Cara Mengganti Gearbox Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Memperbaiki Gearbox Mesin Cuci 2 Tabung

Cara Mengganti Gearbox Mesin Cuci 2 Lubang – Dalam penggunaan mesin cuci 2 tabung jika kita menyalakan bagian mesin washnya dalam keadaan tabung kosong, maka kita bisa melihat bagaimana pulsatornya berputar searah jarum jam kemudian berbalik berlawanan arah jarum jam.

Namun bagaiman pulsator ini bisa berputar hanya akan kita tau jika kita membuka penutup belakang mesin. Disana tepat dibawah pulsator kita akan bisa melihat komponen bernama gearbox yang tersambung dengan pulsator.

Cara Memperbaiki Gearbox Mesin Cuci 2 Tabung

Gearbox ini menjadi komponen penting saat mesin cuci bekerja karena berfungsi untuk memindahkan tenaga dari dinamo mesin wash ke pulsator sehingga berputar dan membuat air dan cucian berputar.

Setiap mesin cuci juga memiliki desain dan ukuran gearbox yang berbeda sehingga kita tidak bisa sembarangan mengganti dengan gearbox mesin cuci yang lain.

Bagian Gearbox

bagian gearbox mesin cuci 2 tabung

  • As gearbox
  • Seal gearbox
  • Transmisi gear
  • Lubang baut pengunci
  • Puli

Fungsi Gearbox Mesin Cuci

Gearbox sendiri terdiri dari as gearbox yang ujungnya bergerigi sebagai penyambung pada pulsatorgear transmisi dan puli sebagai tempat vanbelt, gear transmisi dari gearbox inilah yang bisa mengubah kecepatan putaran mesin ke pulsator agar lebih lambat.

Hal ini akan menjaga pakaian yang Anda cuci agar tidak rusak, karena jika dibuat bekerja tanpa menggunakan gearbox maka pulsator akan berputar dengan sangat cepat dan dapat membuat pakaian robek.

Pemasangan gearbox ini juga berfungsi menambah tenaga dari putaran mesin, putaran mesin yang cepat dengan gearbox membuat alat bekerja lambat namun memiliki torsi yang besar.

Analoginya seperti kita naik sepeda gunung dijalan menanjak, kita atur posisi gear depan pada gear paling kecil dan gearbelakan pada gear yang paling besar.

Maka kita akan mengayuh sepeda dengan cepat sedangkan laju sepeda bergerak lambat. Namun dijalan tanjakan kita akan merasa ringan saja.

Penyebab Kerusakan Gearbox

Seiring penggunakan mesin cuci maka semakin lama kerusakan pada komponen mesin cuci bisa saja terjadi, salah satunya adalah pada gearbox.

Seal gearbox

Seal ini berfungsi sebagai penyekat agar air pada tabung cuci tidak merembes. dalam pemakaian yang lama maka akan mengakibatkan menyebabkan seal aus dan mengalami kebocoran.

Jika hal ini terjadi maka harus segera dilakukan penggantian karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan yang lebih banyak.

Kerusakan Transmisi Gearbox

Kerusakan pada transmisi gearbox dapat diketahui dengan pengecekan pada pulsator. Jika Anda sedang melakukan proses cuci dan dirasakan mesin mendengung atau hidup sedangkan pulsatornya tidak bergerak bisa jadi kerusakan terjadi pada gear box.

Cara lainnya adalah dengan menyalakan mesin wash dalam kondisi tabung kosong tanpa cucian. Dalam kondisi pulsator berputar, tahan pulsator dengan tangan kosong dan lakukan cara ini dengan hati – hati.

Apabila tangan kita sudah berusaha tapi tidak mampu untuk menahan laju putaran pulsator maka gearbox ini dikatakan masih dalam kondisi baik dan layak pakai.

Namun apabila kita menahan pulsator dan pulsator berhenti berputar dengan mudah sedangkan mesin wash masih menyala maka bisa dipastikan gear transmisinya dol/rusak dan putaran mesin wash tidak bisa dipindahkan oleh gearbox.

Puli kocak

Jika Anda merasakan suara dari mesin cuci Anda kasar dan getaran sangat terasa bisa jadi puli gearbox nya mengalami kerusakan. Jika kerusakan hanya terjadi pada puli, kita harus mengganti bersama gearboxnya.

Kita hanya perlu melepas puli gearbox kemudian membeli puli yang baru dengan membawa contoh puli yang rusak agar tidak terjadi kesalahan dalam membeli yang pada akhirnya tidak bisa digunakan.

Cara Mengganti Gearbox yang Rusak

Untuk menggantinya kita terlebih dahulu melepas baut pulsator pindah kebelakang untuk membuka penutup bodi mesin cuci ini, kemudian lepaskan dulu tali seal dan rem pengeringnya.

perbaikan mesin cuci 2 lubang

Kemudian ambil kunci T untuk melepaskan baut pengunci dari as tabung pengering. Setelah itu tarik tabung pengering dari atas, butuh sedikit tenaga untuk melepasnya apalagi untuk mesin lama yang belum pernah dilepas.

baut pengering mesin cuci 2 tabung

Setelah berhasil selanjutnya gunakan obeng untuk melepas baut disekeliling body bodi mesin cuci, untuk lebih mudah dalam pencopotan baut maka posisikan mesin cuci dalam keaadaan rebah.

membongkar mesin cuci 2 tabung

Jika sudah di bongkar semua bautnya pisahkan bodi atas dan bawah, kemudian lepaskan baut -baut gearbox yang menempel pada tabung cuci.

melepas gearbox mesin cuci 2 tabung

Pemeriksaan dan Pemasangan Gearbox

Setelah gearbox berhasil dilepas maka lakukan pengecekan, lihat pada bagian puli apakah masih kokoh atau sudah goyang. Jika masih bagus maka kita hanya perlu membeli gearboxnya saja.

Namun apabila ditemukan puli gearboxnya juga sudah tidak senter maka belilah satu set. Dan pasang kembali. Pemasangan gearbox ini cukup mudah karena lubang – lubang bautnya dipbuat pas sehingga kemungkinan kesalahan pemasangan sangat minim.

cuma yang harus diperhatikan adalah perhatikan bagian seal lakukan pembersihan disekitar lubang tempat as gearbox agar tidak ada kotoran yang mengganjal seal sehingga kebocoran akan minim.

Sebelum membeli perhatikan juga jumlah gerigi pada as gearbox pastikan sama dengan ukuran pada pulsator, karena jika ukuranya berbeda maka tidak akan bisa dipasang.

memasang gerabox mesin cuci 2 tabung

Setelah membeli dengan ukuran yang sesuai selajutnya pasang kembali dengan kuat agar tidak terjadi kebocoran air.

Atur tabung cuci pada posisi berdiri kemudian isi dengan air dan cek pada bagian bawah apakah ada kebocoran. Jika tidak maka pasangkembali pulsatornya.

Pemasangan kembali

Kemudian sambung kembali body mesin cuci ini sambil perhatikan as tabung pengering paskan pada lubang as mesin pengering.

Jika pemasangan sudah pas kemudian pasang kembali sekrup pengunci pada as pengering, jangan lupa pasang juga tali seal pembuangan dan juga  rem pengering.

Yang juga sering lupa adalah pemasangan kembali vanbelt mesin wash, sehingga menyebabkan pulsator tidak berputar.

Setelas semua terpasang maka terakhir adalah memasang baut – baut body dari mesin cuci 2 tabung ini. Dan perbaikan gearbox pada mesin cuci 2 tabung sudah selesai dan bisa digunakan seperti semula.

Mungkin itu saja informasi tentang fungsi gearbox , kerusakan pada gearbox dan perbaikan gearbox mesin cuci 2 lubang yang bisa menambah pengetahuan Anda tentang mesin cuci 2 lubang, semoga bermanfaat.