Cara Kerja, Fungsi Door Lock Mesin Cuci dan Perbaikannya

Cara Kerja, Fungsi Door Lock Mesin Cuci dan Perbaikannya

Cara Kerja Fungsi Door Lock Mesin Cuci dan Perbaikannya – Door Lock yang apabila kita artikan secara harafiah adalah pengunci pintu, pada semua mesin cuci selalu ada door lock yang punya fungsi sama namun memiliki bentuk yang berbeda.

Kita nanti akan membahas mengenai apa fungsi dari door lock tersebut dan bagaimana cara kerjanya, ciri – ciri kerusakan pada door lock dan bagaimana perbaikannya.

Ada 3 jenis mesin cuci yang umum kita ketahui kita nanti akan membahas satu persatu pada bagian door locknya namun mungkin kita akan lebih detail membahas door lock pada mesin cuci bukaan depan.

Karena pada mesin cuci jenis bukaan depan atau fornt loading door lock sangat penting.

Cara Kerja, Fungsi Door Lock Mesin Cuci dan Perbaikannya

Bentuk dari door lock berbeda pada tiap tipe mesin cuci karena jenis pintunya juga berbeda, begitupun pada sistem mesin cuci ada yang semi otomatis dan yang sudah menggunkan modul.

Fungsi Door Lock Mesin Cuci

Seperti penjelasan diatas secara harafiah door lock bisa diartikan pengunci pintu, namun disini kita lebih mengarah pada safety. Jadi fungsi dari door lock adalah sebagai pengaman ketika mesin sedak bekerja.

Untuk mesin cuci front loading door lock ini sangat penting karena jika mesin bekerja dan pintu terbuka maka air bisa dan cucian bisa terlempar keluar.

Selain itu door lock ini menjadi pengaman jika ada anak kecil mungkin iseng ingin membuka pintu, pintu akan terkunci karena jika tidak ini akan berbahaya apalagi dalam kondisi mesin cuci melakukan pengeringan dimana putarannya akan sangat kencang.

Cara Kerja Door Lock Mesin Cuci

  • Mesin cuci top loading 2 tabung semi otomatis

Pada mesin cuci 2 tabung pengaman pintunya ada switch door yang cuckup sederhana dan berada pada bagian pintu tabung pengeringnya.

Switch ini terdiri dari dua lempeng tembaga yang apabila pintu ditutup maka dua batang tembaga ini akan menempel dan arus akan mengalir sehingga mesin pengering berputar.

Sebaliknya jika pintu pengering dibuka maka batang tembaga akan merenggang dan arus akan terputus sehingga otomatis mesin akan mati.

Hal ini dilakukan untuk keamanan agar ketika pintu pengering dibuka tidak ada cucian yang keluar dari tabung dan juga kemungkinan menciderai pengguna.

  • Mesin cuci top loading 1 tabung otomatis

Pada jenis mesin cuci ini door lock atau door switch sudah menggunakan sistem magnet. Sisyem kerjanya hampir sama dengan sekring, dimana batang tembaganya berada didalam door lock.

Batang tembaganya akan tersambung apabila didekatkan pada magnet. Ketika pintu ditutup maka akan ada daya tarik magnet dari pintunya dan switch door tersambung kemudian mesin akan bekerja.

Karena mesin cuci top loading 1 pintu sudah menggunakan modul maka ketika terjadi error pada door locknya maka akan ada kode error yang muncul pada layar modul dengan kode dE / door error.

  • Mesin cuci Front loading otomatis

Untuk mesin cuci otomatis bukaan depan ada dua jenis door lock yang digunakan, yang pertama ada door lock dengan 3 kabel kemudian yang kedua ada door lock dengan 4 kabel.

Pintu mesin cuci front loading berbentuk bulat dengan bahan kaca ditengahnya, pada tepi pintu bagian dalam terdapat pengait besi yang akan menancap pada lubang door lock.

Dan pada door lock ini terdapat slot geser seperti pada pintu yang akan mengunci pengait pintu.

Yang membuat slot pada door lock bisa bergeser karena adanya ptc didalam door lock yang ketika dialiri listrik maka akan membuat tonjolan pada door lock keluar dan menggeser slot dari plastik sehingga menggunci pengait pintu.

Perbaikan Door Lock Mesin Cuci

Perbaikan ini dilakukan untuk menyelesaikan beberapa masalah seperti salah satunya muncul kode error dE pada modul mesin cuci.

Sebagai pelengkap kita juga akan bahas sedikit untuk perbaikan pada mesin cuci 2 tabung.

  • Mesin cuci 2 tabung

Pada mesin cuci 2 tabung biasa switchnya rusak karena patah atau berkarat bisa juga karena kabelnya ada yang putus dan perbaikannya cukup mudah.

Untuk switch yang rusak kita bisa mengganti dengan yang baru dah harganya pun cukup murah hanya belasan ribu saja.

  • Mesin cuci top loading 1 tabung

Untuk mesin cuci jenis ini ada yang menggunakan sistem seperti pada mesin cuci top loading 2 tabung ada juga yang menggunakan magnet.

biasanya kerusakan yang terjadi adalah patah, coba dulu periksa pada baigia perkabelan kemudian Chek pe pada switch jika patah sebaiknya ganti dengan yang baru karena dengan melakukan pengeleman alat ini akan rawan patah kembali.

Atau jika perbaikan belum berhasil maka cara mudahnya adalah melakukan jumper. Jadi kabel pada switch disambung langsung maka kode error akan hilang dan mesin cuci bisa digunakan kembali namun konsekuensinya pintu sudah tidak menggunakan pengaman.

  • Mesin cuci Front loading

door lock mesin cuci front loading

Kikir pengait pintu

Kali ini kita akan kita bahas untuk door lock mesin cuci front loading dengan 3 kaki. Untuk memperbaiki door lock yang tidak bisa mengunci atau pintu mesin cuci front loading tidak bisa mengunci maka cara pertama kita akali pada pengait pintunya.

Gunakan kikir untuk mengikir pengait mesin cuci sampai kelihatan halus kemudian lakukan pengetesan kembali.

pengait pintu mesin cuci front loading

Jika pengikiran sudah selesai maka tutup pintu mesin cuci ini dan nyalakan mesin cuci. Kemudian tekan tombol power dan setting untuk spin dan start.

Jika mesin berjalan dan tidak muncul kode error dE berarti perbaikan ini berhasil dan mesin cuci sudah normal kembali.

Perbaiki Door Lock

Untuk memperbaiki Door lock maka yang harus dilakukan pertama adalah membongkar body mesin cuci. Pertama bongkar body bagian atasnya.

Kemudian lepaskan baut pada door locknya kemudian kita bisa mengambil door lock tersebut dari atas, namun sebelumnya lepaskan dulu kabel pada door lock tersebut.

Kita bisa melihat pada door lock ada bagian pegas dan slot yang bisa bergerak maju mundur. slot ini lah yang berfungsi untuk mengunci pintu mesin cuci.

Slot ini bisa bergerak karena saat dinyalakan ada tonjolan pada door lock yang muncul dan menggerakan slot tersebut.

Tes door lock

Maka kita kita lakukan pengetesan secara langsung dengan menyambung kaki kabel door lock ini ke listrik. Saat listrik dicolokan perhatikan pada bagian tonjolan akan bergerak naik sampai bunyi klik.

Jika Anda masih bingung untuk penyambungan kakinya kita bisa membongkar door lock tersebut untuk melihat jalur dari kaki door locknya. Bersihkan juga jika ada kotoran didalam komponen door lock tersebut.

Door lock mesincuci front loading

Jadi untuk pengecekan jalur yang disambung kelistrik adalah pada bagian pinggir kiri dan dan kanan

komponen door lock

Setelah itu pasang kebali tutupnya lalu lakukan percobaan seperti penjelasan awal.

switch door lock

Jika sudah berhasil maka pasang kembali rangkaian door locknya kemudian pasangkan pada mesin cuci dan lakukan pengetesan kembali dengan menutup pintu seperti pada cara mengkikir pengait pintu.

Jika pengujian untuk test spin berhasil berarti pintu sudah normal dan mesin cuci bisa kembali digunakan.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang mengalami kerusakan yang sama pada mesin cuci Anda dirumah, Silahkan mencoba dan terima kasih.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM