10 Macam Jenis Aplikasi Adobe dan Fungsinya Lengkap

Macam Jenis Aplikasi Adobe dan Fungsinya

10 Macam Jenis Aplikasi Adobe dan Fungsinya Lengkap – Jenis aplikasi Adobe merupakan jenis aplikasi desain yang paling banyak diminati dengan beragam kebutuhan desain grafis dari foto hingga video.

Aplikasi Adobe adalah aplikasi populer yang banyak digunakan via PC untuk berbagai kebutuhan. Sampai sekarang ada banyak jenis aplikasi Adobe digunakan untuk kebutuhan desain grafis, animasi, maupun video. Simak 10 macam jenis Adobe dan fungsinya yang kami rangkum buatmu dalam artikel ini.

Setidaknya ada sekitar 20 macam aplikasi adobe dan fungsinya yang bisa kamu jadikan pilihan sebagai aplikasi pendukung kerja digital. Adobe adalah perusahaan software multinasional yang bermarkas di Amerika.

Sejak tahun 1982 perusahaan ini telah aktif mengembangkan perangkat lunak komputer dengan spesialisasi di bidang kreasi, publikasi konten, grafis, fotografi, ilustrasi, animasi, multimedia/video, motion pictures dan percetakan.

Aplikasi paling populer yang dikeluarkan perusahaan ini adalah Adobe Photoshop. Namun di kalangan para desainer, aplikasi editing grafis dari Adobe lainnya juga tak kalah favorit.

Macam Jenis Aplikasi Adobe dan Fungsinya

Berikut ini macam jenis apliksi Adobe dan kegunaan nya masing-masing yang sering dipakai dan di install :

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop
digicert.com.ng

Aplikasi ini disebut-sebut sebagai satu macam aplikasi adobe yang paling banyak diunduh dan digunakan untuk keperluan desain gambar atau foto. Aplikasi ini bekerja dengan format gambar bitmap atau piksel.

Gambar bitmap muncul dengan ekstensi BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF dan EXIF. Hal inilah yang membuat aplikasi ini paling banyak digunakan karena gambar bitmap adalah format gambar paling populer  di kalangan para awam maupun profesional.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator
www.graphic-design-institute.com

Sesuai dengan namanya, ini adalah jenis adobe yang digunakan untuk membuat dan mengedit ilustrasi. Namun pada dasarnya aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat gambar grafis berbasis vektor. Dengan istilah sederhana, aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk ‘menggambar’ dengan platform digital.

Format vektor memungkinkan gambar yang dibuat beresolusi  tinggi dan tidak pecah tetapi tanpa ruang penyimpanan yang besar. Ini aplikasi pilihan untuk kamu yang suka membuat gambar kartun, logo, komik, atau animasi grafis lain.

3. Adobe Photoshop Lightroom

Adobe Photoshop Lightroom
cdn.idntimes.com

Ini adalah aplikasi editing foto yang sedang naik daun. Adobe Photoshop Lightroom adalah aplikasi khusus untuk mengubah atau mengatur warna pada gambar. Pengaturan saturasi, kontras, keseimbangan warna sangat lengkap dan rinci sehingga kamu bisa leluasa mengatur hasil warna yang kamu mau.

Aplikasi ini populer di kalangan selebgram maupun fotografer profesional yang suka menambahkan efek dramatis pada hasil foto mereka.

4. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro
www.webbyfeed.com

Kamu mencari referensi aplikasi editing film? Coba aplikasi yang satu ini deh. Aplikasi ini masuk menjadi rekomendasi para profesional yang bergerak di bidang editing video. Tak hanya mengatur gambar dengan timelapse, aplikasi ini juga memungkinkan untuk memberikan animasi pada video yang kamu buat.

Ragam fitur penting dalam editing video tersedia seperti merge, crop video, split, slow motion, cut/trim, rotate, adjust speed, multilayers, hingga pengaturan suara atau musik. Kelengkapan fitur ini menempatkan Adobe Premiere di jajaran aplikasi video teratas.

5. Adobe Indesign

Adobe Indesign
stories.issuu.com

Nah, kalau Indesign ini adalah aplikasi yang cocok untuk kamu para layouters. Aplikasi ini adalah aplikasi editing grafis yang difokuskan untuk mengedit berkas grafis lembaran. Jadi kamu bisa secara langsung mengedit dalam format satu buku Plus pengaturan halaman.

Fitur-fitur yang ada untuk keperluan editing grafis tidak kalah dengan Adobe Photoshop yang merupakan induk aplikasi desain Adobe. Karenanya kamu pun tetap bisa mengedit poster, kartu nama, flyer dan keperluan grafis lain di aplikasi ini.

6. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader
acrobat.adobe.com

Adobe Acrobat adalah aplikasi komputer yang dapat membaca, mengedit, membuat, menandatangani dan mencetak file dokumen berformat PDF. Adobe Acrobat juga sering disebut dengan Adobe Reader.

Aplikasi Adobe Acrobat dapat di install pada perangkat komputer dan smartphone. Aplikasi Adobe Acrobat ini bisa di dapat dengan cara langsung men-download di web resmi Adobe dan aplikasi Adobe Acrobat ini bisa di download secara gratis.

7. Adobe XD

Adobe XD
s3.amazonaws.com

XD atau Experiences Desain adalah aplikasi editing laman Web dalam basis vektor. Aplikasi ini adalah pengganti Aplikasi Adobe Dreamweaver yang sebelumnya populer untuk kebutuhan editing Web atau UX/IU.

Aplikasi ini baru diluncurkan pada 2020. Aplikasi ini mengembangkan editing laman Web tanpa kode sebagaimana yang telah dimulai dalam Dreamweaver dan Fireworks.

8. Adobe Fireworks

Adobe Fireworks
images.sftcdn.net

Fireworks adalah salah satu jenis aplikasi Adobe yang juga diperuntukkan untuk desain laman web. Aplikasi ini bekerja dengan gambar bitmap maupun vektor. Aplikasi ini sudah dihentikan pengembangannya karena perusahaan hendak memfokuskan pengembangan aplikasi grafis UI/UX pada Adobe XD terbaru.

Namun, penggunaan Firework masih tinggi karena fitur dan kemudahan aplikasinya. Kamu bisa mencoba dengan mengunduh versi lamanya.

9. Adobe After Effect

Adobe After Effect
momofilmfest.com

Aplikasi ini adalah aplikasi penunjang editing video profesional. Disebut penunjang karena fitur aplikasi diarahkan pada pengaturan efek dalam video. Namun jangan salah, efek yang diatur dalam After Effect adalah efek-efek video profesional seperti efek gedung terbakar, efek ombak menerjang kota, dan lain-lain.

Jadi, justru dengan aplikasi inilah video menjadi memiliki sisi dramatis yang sesungguhnya. Aplikasi ini banyak digunakan untuk mereka yang bekerja di bidang animasi dan editing film.

10. Adobe Stock

Adobe Stock
helpx.adobe.com

Ini adalah jenis aplikasi Adobe yang sederhana tetapi menyimpan harta karun yang luar biasa. Adobe Stock adalah aplikasi database gambar yang menyediakan jutaan gambar dalam bentuk foto, grafis, vektor,  video footage, ilustrasi, template, 3D, editorial dengan kualitas tinggi yang bisa kamu gunakan untuk proyek kreatifmu. Aplikasi ini juga disebut sebagai salah satu aplikasi yang paling laris.

Itulah Jenis-jenis Adobe yang beredar dan bisa kamu coba sesuai dengan kebutuhan desain yang kamu kerjakan. Keunggulan penggunaan  series aplikasi Adobe adalah adanya penawaran beranggapan yang berlaku bagi paket aplikasi terkait.

Jadi sekali membayar, kamu bisa menikmati menggunakan fitur penuh dari banyak pilihan aplikasi Adobe. Tertarik mencoba?

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.