Cara Daftar Akun dan Cara Cek Sertifikat Vaksin di PeduliLindungi

Cara Daftar Akun dan Cara Cek Sertifkat Vaksin di PeduliLindungi

Cara Menggunakan Aplikasi PeduliLindungi Untuk Cek Sertifkat Vaksin – Pada saaat ini vaksin serasa menjadi hal wajib bagi kita masyarakat Indonesia khususnya. Pandemi Covid 19 yang tak kunjung selesai membuat Pemerintah melakukan berbagai kebijakan untuk mengurangi dan menghentikan dampak yang ditimbulkan dari pandemi Corona Virus Diases ( covid-19 ) ini.

Salah satu kebijakannya adalah dengan memberikan vaksinasi kepada masyarakat indonesia dari berbagai lapisan. Untuk mendapatkan vaksin secara gratis kita mencari informasi dari pemerintahan desa, Puskesmas, klinik, maupun rumah sakit maupun informasi di media diwilayah terdekat.

Di wilayah saya kebetulan dari pihak Polsek turut membantu memberikan kuota untuk pemberian vaksinasi. Kenapa saya bilang vaksinasi Covid19 seperti hal wajib sekarang ini dikarenakan vaksinasi akan memberikan dampak yang baik untuk perekonomian.

Dalam arti jika vaksinasi sudah memenuhi prosentase maka diharapkan semua pelayanan kesehatan , pendidikan, bisnis dan hiburan seperti sekolah, pusat perbelanjaan , mall, kantor administrasi dan lainnya akan dibuka kembali.

Tentunya dengan syarat Anda sudah melakukan vaksinasi. Karena seperti yang kita lihat dilapangan sekarang ini untuk masuk ke mall atau tempat wisata kita diwajibkan menunjukan surat vaksin.

Untuk mendukung kebijakan ini pemerintah melalui kerjasama Kominfo, Kemenkes RI Kementrian BUMN dan KPCPEN membuat aplikasi bernama PeduliLindungi yang bisa Anda download dan instal dari smartphone Anda.

Didalam apliksi ini kita akan menemukan banyak informasi mengenai Covid-19 Antara lain seperti melacak penyebaran covid sehingga penangan covid- 19 oleh pemerintah menjadi efisien dan terarah dalam menghentikan Covid-19.

Anda juga bisa membuat notifikasi untuk mendapatkan pemberitahuan tentang lokasi keramaian dan kondisi penyebaran covid-19 sesuai dengan yang Anda pilih.

Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan konsultasi mandiri secara online karena bekerjasama dengan aplikasi konsultasi kesehatan seperti Halodoc, Prixa, Grabhealth dan lainnya.

Untuk perjalan Anda setiap harinya juga akan terekam baik di aplikasi ini.

Jika Anda sudah melakukan vaksinasi maka Anda bisa mendaftarkan data Anda kedalam aplikasi ini. Jadi ketika bepergian misalnya ke mall, Anda tinggal menunjukan barcode di smartphone.

Cara Daftar Akun di PeduliLindungi

Untuk Anda yang belum mendaftarkan ke aplikasi PeduliLindungi atau mungkin belum mengerti maka kami akan mencoba membantu Anda menggunakan Aplikaasi ini.

  • pertama – tama instal aplikasi PeduliLindungi dari smart phone Anda atau jika Anda menggunakan hp Android langsung saja klik disini.
  • Setelah selesai menginstal aplikasi ini silahkan membuka aplikasinya. Kemudian tekan tanda panah dipojok kanan bawah sampai pada menu MULAI.
  • Klik MULAI dan setujui, selanjutnya Anda pilih – DAFTAR, disitu akan ada menu untuk menuliskan nama lengkap dan nomer telpon.
  • Silahkan isi nama lengkap Anda dan nomor telepon yang Anda gunakan untuk pendaftaran vaksin dan jangan lupa centang persetujuannya dibawah nomor telpon. setelah selesai klik DAFTAR.
  • Setelah klik daftar maka aplikasi akan memberikan pesan kode verifikasi ke nomor Anda, jadi pastikan nomor Anda dalam kondisi aktif.
  • Silahkan tunggu sampai kode verifikasi masuk dan ketikan pada menu verifikasi pada hp Anda. Jika masih belum mendapat verifikasi silahkan kirim ulang kembali.
  • Jika sudah berhasil maka Anda akan masuk pada menu dengan fitur seperti yang saya jelaskan diatas.

Salah satu fitur yang penting adalah penggunaan scan QR code yang wajib dilakukan ketika Anda memasuki daerah tertentu seperti mall, bandara, stasiun, atau tempat wisata.

Cara pengunaan Aplikasi PeduliLindungi untuk scan QR

Cara pengunaan PeduliLindungi untuk scan QR code adalah sebagai berikut.

  • Pertama buka aplikasi PeduliLindungi kemudian login kembali ke akun anda.
  • Selanjutnya pilih menu QR Code dan lakukan scanning pada pintu masuk atau tempat scanning lokasi yang akan Anda kunjungi. Biasanya akan ada petugas yang membantu.
  • Setelah melakukan scanning maka akan muncul hasilnya. Ada tiga jenis hasil yang keluar setelah Anda melakukan Scaning.

Jika hasil dari scanning menunjukan warna hijau maka Anda akan dipersilahkan masuk . Namun jika hasilnya berwarna kuning atau orange Anda diperbolehkan untuk melakukan scan ulang.

 

arti warna merah, orange, hijau pada hasil scan Pedulilindungi
https://covid19.go.id/

Namun apabila hasilnya berwarna merah maka seharusnya Anda tidak diperbolehkan untuk mengunjungi tempat tersebut.

Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid di PeduliLindungi

Untuk Anda yang sudah melakukan vaksin Anda juga bisa membuat kartu vaksin. Sebelum membuat kartu vaksin terlebih dahulu Anda melakukan pengecekan pada aplikasi PeduliLindungi dengan akun Anda.

Berikut ini merupakan langkah – langkah cara cek dan download kartu sertifikat vaksin pada aplikasi PeduliLindungi.

  • Pastikan Anda sudah melaksanakan Vaksinasi.
  • Masuk ke aplikasi PeduliLindungi dengan akun Anda
  • Pada halaman depan aplikasi PeduliLindungi. Klik menu akun yang berada di pojok kanan atas.Akun PeduliLindungi
  • Pada halaman akun, pilih menu Sertifikat Vaksin Menu Sertifikat Vaksin Pedulilindungi
  • Jika Anda sudah vaksin, silahkan klik menu Periksa Periksa sertifikat Vaksin
  • Isikan formulir dengan memasukan NIK KTP dan nama lengkap, lalu klik Periksa Formulir sertifikat Vaksin
  • Lalu, jika data NIK yang dimasukan tadi ditemukan, akan ada info detail riwayat vaksinasi yang dibarengi dengan munculnya menu lihat sertifikat vaksin. Silahkn bisa klik menu Sertifikat vaksin tersebut Lihat sertifikast Vaksin
  • Anda akan menemukan sertifikat vaksin milik Anda di halaman ini Cek sertifikat Vaksin Pedulilindungi

Pada menu ini Anda sudah bisa download e-sertifikast vaksin dan mencetak kartu sertifikat vaksin sendiri dirumah atau bisa pergi ke tempat jasa pembuatan kartu Vaksin.

Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul

Bagi Anda yang sudah mencoba cara cek sertifikat vaksin secara online di aplikasi PeduliLindungi, tetapi seritifikast vaksin tidak muncul atau tidak ada padahal Anda sudah melakukan vaksinasi.

Jangan panik dulu! Sertifikat vaksin yang belum muncul atau tidak meuncul biasanya disebabkan pengguna belum melengkapi proses verifikasi email dan nomor hp pada saat pembuatan akun di Aplikasi PeduliLindungi.

Jadi silahkan lengkapi dulu dan verifikai email atau nomor hp. Berikut cara verifikasi nomor hp dan email agar sertifikat vaksin bisa muncul:

  • Log in ke aplikasi PeduliLindungi
  • Pilih menu akun
  • Lalu pilih icon pensil di samping nama akun
  • Silahkan masukan email dan nomor hp Anda
  • Lalu verifikai email dan nomor hp Anda
  • Jika sudah melakukan verifikasi email dan nomor HP di aplikasi PeduliLindungi, silahkan Anda coba kemabli untuk mengecek sertifikat vaksin.

Semoga artikel dari Klinik Tekno ini bisa sedikit membantu Anda dalam rangka melaksanakan himbauan dari pemerintah. Tetap hati – hati patuhi peraturan yang ada dengan memperhatikan protokol kesehatan demi kepentingan kita bersama.

Dan kami berdoa semoga kita senantiasa diberi kesehatan dan masa pandemi ini segera berakhir.