Cara Mencari Influencer Indonesia Untuk Bisnis Anda dengan Mudah

Cara Mencari Influencer Indonesia

Mempromosikan bisnis di era digital ini mempunyai banyak cara yang bisa digunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan dari influencer yang akan membantu untuk mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki. Bagi bisnis online, memilih influencer untuk melakukan endorse yang dibutuhkan sendiri sebenarnya sangat mudah.

Dimana dengan bantuan influencer akan dapat untuk membuat bisnis online berkembang lebih pesat, karena tidak dipungkiri mengenai cara promosi yang sekarang ini akan lebih ampuh dilakukan lewat media sosial yang digunakan oleh banyak orang.

Pengertian Influencer

Influencer sendiri adalah orang-orang yang mempunyai banyak audiens di media sosial. Seperti misalnya blogger, Youtuber, selebgram, TikTok, artis, dan juga lain sebagainya. Karena mempunyai banyak pengikut tersebut maka apa yang dilakukan oleh influencer tersebut akan diperhatikan oleh banyak audiens.

Sehingga hal tersebut akan memudahkan pemilik bisnis untuk melakukan kerjasama dan promosi agar dapat mempengaruhi audiens yang dipunyai, karena apa yang dikenakan, sampaikan, dan juga lakukan akan dapat untuk mempengaruhi audiens lebih mudah.

Hal tersebut akan bisa mengenalkan produk lebih mudah dan baik pada audiens influencer yang bekerjasama. Dimana hal tersebut merupakan langkah brand awareness karena menggunakan influencer sebagai brand ambassador dari produk yang dipunyai.

Tips Cara Mencari Influencer

Adapun bagi pemilik bisnis yang ingin mencari influencer yang tepat, beberapa pertimbangan yang dapat diperhatikan untuk mendapatkan influencer terbaik adalah:

1. Data Engagement Influencers

Tips pertama untuk mencari influencer Indonesia dengan mudah adalah dengan melihat data engagement influencers.

Dengan mengetik nama influencer maka Anda akan dapat mengetahui mengenai berbagai hal. Mulai dari jumlah audiens ter influence, score engagement, komentar yang dipunyai, likes, dan juga hal lainnya.

Sehingga data tersebut akan sangat membantu untuk memilih influencer yang tepat. Dari data tersebut juga akan mengetahui mengenai keefektifan foto atau video untuk mempromosikan produk.

Pada umumnya, akan lebih baik untuk melihat pada score engagement karena dapat untuk melihat hasil yang dipunyai ketika melakukan promosi produk dibandingkan jumlah follower yang dipunyai. Dimana apabila mempunyai follower tinggi tidak menjamin bahwa pengaruh yang dipunyai juga besar.

2. Membandingkan Dengan Influencer Lain

Ketika akan memilih influencer yang tepat, pemilik bisnis juga perlu untuk membandingkan terlebih dahulu dengan influencer lainnya.

Oleh karena itulah pemilik bisnis perlu untuk melakukan riset terlebih dahulu ketika akan mengajak salah satu influencer untuk bekerja sama. Untuk melakukan riset comparing antara satu influencer yang satu dengan lainnya ini juga tidak perlu repot.

Pemilik bisnis juga bisa menggunakan situs yang dapat digunakan untuk membandingkan influencer sehingga akan bisa mendapatkan influencer yang paling tepat.

3. Professional Influencer Report

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan professional influencer report. Hal ini akan memudahkan untuk memilih influencer yang mempunyai desain modern dan terbaik dari report yang dikirimkan atau dipunyai.

Sehingga hal ini menjadi cara untuk pemilik bisnis memilih influencer yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan yang dipunyai.

Selain melihat influencer dari data, pemilik bisnis juga bisa mencari influencer terbaik secara bijak. Misalnya saja dengan mengetahui latar belakang dan juga kehidupan yang ditampilkan oleh influencer tersebut.

Selain itu juga mengetahui demografi pengikut, konten yang ditampilkan kepada masyarakat, hingga juga mengenai biaya yang perlu untuk dibayarkan.

Pemilik bisnis juga perlu untuk memperkuat pesan influencer, sehingga akan dapat menarik audiens untuk tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh influencer yang telah dipilih.

Adapun cara untuk menemukan influencer yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan promosi bisnis Anda, Anda dapat mengakses tools platform sonarplatform.com untuk melihat daftar influencer yang anda inginkan.

Selain itu, data metric terkait setiap akun influencer sangat lengkap. Sangat mudah dalam menggunakannya. Selamat mencoba!!

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.