Penting! 5 Kelebihan dan Kekurangan Smart TV

kelebihan dan kekurangan smart tv
Photo by: fpf.org

Kelebihan dan Kekurangan Smart TV – Sobat kliniktekno, apakah Anda ingin menggunakan smart tv? Jika iya, sudah tahukah Anda mengenai kelebihan dan kekurangan smart tv tersebut? 

Mengulik lebih dalam smart tv memang sangat penting, apalagi ketika kita ingin menggunakannya. Ada banyak orang di luar sana yang masih bingung, apakah lebih bagus menggunakan smart tv atau android tv box? Apakah Anda juga termasuk ke dalam golongan tersebut? 

Jika iya, Anda berada di halaman yang tepat karena di sini kami akan membahas lebih mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan smart tv. Setelah mengetahuinya, Anda juga bisa mencari tahu mengenai kelebihan dan kekurangan android tv box, dan membandingkan keduanya. 

So, tunggu apalagi? Let’s get start it!

Pengertian Smart TV

Sebelum benar-benar membahas mengenai kelebihan dan kekurangannya, alangkah lebih baik untuk mengetahui apa itu smart tv? 

Secara gamblang, smart tv adalah sebuah pesawat televisi yang mampu terhubung dengan internet sehingga para pengguna dapat melakukan kegiatan yang ia inginkan, seperti streaming video, searching mengenai sesuatu hal, hingga bermain game

Terciptanya teknologi ini sebenarnya karena kondisi tv dahulu yang memiliki rangkaian acara yang ditentukan oleh stasiun tvnya, bukan penontonnya. Karena hal tersebut, terkadang acara yang disajikan tidaklah sesuai dengan pengguna, dan akhirnya pengguna akan malas untuk menonton. 

Selain hal tersebut, dahulu ketika ingin menonton video secara online, masyarakat biasa menggunakan PC atau smartphonenya. Layar dari kedua benda tersebut sangatlah terbatas, sehingga akan sulit untuk menikmati film bersama orang lain. 

Lebih lanjut, terlalu sering menggunakan kedua barang tersebut juga berpengaruh negatif terhadap postur tubuh seseorang. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? 

Maka dari itu, smart TV akan membantu untuk menghubungkan antara saluran tv biasa dengan saluran online “Over The Top” (OTT) sehingga penggunanya dapat memanfaatkan tv dengan lebih baik. Beberapa aplikasi yang populer digunakan adalah Youtube, Netflix, dan Spotify

Kelebihan Smart TV

kelebihan smart tv
Menonton bersama dengan film yang diinginkan (sumber: publicdomainpictures.net)

Akses Konten yang Sangat Banyak

Kami yakin ini merupakan salah satu daya tarik ketika Anda mencari lebih lanjut mengenai smart tv. Ya, memang banyak sekali orang tertarik menggunakannya karena kelebihan satu ini. 

Smart tv menyediakan banyak sekali konten yang bisa Anda tonton di berbagai jenis aplikasi. Tentunya, seluruh aplikasi yang disediakan pun gratis. Anda hanya perlu membayar biaya langganan untuk aplikasi itu saja. 

Dengan kelebihan ini, Anda bisa menonton kapanpun dan apapun, baik itu film yang baru tayang atau bahkan film ketika masa muda orang tua. Menarik bukan? 

Lantas bagaimana jika ternyata ada aplikasi yang diinginkan namun belum ada di smart tv? Apakah semua aplikasi bisa digunakan? 

Terkadang ada beberapa aplikasi belum ada di smart tv, dan Anda tidak perlu khawatir. Silahkan kunjungi bagian App Store dan unduh aplikasi yang diinginkan. Hal terpenting adalah aplikasi tersebut kompatibel dengan tv. 

Asisten Suara

Di film-film luar negeri terkadang kita melihat bahwa dengan suara saja sebuah alat elektronik bisa bekerja. Apakah Anda ingin hal seperti itu? 

Jika iya, Anda bisa mendapatkannya di smart tv. Smart tv memiliki kemampuan asisten suara melalui Google atau Alexa. Dengan fitur suara ini, Anda bisa dengan mudah mematikan dan menghidupkan tv tanpa perlu remot. 

Pencarian Sesuai dengan Keinginan

Terhubungnya tv dengan internet juga merupakan salah satu kelebihan smart tv. Kondisi tersebut membantu penggunanya untuk melakukan pencarian sesuai dengan keinginan. Jadi, tidak akan ada lagi pencarian yang mengganggu Anda.

Resolusi Tinggi

Ketika menikmati film di tv, kualitas yang akan diberikan adalah yang paling tinggi. Hal ini akan meningkatkan kenyamanan dan membantu Anda untuk menikmati film tersebut. 

Bermain Game

Wah siapa nih yang suka bermain game? Pastinya banyak ya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Bermain game bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu luang atau rehat dari segala macam aktivitas. Dengan menggunakan smart TV, Anda bisa bermain game langsung di tv. 

Cukup dengan mendownload aplikasi game yang sesuai, atau bisa juga menyambungkannya dari PC dengan menggunakan HDMI. 

Kekurangan Smart TV

kekurangan smart tv
Hacker (sumber: pixabay.com)

Ancaman Serangan Cyber

Smart tv dapat dihubungkan dengan PC maupun smartphone, dan inilah yang menjadi salah satu jembatan orang lain untuk mengetahui data rahasia Anda. Ketika mereka bisa menyusup ke dalam sistem, maka dengan mudah dapat mengganti tontonan, menambah atau mengurangi suara, dan melakukan apa saja dari kejauhan. 

Tidak ada Privasi

Fitur terbaru seperti pengenalan wajah dan juga suara memang bagus, namun hal ini juga bisa menjadi masalah. Dengan fitur tersebut, tidak ada privasi antara Anda dengan orang yang ada di rumah. Smart tv bisa merekam melalui kamera dan mikrofon yang ada. Jika teknologi tersebut dimasuki peretas, maka data yang terekam akan bisa mereka dapatkan. 

Menjadi Lambat Karena Kapasitas

Layaknya smartphone dan PC, kinerja dari smart tv ini bisa menjadi lambat ketika penyimpanan yang ada sangat banyak atau bahkan menyamai dengan kapasitas yang ada. 

Biaya yang Tinggi

Ada harga ada kualitas. Itulah kalimat yang cocok menggambarkan mengenai biaya dari smart tv tersebut. 

Kualitas Tergantung pada Internet

Masalah pada internet seperti jaringan yang tidak konsisten atau router Wi-Fi yang jauh dari smart tv dapat menjadi penyebab turunnya kualitas tampilan yang ada. 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan smart tv, apakah Anda jadi menggunakannya? Jika iya, kami sudah membagikan rekomendasi smart tv dengan harga murah tahun 2021 yang dapat Anda baca di sini.