Cara Memperbaiki Rem Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Memperbaiki Kerusakan Rem Pengering Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Memperbaiki Kerusakan Rem Pengering Mesin Cuci 2 Tabung – Mesin cuci 2 tabung memiliki bagian yang terpisah antara tabung cuci dan juga tempat pengeringnya.

Keuntungan dari mesin yang terpisah ini membuat mesin cuci masih bisa digunakan walaupun salah satu mesinnya mengalami kerusakan.

Misalkan mesin pengering tidak berfungsi namun mesin washnya masih normal berarti mesin cuci ini hanya bisa digunakan untuk mencuci dan bilas sedangkan pengeringannya dilakukan secara manual.

Begitu juga sebaliknya ketika mesin wash rusak maka mesin cuci ini masih bisa digunakan untuk mengeringkan cucian.

Cara Mengganti Rem Mesin Cuci 2 Tabung

Seperti pada artikel lain yang pernah kita jelaskan mengenai sistem kerja rem pada mesin cuci 2 tabung kali ini kita akan bahas mengenai kerusakan yang terjadi dan bagaimana memperbaikinya.

Untuk melakukan penggantian rem yang harus dilakukan adalah membongkar body mesin cucinya.  Namun sebelumnya siapkan alat – alatnya.

Alat – alat perbaikan

  • Obeng
  • Traker
  • kunci T
  • kunci Inggris Adjustable
  • Tang
  • Palu
  • Avometer

Membongkar Body Mesin Cuci

Langkah pertama buka penutup mesin pada bagian belakang mesin cuci kemudian lepaskan tali yang bisa menahan saat membongkar mesin cuci seperti tali seal pembuangan dan juga sambungan tali kawat kampas rem.

baut as tabung pengering

Kemudian buka baut pada puli yang mengunci as tabung pengering. biasanya ukuran bautnya antara 7 dan 8 “.  Kemudian langkah selanjutnya adalah melepas semua baut pada body bagian atas.

body mesin cuic 2 tabung

Hal ini dilakukan untuk memudahkan saat melepas tabung pengering. Jadi setelah melepas baut – bautnya maka lepaskan rangka atas nanum tetap hati – hati karena terdapat rangkain kabel dari timer.

Kemudian tahan puli bagian bawah dengan kunci inggris ajustable, selanjutnya putar dan tarik tabung pengering sampai tabung terlepas.

Kemudian rebahkan mesin cuci kemudian buka seluruh baut bodinya. Posisi ini memudahkan kita untuk membuka baut pada bodi mesin cuci ini.

Setelah semua baut terbuka maka tarik bodi bagian bawah tempat dimana letak dinamo mesin wash dan pengering kemudian perhatikan pada bagian dinamo pengering.

Lepaskan pulinya dengan sebelumnya lepas baut as dinamo motornya. setelah terlepas maka gunakan bantuan traker untuk melepas dari as dinamo pengeringnya.

Apabila puli sudah terlepas selanjutnya tinggal melepas baut pada rem maka kemudian ganti dengan 1 set rem yang baru.

rem set dinamo pengering mesin cuci

Jika pemasangan rem pada dinamo pengering selesai selanjutnya pasang kembali pulinya. Untuk pemasangan gunakan bantuan palu namun lakukan dengan hati – hati karena pemasangan yang asal – asalan akan membuat puli ini tidak center.

Kemudian untuk pemasangan baut puli juga harus diperhatikan, jika saat mengencangkan baut sekiranya sudah terasa berat maka segera hentikan.

Karena jika dipaksa makan ulir pada puli yang berbahan alumunium akan rusak/dol dan justru as tidak bisa dikencangkan.

Selain itu dipaksa maka baut justru bisa patah dan untuk mengambil patahan baut cukup merepotkan karena harus menggunakan bantuan las.

Jika pemasangan puli berhasil selanjutnya pasang kembali body bawah tengah dari mesin cuci ini dan pasang juga bautnya.

Setelah selesai posisikan  mesin cuci dalam keadaan berdiri kemudian lakukan pemasangan tabung pengering dengan hati – supaya seal pengering tidak robek.

Gunakan bantuan tangan untuk meraba lubang seal dan paskan pada as tabung pengering. Jika as sudah melewati seal pengering kemudian lihat bagian mesin pengering, pas kan as tabung pengering pada puli.

Setelah pas maka tekan kebawah sampai lubang as dan lubang puli tempat baut bertemu, kemudian pasang bautnya.

Jika sudah maka rapikan istalasi dan tali – tali kemudian pasang kembali rangka atas mesin cuci tersebut. Jika sudah tinggal menyambungkan tali rem dengan kawat kampas dan juga jangan lupa tali seal pembuangan.

Memperbaiki pintu pengering patah

Untuk melihat kerusakan pada pintu pengering pertama yang harus dilakukan adalah membuka rumah tombol selektor.

Untuk membuka bagian ini kita harus mengetahui letak dari klem – klem penguncinya, karena jika kita memaksakan untuk mencukilnya akan menyebabkan rumah tombol selektor ini pecah.

Jika sudah berhasil dibuka barulah kita akan mengetahui kerusakan yang terjadi dibagian pintu pengering ini. Pada bagian ini kita akan melihat beberapa bagian komponen.

per pintu pengering

Diantaranya ada saklar mesin spin per dan pintu pengering sendiri. Per yang sudah uzur bisa mengalami karat dan lapuk jika ini terjadi maka ketika pintu dibuka maka pintu akan kembali tertutup karena per sudah tidak bekerja normal.

Begitu juga jika pintu tempat per dan pengait tali rem patah maka keadaan pintu juga akan mengalami hal yang sama dan yang harus dilakukan adalah mengganti pintu dan per tersebut.

pintu pengering patah

Untuk per biasanya dijual mulai harga 10 ribuan sedangkan pintu pengering biasa dijual mulai 100 ribuan.

Pasang Tali Rem Pengering Mesin Cuci

Tali rem ini sama dengan yang digunakan pada tali sel pengering namun memiliki ukuran yang lebih pendek. Kemudian disambung lagi dengan tali kawat rem, kawat ini diberikan pegangan yang disambung pada bodi/tabung.

tali rem mesincuciUntuk harga tali biasanya dijual sekitar 5 ribuan dan kawat rem kampasnya sekitar 10 ribuan. Yang harus diperhatikan ketika pemasangannya adalah pengaturan panjang dari tali remnya.

Untuk mengganti kawat kampas rem perlu dilakukan pembongkaran body seperti yang dijelaskan diatas. Lapas tali rem dan pegangannya menggunakan tang.

Setelah itu pasang kawat yang baru dan lakukan pemasangan bodi kembali. Yang paling penting sekaarang adalah mengatur panjang dari tali rem ini. Sesuaikan agar pengereman bisa maksimal namun ketika pintu pengering ditutup bisa menutup sempurna dan tidak terangkat.

Pemasangan tali rem yang terlalu kencang akan membuat pintu pengering tidak tertutup rapat atau terangakat dan hal ini bisa membuat pintu menjadi patah.

Karena itulah pengaturan tali yang pas akan sangat penting pada rem.

Semoga artikel cara pemperbaiki rem pengering mesin cuci 2 tabung ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah kerusakan pada rem mesin cuci 2 tabung.

Wahid Santoso
apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM