5 Rekomendasi UPS Terbaik untuk Komputer

5 Rekomendasi UPS Terbaik Untuk Komputer server, kantor & PC Pribadi

5 Rekomendasi UPS Terbaik untuk komputer server, kantor dan pc pribadi – Untuk memilih UPS pastinya kamu perlu memerhatikan beberapa aspek agar tidak merasa rugi.

Beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu kelengkapan atribut atau spesifikasinya dan tentunya harganya. Berikut kami uraikan 5 jenis rekomendasi UPS terbaik untuk komputer server, kantor dan pc pribadi.

Rekomendasi UPS Terbaik untuk Komputer

Bingung pilih UPS bagus dengan harga terjangkau? Berikut kami uraikan 5 jenis rekomendasi UPS terbaik untuk komputer server, kantor dan pc pribadi milikmu.

1. APC Back-UPS Pro 1500VA

Pertama, kami merekomendasikan merk APC Back-UPS Pro 1500VA sebagai UPS terbaik untuk server dengan harga yang beredar sekitar 3 hingga 7 jutaan, kamu harus bisa pintar-pintar mencari toko yang menawarkan harga paling murah.

APC Back-UPS Pro 1500VA

Adapun beberapa kelebihan dari tipe ini yaitu:

  • Layarnya sudah LCD
  • Sudah banyak outlet
  • Jejak kaki kecil
  • Baterai hot swappable.

Tak melulu soal kelebihan, ternyata tipe ini memiliki beberapa kekurangan juga seperti:

  • Tidak adanya port USB
  • Ukurannya terlalu besar.

UPS tipe ini mampu menyediakan 865W/1500VA yang baik untuk runtime 73 menit pada 100W. Memiliki 5 outlet cadangan baterai dengan perlindungan lonjakan arus ditambah 5 yang hanya punya perlindungan lonjakan arus.

Artinya kamu bisa punya 5 colokan yang akan tetap menyala ketika listrik mati dan 5 lainnya akan melindungi peralatan milikmu jika terjadi kenaikan tegangan.

Layar LCD yang terpasang akan menunjukkan daya, jika daya hampir habis maka kamu bisa melakukan penukaran baterai. Meski berukuran besar, tipe ini masih bisa disimpan di atas meja. Baterai yang digunakan menggunakan gelombang sinus bertahap atau simulasi.

2. Tripp Lite AVR750U UPS Battery Backup

Tipe rekomendasi yang kedua yaitu Tripp Lite AVR750U UPS Battery Backup, harga UPS 750VA ini mulai dari 1 hingga 2 jutaan saja. Outletnya terdiri dari 6 baterai dan 6 pelindung lonjakan arus. Daya cadangan baterai 750VA/450W.

Tripp Lite AVR750U UPS Battery Backup

Berikut beberapa kelebihan dari tipe ini:

  • Outletnya banyak
  • Harganya lebih terjangkau.

Kekurangan dari tipe ini hanyalah kurangnya dokumentasi. Keenam colokan yang ada mampu mempertahankan beban 60W selama 42 menit, merupakan waktu yang cukup untuk mematikan peralatanmu dengan aman.

Cara pasangnya cukup mudah, kamu hanya perlu menempatkan UPS pada tempatnya lalu mencolokkannya. Fitur lain yang berguna adalah alarm baterai. Ketika listrik mati, maka UPS tidak akan langsung membunyikan alarm, namun menunggu hingga baterai habis baru membunyikan alam.

Tipe ini bisa dikatakan merupakan UPS terbaik untuk kantor rumah, pc pribadi dan konsol gamin PS5 atua PS4 yang tidak terlalu luas.

3. APC Back-UPS 425VA

Rekomendasi yang ketiga yaitu APC Back-UPS 425VA. Harganya sekitar 700 hingga 1 jutaan rupiah. Outletnya terdiri dari 4 baterai dan 2 pelindung lonjakan arus. Daya cadangan baterai sebesar 425V/225W.

APC Back-UPS 425VA

Berikut adalah kelebihan dari APC Back-UPS 425VA:

  • Sederhana
  • Harganya terjangkau
  • Ukurannya kecil.

Sedangkan untuk kekurangannya yaitu:

  • Outputnya tidak banyak
  • Tidak memiliki layar LCD.

Tipe ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki budget sedikit. Perangkat ini dirancang untuk menjaga perangkat berdaya rendah seperti router atau pengisi daya laptop. Dengan daya 100 watt, waktu pengoperasian sekitar 37 menit. UPS komputer ini juga sudah bersertifikat Energy Star.

Alarm yang terpasang bisa diatur sesuai keinginanmu. Bisa kamu bunyika ketika kehilangan daya atau bisa menunggu sampai baterai hampir habis. Karena ukurannya yang kecil, maka banyak yang memasangnya di meja. Sayangnya, tidak ada layar LCD untuk memantau daya.

4. CyberPower EC850LCD UPS

Keempat ada CyberPower EC850LCD, harga UPS 500 Watt ini sekitar 1,5 juta rupiah. Spesifikasi UPS nya yaitu outletnya terdiri dari 6 baterai dan 3 pelindung lonjakan arus serta 3 eco. Daya cadangan baterainya 850 VA/510W.

CyberPower EC850LCD UPS

Beberapa keunggulannya yaitu:

  • Terdapat mode ramah lingkungan
  • Outletnya banyak, ada 12.

Sedangkan kekurangannya yaitu daya jangan pendek jika terjadi kehilangan daya. Uniknya dari tipe ini yaitu terdapat 3 eco yang ramah lingkungan. Colokan ramah lingkungan tersebut mampu membantu kamu untuk menghemat daya dengan mati otomatis ketika terdeteksi bahwa perangkat yang terhubung juga mati.

UPS ini mampu memberikan output 510 watt, namun pada tingkat konsumsi tersebut, kamu hanya akan mendapat cadangan baterai selama 2,3 menit. Terdapat juga layar LCD yang mudah dibaca dan dapat menunjukkan berapa banyak daya yang sudah dikeluarkan.

5. CyberPower CP1500PFCLCD UPS

Terakhir ada UPS CyberPower CP1500PFCLCD dengan harga UPS 1000 watt ini sekitar 4 juta rupiah. Outletnya terdiri dari 6 baterai dan 6 pelindung lonjakan arus. Daya cadangan baterai 1500VA/1000W.

CyberPower CP1500PFCLCD UPS

Beberapa kelebihannya sebagai berikut.

  • Panel LCD bisa dimiringkan
  • Outletnya banyak, ada 12
  • Terdapat ekstra port USB.

Satu-satunya kekurangan dari tipe ini adalah harganya yang mahal. Memiliki layar LCD yang bisa dimiringkan sebanyak 22 derajat sehingga mempermudah pembacaan.

Informasi yang ditunjukkan pada layar termasuk lengkap seperti ada informasi watt, sisa runtime, dan lainnya. Runtime yang bisa kamu gunakan adalah 83 menit pada 100 watt.

Kamu akan menemukan colokan USB-A dan USB-C untuk mengisi daya perangkat seluler milikmu. Kamu bisa menyimpannya di lantai, di meja atau di belakang furnitur yang ada.

Tipe UPS terbaik ini adalah pilihan paling mahal, namun sangat solid untuk tipe menengah ke atas dan cocok sekali untuk komputer server yang membutuhkan backup daya listrik yang tinggi.

Demikianlah informasi mengenai 5 rekomendasi UPS terbaik yang bagus dan awet cocok untuk komputer server, kantor dan pc gaming pribadi dari Klinik Tekno.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.