Jenis Sumber Energi Listrik Didunia

Sumber Energi Listrik

Jenis Sumber Energi Listrik Didunia – Pada era modern seperti sekarang ini, kita tidak bisa lepas dari listrik yang mejadi salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan manusia pada umumnya.

Listrik memberikan kemudahan dalam kegiatan rumah tangga, bisnis maupun industri, sehingga listrik turut mempengaruhi perekonomian suatu negara.

Sehingga umumnya setiap negara memiliki sumber energi pembangkit listrik untuk kebutuhan skala nasional. Banyak sumber tenaga listrik yang terus dikembangkan oleh banyak negara dengan tujuan mendapatkan listrik dari sumber alternatif yang efisien dan ramah lingkungan.

Di indonesia sendiri hampir 61 % kebutuhan listrik nasional masih bergantung dari PLTU atau pembangkit listrik tenaga uap. PLTU membutuhkan bahan bakar batu bara.

Dan sudah banyak kita ketahui batu bara memiliki sisi negatif dari kerusakan lingkungan mulai dari rusak ekosistem di wilayah tambang sampai jalur laut yang digunakan telah menghancurkan banyak terumbu karang.

Belum lagi polusi udara dari tempat PLTU yang tentunya memberi dampak buruk pada wilayah sekitarnya.

Jenis Sumber Energi Listrik Didunia

Namun terlepas dari itu semua pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai 10 sumber energi yang digunakan dan dikembangkan untuk menghasilkan listrik. Apa sajakah itu kita akan bahas selengkapnya dibawah ini.

PLTU

Jenis Sumber Energi Listrik Didunia PLTU
https://mediaindonesia.com/

Pembangkit listrik tenaga uap paling banyak digunakan di indonesia, diantaranya ada PLTU Batang, PLTU Tanjung Jati B dan PLTU Rembang.

Dengan menggunakan bahan bakar batu bara yang kapasitas batu baranya berlimpah di Indonesia, membuat harga batu bara terjangkau sehingga memadai untuk kebutuhan listrik nasional.

Salah satu contoh penggunaan PLTU juga ada pada pabrik kelapa sawit. Dikalimantan belum semua wilayah terhubung dengan listrik PLN sehingga mereka banyak menggunakan jenset.

Sedangkan para karyawan pabrik sawit dibuatkan perumahan disekitar pabrik dengan listrik yang berasal dari PLTU pabrik sawit. PLTU ini memanfaatkan biji dan onggok sawit pada boiler, sehingga efisiensi bisa dilakukan.

Angin

Jenis Sumber Energi Listrik Didunia Pembangkit listrik tenaga angin
https://www.hipwee.com/

Angin merupakan udara yang bergerak, hal ini yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. Salah satu negara yang sudah lama memanfaatkan angin sebagai sumber energi listrik adalah belanda.

Mereka membuat kincir angin yang dimana gerakan kincir akan tersambung dan menggerakan generator yang menghasilkan listrik.

Di Indonesia sendiri pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) juga sudah dibuat  30 kincir angin di daerah pengunungan sindrap sulawesi selatan

PLTD

Pembangkit listrik tenaga diesel dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. PLTD ini juga digunakan di Indonesia untuk kebutuhan listrik nasional.

Pembangkit listrik membutuhkan bahan bakar fosil atau minyak yang tentunya semakin lama bahan bakarnya akan semakin berkurang karena termasuk dalam energi yang tidak terbarukan.

Selain itu ada dampak buruk dari pembangkit ini yaitu adanya limbah yang tentunya akan berpengaruh pada lingkungan.

Air

Air juga bisa digunakan untuk menjadi sumber tenaga listrik. Air bisa menjadi tenaga listrik ketika dimana faatkan energinya, ada beberapa cara memanfaatkan air untuk menghasilkan listrik.

Energi gelombang

Energi ini dihasilkan dari gelombang atau ombak di laut, gerakan ombak laut ini akan di alihkan menjadi energi listrik yang ramah lingkungan.

Namun untuk membuat reaktornya membutuhkan biaya yang besar selain itu lokasi yang digunakan harus benar – benar sesuai.

Hidro elektrik

Hidro elektrik
kumparan.com

Hidro elektrik adalah pemanfaatan arus air yang bisa digunakan untuk menghaslkan energi listrik. maka dibuatlah bendungan besar sehingga aliran air memadai untuk memutar turbin sebagai peng hasil listrik.

Pemanfaatan ini tentunya juga ramah lingkungan karena tidak membutuhkan bahan baku lainnya.

Energi pasang surut

Energi ini memanfaatkan pasang surutnya air laut yang tentunya juga ramah lingkungan. Energi pasang surut ini menjadi salah satu energi terbarukan yang bisa digunakan unntuk menghasilkan listrik.

Energi ini cenderung lebih pasti dan mudah untuk diprediksi karena adanya pergantian siang malam dan perubahan musim yang menghasilkan pasang surutnya air laut.

Sonar / Sinar Matahari

plts sumber energi listrik tenaga surya panel surya
https://bumienergisurya.com/

Sumber energi listrik lainnya yang sekarang sudah banyak diaplikasikan adalah dari sinar matahari. Sinar matahari tentunya sangat melimpah.

Banyak penerangan jalan yang sudah menggunakan tenaga panel surya, selain itu ada juga daerah pelosok yang juga mengaplikasikan panel surya ini, setidaknya untuk kebutuhan penerangan.

Hanya saja untuk kebutuhan listrik massal, pembangunan pembangkit listrik tenaga surya ini membutuhkan biaya yang cukup besar. selain itu cuaca kadang menjadi masalah.

Panas bumi

Panas bumi juga menjadi sumber energi listrik yang terbarukan karena panas bumi ini tidak ada habisnya. Namun sayang untuk membangun pembangkit listrik dari panas bumi tidak banyak tempat yang bisa dibagun.

Bio massa

Bio massa merupakan bahan atau limbah organik seperti daun, kayu, buah maupun kotoran hewan. Bahan – bahan ini biasanya digunakan untuk pupuk, pakan ternak namun selain itu bio massa bisa menghasilkan bio gas dan sumber tenaga listrik.

Seperti yang dilakukan oleh General Elektrik (GE)  yang bekerjasama dengan PLN. Perusahaan ini membangun pusat pembangkit listrik tenaga biomassa dengan nama “Biomass”.

Biomass ini menggunakan teknologi Jenbacher dengan memanfaatkan serpihan bakaran kayu, berbagai limbah gas landfill, gas methana batu bara dab gas sewage.

500 megawatt listrik mampu dihasilkan dari berbagai tempat di Indonesia dari 700 mesin gas GE. Dan mulai tahun 2015 “Biomass” ini mampu menghasilkan listrik 1 megawatt.

Dan diperkirakan GE sudah kontribusinya dengan suplai 30% untuk tenaga listrik Indonesia.

Nuklir

Dari semua sumber energi, sejauh ini nuklir menjadi sumber energi yang terpadat didunia. Kita bisa lihat untuk perbandingannya yang sangat signifikan dibanding sumber energi lainnya.

Sebagai perbandingan saja dengan berat yang sama, misal 1 kg batu bara dan 1 kg uranium yang sama-sama di ekstrak dari perut bumi, untuk 1 kg batubara kita bisa nyalain lampu 100 W selama 4 hari.

Namun dengan 1 kg uranium, kita bisa menyalakan lampu kurang lebih selama 180 tahun. sangat luar biasa bukan ?

Namun selain bisa menghasilkan panas dan energi yang luar biasa, ada dampak buruk yang sangat berbahaya apabila tidak ditangani dengan benar.

Ketika terjadi kesalahan atau kebocoran reaktor dari nuklir tersebut maka bisa menimbulkan ledakan besar dan efek radio aktif dengan radius yang luas selama bertahun-tahun. contoh nyatanya seperti bom nuklir yang terjadi pada kota nagasaki dan hirosima.

Mungkin itu saja informasi mengenai sumber tenaga listrik tak terbarukan dan terbarukan dan saat ini terus dikembangkan untuk inovasi energi alternatif sebagai sumber listrik.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda, dan terimakasih sudah membaca.

apa yang paling mahal didunia ini, FREEDOM