VARp2.151.800

4. Daya awal 2.200 VA

Daya 2.200 VA ke 3.500 VARp  1.279.700.

Itulah tadi informasi mengenai cara tambah daya listrik PLN yang bisa menjadi Acuan Anda saat ingin melakukan tambah daya. Untuk mengetahui biaya tambah daya Anda juga bisa melalui websites resmi PLN pada fitur “simulasi ubah daya”

Di Indonesia jalur listrik PLN belum merata bahkan di beberapa wilayah terpencil untuk daerah jawa saja masih ada yang belum mendapat pasokan listrik yang memadai.

Oleh karena itu bersyukurlah kita yang sudah mendapat daya listrik yang stabil. Gunakan listrik dengan bijak untuk kebutuhan kita, Sampai disini dulu dan terima kasih semoga informasi kali ini bermanfaat.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM