7 Aplikasi Smartphone Terbaik untuk Para Pendaki

Aplikasi_pendaki_terbaik[1]

7 Aplikasi smartphone terbaik untuk Para Pendaki – Seiring perkembangan jaman banyak perubahan yang terjadi disekitar kita. Mobilisasi dan pembangunan dan hiruk pikuknya kota tidak selalu serta – merta membawa kesenangan bagi mereka yang berada dalam lingkungan tersebut.

7 Aplikasi smartphone terbaik untuk Para Pendaki

Mungkin itu salah satu faktor kunjungan wisata alam meningkat. Adakalanya ketika jenuh dengan rutinitas dengan menikmati alam kita bisa melihat pemandangan alam yang indah dan menghirup udara segar alami yang tidak didapatkan di Mall mewah sekalipun.

Ada yang berwisata alam sekedar penghilang penat ada juga yang memang menyalurkan hobinya yang kadang cukup extreme seperti paralayang, terjun payung, panjat tebing, downhill, mendaki dan lainnya.

Aplikasi smartphone untuk Para Pendaki yang paling rekomeded-mendaki gunung merupakan kegiatan outdoor yang semakin popular akhir-akhir ini, dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses informasi seperti media social yang semakin beragam, secara otomatis menarik para wisatawan untuk datang.

Namun kadang banyak diantara mereka para pendaki baru belum mempersiapkan sepenuhnya, jadi ada baiknya mempersiapkan dari fisik ,alat-alat pendakian da juga logistic. Dan untuk menunjang pendakian KlinikTekno akan merekomendasikan aplikasi yang akan membantu kalian saat pendakian.

1. Pendaki gunung

Sebelum pendakian ada baiknya jika mencari informasi dari gunung yang menjadi tujuan pendakian. Aplikasi Pendaki Gunung ini akan sangat membantu bagi para pendaki yang didalamnya terdapat info cukup lengkap sebagai referensi pendakian.

Didalamnya kita bisa memilih gunung lengkap dengan viuw gunung, jalur pendakian, tiket masuk, serta keterangan atau cerita terkait dengan gunung tersebut.

2. ViewRanger jejak & peta

 

ViewRanger aplikasi pendaki

sebuah aplikasi yang cocok untuk para pendaki dan cukup dikenal sampai sejauh ini. ViewRanger dapat berfungsi bahkan ketika tidak ada sinyal sekali pun. Kita biasa membuat jadwal dan membuat rute perjalanan, merecord jejak kita kemudian bisa kita bagi kepada rekan pendaki lain dan kerabat. Dengan adanya system GPS kita bisa membantu menemukan pengguna lainnya yang tersesat.

3. WeatherBug

WeatherBug aplikasi pendaki

Selanjut ada aplikasi WeatherBug, sebuah aplikasi cuaca yang menampilkan banyak funsi didalamnya. Setelah mendapatkan referensi dari gunung yang akan didaki, selanjutnya kita perlu melihat kondisi cuaca di lokasi, apakah memungkinkan untuk melakukan pendakian. WeatherBug menampilkan cuaca secara real-time dan prakiraan hari-hari berikutnya.

4. SAS Suvival Guide

Sas Survival Guide aplikasi pendaki

Aplikasi yang aka menjadi berguna ketika dalam perjalanan. Jika kemungkinan kita dalam keadaan tersesat aplikasi ini bisa menjadi panduan untuk bertahan hidup bukan hanya di hutan, gunung, tapi juga disegala medan, dilaut dan juga padang pasir.

5. AllTrails

Alltrail Aplikasi Pendaki

Mempunyai fungsi untuk melakukan perekaman perjalanan dan membagi di social media, AllTrails memberi kita pilihan untuk membuat jalur sediri atau memilihi rute yang terhitung lengkap karena tersimpan didalam aplikasi ini.

6. FirshAid

Firsh Aid Aplikasi Pendaki

FirshAid merupakan aplikasi panduan ketika terjadi kecekalaan atau juga bencana. Didalamnya berisi video dan visualisasi gambar animasi untuk melakukan pertolongan awal untuk sesame pendaki. Selan itu juga ada safety guide saat terjadi bencana.

7. Muslim Pro

Muslim Pro Aplikasi Pendaki

Ada satu lagi aplikasi yang sangat berguna khusus buat yang beragama islam yaitu Muslim Pro.
Dengan aplikasi ini kita bisa melihat kiblat, jadwal shalat yang akurat dengan notifikasi adzan, alquran, terjemahan doa-doa. kalender dll.

– kode etik petualang,

“Take nothing but pictusre – jangan mengambil apapun kecuali gambar.
 Leave nothing but foot print –jangan meninggalkan apapun kecuali tapak kaki atau jejak.
Kill nothing but time – jangan membunuh apapun kecuali waktu.

Itulah tadi beberapa Aplikasi smartphone Android maupun IOS yang bisa membantu perjalan pendakian agar lebih aman. Jangan lupa juga  untuk mempersiapkan fisik dan mental, jaga kekompakan, karena puncak adalah bonus, yang paling utama adalah kebersamaan dan pulang dengan selamat. Dari KlinikTekno salam lestari.