Cara Install Ulang Windows 10 Dengan Flashdisk + Gambar

Cara Install (Ulang) Windows 10 Dengan Flashdisk + Gambar 2021

Cara Install Ulang Windows 10 di PC Laptop Lengkap Dengan Gambar – Sobat KlinikTekno, semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat bukan? Karena hal itu maka Anda harus selalu up to date untuk setiap perubahan tersebut. Seperti perubahan pada versi Windows.

Windows merupakan salah satu sistem operasi di komputer yang banyak digunakan. Sistem yang satu ini sangatlah mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula sekalipun. Maka dari itu, banyak perangkat keras menggunakan perangkat lunak satu ini.

Bagi Anda yang masih menggunakan Windows 7 dan 8, segeralah untuk berganti karena Anda ketinggalan zaman. Bercanda deng!

Tapi beneran, lebih baik Anda mengganti ke versi yang lebih tinggi dan lebih baik lagi seperti Windows 10. Hal ini karena akan banyak sekali yang bisa Anda dapatkan dari versi terbaru.

Nah, bagi pemula yang belum mengetahui bagaimana sebenarnya cara untuk menginstall windows 10 ini, yuk perhatikan cara di bawah. Dijamin Windows 10 Anda akan terinstall dengan sempurna.

4 Persiapan Penting Sebelum Menginstall Windows 10

Ada 4 hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan penginstallan Windows 10 di PC dan Laptop. Dua hal tersebut adalah:

  1. Jika Anda menginstall ulang PC atau Laptop, pastikan Backup terlebih dahulu data-data penting di Harddisk.
  2. Usahakan daya pada PC / Laptop terisi dengan penuh dan berada pada lokasi yang jarang mengalami mati listrik. Jika proses install tiba-tiba berhenti di tengah, maka kemungkinannya adalah mengulang proses install kembali. Hal ini tentunya sangat berisiko, bisa saja program yang ada rusak.
  3. Pastikan bagian boot device priority telah diatur pada menu BIOS. Persiapkan pula bootable Flashdisk atau DVS installer Windows 10 ketika ingin melakukan proses penginstallan.
  4. Jika Anda belum memilik installer Windows 10, Anda bisa download Windows 10 asli / original resmi dari Microsoft. Cara download windows 10 resmi bisa Anda simak di artikel berikut : Cara Download Windows 10 iso Original Gratis dan Resmi Microsoft.

Setting Bios Agar Bisa Untuk Install Ulang Windows 10

Seperti yang telah disampaikan di atas, Anda perlu mengatur bagian BIOS agar nanti PC Anda dapat melakukan proses installasi Windows 10. Ada empat langkah yang perlu dilakukan untuk mengatur hal ini, yaitu:

#1. Nyalakan PC dan tekan tombol DEL pada bagian keyboard hingga muncul tampilan BIOS. Jika tidak muncul tampilan BIOS, Anda bisa menekan tombol F1/F2/Fn+F2. Jika tidak bisa juga silahkan cari tahu bagaimana cara untuk menampilkan tampilan BIOS, karena setiap Motherboard laptop dan pc dari merk Asus, Lenovo, HP, MSI, Acer dan Dell memiliki pengaturan yang berbeda.

#2. Pada tampilan BIOS, akan terdapat menu-menu seperti main, advanced, security, boot, dan exit. Pilihlah ikon boot untuk melanjutkan proses.

#3. Akan muncul tampilan yang terdiri dari menu CD room, removable devices, dan network boot. Pilihlah menu mana yang ingin Anda gunakan. Jika Anda ingin menggunakan Flasdisk, maka pilih menu USB Flash Disk. Begitu juga dengan yang lainnya. Aturlah sehingga pilihan Anda berada pada baris paling atas.

Cara Setting BIOS Windows 10

#4. Simpan pengaturan tadi dengan cara menekan tombol F10 pada keyboard. Sembari menyimpan, masukkan flashdisk atau DVD installer yang di dalamnya sudah berisi installer Windows 10 versi terbaru.

Cara Install Windows 10

1. Persetujuan Pengisntalan Windows 10

Ketika proses seting BIOS sudah selesai, maka akan muncul tampilan “Press Any Key to Boot From CD to DVD”. Jika Anda memang menggunakan CD, silahkan klik di sembarang tempat untuk memulai installasi. Namun jika menggunakan flashdisk. Anda tidak perlu menekan tombol apapun dan silahkan tunggu hingga proses selesai.

gambar1 insatll windows 10

2. Konfigurasi Sebelum Penginstalan Windows 10

Pada bagian ini silahkan sesuaikan Bahasa, jam dan waktu serta jenis keyboard yang Anda gunakan. Jika sudah, silahkan klik “Next” pada kanan bawah.

Konfigurasi Sebelum Penginstalan Windows 10

Setelah itu, klik ikon “Install now”.

Pilih install now Windows 10

3. Memasukan Product key Windows 10

Pada menu Activate Windows, Anda bisa memasukan lisensi Windows 10 jika memang memiliki nomor serial product key windows 10. Tapi jika Anda belum memiliki lisensi windows 10, Anda bisa melewati tahap ini dulu dengan cara klik “I don’t have a product key”.

Product key Windows 10

4. Pilih tipe versi Windows 10

Jika Anda mendownload installer windows 10 dari link yang Kami berikan diatas, di Langkah ini Anda akan diberikan pilihan tipe Windows 10. Pilihlah sesuai keinginan Anda. Disini admin akan memilih versi Windows 10 Pro 64 Bit. Lalu klik Next.

Pilih tipe versi Windows 10

5. Persetujuan Kebijakan Lisensi Windows 10

Selanjutnya jika sudah memilih versi windows 10, layar PC atau laptop Anda akan menampilkan bagian kebijakn sayarat dan ketentuan lisensi.

Silahkan dibaca, namun jika tidak ingin silahkan langsung klik untuk memberikan centang pada bagian “I Accept the licence terms”. Setelah itu klik “Next”.

Kebijakan Lisensi Windows 10

6. Pilih tipe installasi Windows 10

Ada dua jenis Windows yang tersedia yaitu Upgrade dan Custom. Jika Anda memilih Upgrade maka Windows akan langsung otomatis menggunakan partisi yang ada. Anda tidak dapat melakukan perubahan apapun.

Sedangkan jika ingin melakukan perubahan atau menambah partisi untuk penyimpanan data, Anda bisa memilih Custom. Silahkan pilih sesuai dengan keinginan.

Di tutorial cara install ulang windows 10 ini, Admin akan memilih Custom : Install Windows only (advanced).

Custom : Install Windows only (advanced)

7. Membuat Partisi Harddisk Windows 10

Apakah Anda melihat bahwa di sebuah komputer terdiri dari dua atau lebih jenis data, seperti data C dan data D. Data C biasanya digunakan untuk penyimpanan sistem, sedangkan data D biasanya digunakan untuk penyimpanan file penting lain seperti foto dan video.

Di tahap inilah Anda akan menentukannya. Dengan memisahkan antara data sistem dan data pribadi, data tersebut akan dengan mudah ditemukan.

Jika komputer atau laptop Anda dalam posisi sudah pernah terinstal sistem operasi, biasanya akan tampil beberapa partisi yang sudah ada.
Berarti Anda harus teliti. Anda harus memilih partisi mana yang akan di hapus atau di format.

Normalnya akan ada 3 bagian partisi pada hardisk yang ingin di install ulang windows 10, yaitu:

  • Partisi 1 : System Reserved / Recovery
  • Partisi 2 : Primary ( Yang ini biasanya untuk tempat installasi windows 10 dan aplikasi lain)
  • Partisi 3 : Primary ( Ini biasanya untuk menyimpan file – file pribadi Anda)

Jika Anda tidak ingin file atau data-data yang ada pada harddisk terhapus, maka cukup format partisi nomor 1 dan 2 saja.

Nah di sini Admin memilih untuk mendelete semua partisi dan membuat partisi harddisk baru pada proses install windows 10. Karena sebelumnya Admin sudah membackup semua data-data pada harddisk.

Untuk cara membuat partisi harddisk pada install ulang windows 10, silahkan pliih Drive Unlallocated space, lalu klik New dan tentukan dulu kapasitas partisinya. Jika kapasitas partisi hardisk windows 10 sudah Anda tentukan, kemudian klik Apply.

Membuat Partisi Harddisk Windows 10

Langkah selanjutnya, setelah proses partisi hardisk yang pertama sudah dibuat, Anda perlu mempartisi lagi sisa kapasitas hardisk, langsung saja pilih Partition Drive Unlallocated space lagi, kemudian klik new dan langsung saja klik Apply.

8. Pilih Temapt Penyimpanan Installasi Windows 10

Terlihat bahwa ternyata ada tiga tempat yang kita buat yang terdiri dari kapasitas berbeda-beda. Pilihlah Harddisk Partition 2 sebagai tempat untuk instalasi Windows 10. Jika seluruhnya sudah sesuai dengan keinginan Anda, langkah selanjutnya adalah klik “Next”.

Pilih Temapt Penyimpanan Installasi Windows 10

9. Proses Penginstallan Windows 10

Ketika Anda memilih “Next” pada tahap sebelumnya, maka Windows 10 akan terinstall dengan sendirinya.

Tunggu hingga prosesnya 100%, nanti jika proses sudah menunjukan di angka 100% komputer atau laptop Anda akan restart bebrapa kali dengan sendirinya.

Proses Penginstallan Windows 10

Catatan: Sebelum PC / Laptop restart, Anda harus mencabut flashdisk yang Anda gunakan untuk menginstal Windows 10. Hal ini wajib Anda lakuan untuk mencegah komputer Anda mengulang proses instalasi.

10. Tunggu Proses Installasi Windows 10 Selesai

Setelah restart, PC atau Laptop akan memulai booting, tunggu hingga proses intallasi selesai.

Booting install Windows 10

11. Pilih Lokasi Negara

Dibagian ini, pilih region sesuai tempat Anda tinggal. Pilih lokasi negara Indonesia.

Pilih Lokasi Negara

12. Pilih tipe layout Keyboard

Selanjutnya pilih tipe layout keyboard, Anda bisa memilih US, lalu klik Next.

Pilih tipe layout Keyboard Windows 10

Dan untuk Want to a second keyboard layout, bisa pilih klik Skip.

13. Pengaturan Internet dan WiFi

Jika di tempat Anda terdapat koneksi WiFi, Anda bisa sambungkan WiFi, jika belum ada silahkan bisa lewati Langkah ini dengan memilih I don’t have internet.

Pengaturan WiFi Windows 10

Kemudian pada pilihan menu There’smore to discover when you connect to the internet, Anda bisa pilih Continue with limited setup.

14. Buat nama pengguna untuk PC Windows 10

Buatlah nama user untuk Windows 10 Pro tersebut. Berikan nama dan password yang ada, untuk passwordnya boleh di isi boleh juga dikosongkan, lalu “Next”.

Atur nama pengguna Windows 10 Atur password Windows 10

15. Pengaturan Privasi Windows 10

Pada bagian Choose privacy settings for you device, Anda bisa langsung pilih klik Accept saja.

Pengaturan Privasi Windows 10

16. Proses Akhir Penginstallan Windows 10

Ditahap ini adalah proses akhir untuk penginstallan Windows 10. Tunggu hingga selesai.

Cara install ulang Windows 10 dengan flashdisk

Jika proses akhir ini sudah selesai, maka tampilan home screen windows 10 akan tampil di pc Anda.

Proses installasi windows 10 di computer laptop Anda sudah selesai, sekarang PC Anda sudah sukses terinstal system opersai windows 10 versi terbaru.

Cara install Windows 10 Pro

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Dengan mengikuti arahan kami tadi, kami yakin Anda pasti bisa menginstallnya.

Windows 10 Pro siap untuk menunjang seluruh aktivitas Anda. Jika Anda mengalami masalah dalam proses install maupun Windows 10 Pro yang digunakan tidak mau bekerja, silahkan kirim pertanyaan tersebut pada kolom komentar.

Kami akan dengan senang hati membantu Anda dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman Anda sehingga mereka juga bisa menginstall Windows 10 sendiri.

Selamat mencoba ya!

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.