Jenis dan Cara Kerja Manifold Gauge

Manifold Gauge

Jenis dan Cara Kerja Manifold Gauge – Manifold gauge merupakan peralatan wajib bagi mereka yang bergerak pada usaha servis AC rumah, AC mobil, kulkas, freezer, showcase dan sejenisnya.

Kulkas sebagai barang hasil inovasi yang diciptakan manusia tentunya memiliki batas masa pakai. Setelah beberapa tahun komponen pada kulkas yang berfungsi untuk menunjang kinerja kulkas kadang akan mengalami kerusakan.

Beberapa kerusakan mungkin tidak berpengaruh pada kinerja mesin seperti lampu kulkas mati, swit lampu rusak, kaki – kaki kropos, pintu freezer dan rak pecah.

Namun untuk kerusakan pada komponen mesin yang melibatkan sistem pendingin tentunya harus sesegera mungkin dilakukan perbaikan. Dan untuk melakukan perbaikan dibutuhkan alat – alat yang menunjang.

Jenis dan Cara Kerja Manifold Gauge

Salah satu alat untuk perbaikanya adalah Manifold gauge, alat ini didesain dengan kontruksi yang kuat dan skala yang mudah dipahami.

Fitting pada manifold rata – rata memiliki ukuran standar sehingga memudahkan penyambungan nozzel tanpa perlu khawatir memilih ukuran.

Jenis Manifold gauge

Manifold gauge yang sering kita lihat ada dua jenis yaitu tipe single dan tipe double. Namun kali ini kita akan mengupas tentang manifold gauge tipe double dengan 5 atau 4 valve, karen 1 valve digunakan untuk mengambil gas freon dari tabung freon.

  • Single Manifold Gauge

single manifoldSeperti namanya alat ini hanya menggunakan satu pengukuran manifold yang ter diri dari 2 nozzle dan satu katup putar.

Alat ini mencapai Range mulai dari 30 inch Hg hingga 0 PSI untuk pengukuran tekanan di bawah atmosphere. Sedang pada pengukuran diatas tekanan atmosphere mencapai 0 PSI hingga 350 PSI.

Alat ini mampu digunakan untuk mengukur tekanan berbagai jenis freon seperti R134a, R410a, R22 dan R32. Untuk perbaikan kulkas, single manifold ini dirasa cukup.

Dipasaran single manifold dijual mulai Rp. 85.000,-

  • Double Manifold Gauge

bagian manifold

  • Gauge Low Preasure

Pada bagian kiri manifold berwarna biru yang digunakan untuk pengukuran tekanan rendah (low preasure),  rangenya  dimulai dari 30 inch Hg hingga 0 PSI untuk pengukuran tekanan di bawah atmosphere, dan 0 PSI hinga 250 PSI untuk  pengukuran tekanan di atas tekanan atmosphere.

Manifold ini juga disebut compound gauge karena mampu mengukur tekanan positip dan tekanan negative atau  melakukan vacuum.

Katup manifold tekanan rendah diberi standar warna biru yang berfungsi untuk membuka tutup gas/udara yang lewat.

Begitu pula pada nozzle konektor selangnya, selang telah disetujui mengunakan warna biru.

  • Gauge High Preasure

Pada bagian kanan digunakan untuk pengukuran tekanan tinggi atau disebut juga pressure gauge, dengan range  0 PSI hingga 500 PSI.

Untuk pengukuran tekanan tinggi standar warna yang digunakan adalah merah, pemutar katub, begitu juga pada konektor selang untuk nozzle mengunakan warna yang sama.

Sedangkan nozzle pada bagian tengah digunakaan untuk jalur pengisian dengan standar selang berwarna kuning.

Dipasaran double manifold ini dijual mulai Rp. 170.000,-

Pengoperasian / Cara Kerja Manifold Gauge

Saat dua katup merah dan biru dibuka maka semua saluran dari ketiga nozzle akan saling terhubung, aliran dari selang kuning bisa mensuplai ke selang biru dan merah.

Begitu juga aliran dari selang biru ke selang merah dan sebalikan bisa mengalir. Perbedaannya nantinya adalah pada tekanan di setiap selang.

Apabila kita menutup rapat salah satu katup (valve) manifold misalnya katup biru kita tutup rapat maka aliran hanya akan mengalir dari selang kuning menuju selang merah dan sebaliknya tergantung tekanan masing – masing.

Untuk memastikan katup tertutup rapat usahakan memutar sampai batas putar searah dengan jarum jam dan sebaliknya jika ingin membuka valve putar berlawanan arah jarum jam.

Apabila kedua katup merah dan biru ditutup maka tidak ada aliran yang bergerak pada manifold ini. Jika Anda ingin menggunakan aliran dari selang merah ke selang biru saja, sebaiknya nozzle ke selang kuning ditutup.

Mungkin itu saja sedikit penjelasan menengenai manifold gauge sebagai peralatan wajib untuk memperbaiki mesin pendingin.