Tanda Freon AC Split Bocor dan Cara Mengatasinya

Freon AC Split Bocor

Tanda-tanda Freon AC Split Bocor – AC split umum digunakan masyarakat untuk kebutuhan rumah tangga maupun usaha. Dalam sistem kerjanya Air conditioner split menggunakan gas freon dalam menciptahakan suhu dingin pada ruangan.

Freon adalah senyawa kimia bisa berubah dari zat cair menjadi gas atau sebaliknya dan penggunaannya sebagai fluida.

Pada AC freon matau refrigeran adalah gas atau cairan yang penting digunakan untuk menyerap beban pendingin ruangan agar suhu udaranya menjadi lebih dingin.

Freon didalam AC dipompa oleh kompresor menimbulkan suhu dingin pada evaporator dan dihembusakan kedalam ruangan.

Hembusan freon akan bergerak didalam ruangan dan membuat udara yang tadinya hangat menjadi sejuk.

Tanda Freon AC Split Bocor dan Penanganannya

Bukan hanya kotoran , debu dan partikel lainnya yang menjadi kendala pada AC, Namun kebocoran freon pada Air Conditioner akan membuat masalah kerusakan yang lebih parah.

Apabila gas freon ac bocor, maka akan menyebar keudara dan apabila gas ini terhirup maka akan berubah menjadi racun dan semakin lama bisa berefek buruk bagi kesehatan.

1. Hembusan kipas AC hangat

Gas refrigeran / freon yang bocor dapat menyebab hembusan udara pada kipas inner/indoor AC menjadi lebih hangat dari saat normal dalam kondisi AC menyala.

Dan untuk lebih lengkapnya disini kita akan bahas satu persatu tanda – tanda gas freon pada AC mengalami kebocoran.

2. Muncul Bunga Es

Munculnya bunga es ini berada pada pipa dan Unit outdoor AC. Hal ini bisa terjadi karena pendinginan pada AC sudah tidak terjadi karena kurang freon.

3. Putaran kipas outdoor AC tidak Panas

Dalam keadaan normal seharusnya kipas AC unit outdoor seharusnya menghasilkan hawa panas karena sebagai pemindah panas dari suhu ruangan didalam.

Lakukan pemeriksaan pada unit AC outdoor dan rasakan suhu disekitar putaran kipasnya, jika tidak terasa hawa panas yang muncul maka bisa menjadi indikasi bahwa AC Anda mengalami kebocoran freon sehingga kurang gas freon atau kemungkinan sudah kosong.

4. Lampu Indikator Timer Berkedip

Lampu indikator selalu ada disetiap unit AC khususnya untuk bagian AC indoornya. Lampu ini sebagai pemberitahuan bahwa ada yang bermasalah pada AC split tersebut.

Anada bisa memperhatikan lampu tersebut jika berkedip – kedip maka kemungkinan ada kerusakan pada unit AC,kerusakan bisa saja terjadi pada dinamo kompresor, komponen elektronik, atau juga tekanan freon yang bermasalah.

Jika hal ini terjadi dan udara diruangan AC tidak segera dingin maka harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dan apabila Anda sudah melakukan pemeriksaan dari hal yang terjadi diatas dan lampu indikator masih berkedip sebaiknya Anda memanggil teknisi terpercaya untuk memperbaiki AC Anda.

Teknisi biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan mengecek kondisi freon dengan memeriksa saluran pipa kemudian memeriksan kompresor dan apakah masih ada freon atau tidak.

Setelah pembahasan kami diatas maka dapat disimpulkan apabila terjadi masalah seperti diatas maka sebaiknya Air conditioner harus segera diperbaiki.

Karena jika kondisi ini dibiarkan apalagi AC masih dipaksa untuk dinyalakan maka freon didalam AC akan benar-benar habis. Hal ini akan menyebabkan kerusakan yang parah.

Kompresor yang menjadi mesin utama dari AC split bisa mengalami kerusakan, hal ini membuat AC outdoor sudah benar – benar tidak bisa dipakai lagi.

Dan untuk perbaikan tentunya Anda harus mengeluarkan dana yang tidak murah karena yang pasti harus mengganti kompresor dan mengisi freon ditambah jasa teknisi.

Mungkin itu saja sedikit informasi mengenai permasalah kebocoran gas freon pada AC, semoga artikel ini bermanfaat.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM