Rekomendasi Antena TV Yang Cocok Untuk Set Top Box – Siaran TV analog telah resmi dihentikan di seluruh Indonesia pada 2 November 2022 lalu. Dengan ini, seluruh saluran TV di Indonesia telah berganti menjadi saluran TV digital.

Untuk dapat menikmati siran TV digital, masyarakat memerlukan TV yang dapat menerima dan menayangkan siaran digital. Untuk pemilik TV analog yang tidak dapat menayangkan siaran TV digital, tidak perlu membeli TV baru karena dapat menggunakan set top box.

Namun, set top box tidak dapat digunakan sendirian karena pada dasarnya fungsi set top box adalah mengubah sinyal digital sehingga dapat diterima oleh TV analog. Set top box tidak dapat menerima sinyal digital. Untuk itu, diperlukan satu alat untuk menerima sinyal tersebut yaitu antena.

Ada dua jenis antena yang banyak beredar di pasaran yaitu antena indoor dan antena outdoor. Anda dapat menggunakan salah satu dari kedua jenis antena tersebut untuk menangkap sinyal digital yang nantinya doterima set top box.

Rekomendasi Antena TV yang Cocok untuk Set Top Box

Berikut telah kami rangkum beberapa rekomendasi antena TV yang cocok untuk set top box.   

  1. Matrix HD 302

Rekomendasi antenna tv yang bagus untu set to box pertama dari kami yaitu Matrix HD 302. Antena ini adalah jenis antena indoor dan outdoor serta dapat digunakan untuk semua jenis TV.

Dikarenakan jenisnya yang merupakan antena indoor dan outdoor, antena digital Matrix HD 302 memiliki jangkauan yang sangat luas. Antena ini juga sudah sepaket dengan amplifier yang membuat jangauan penangkapan sinyalnya sangat luas.

Antena tv digtal Matrix HD 302 ini dapat dibeli di berbagai toko online di Indonesia dengan harga yang berkisar antara Rp100.000 hingga Rp150.000.

  1. Taffware TFL-D139

Rekomendasi antena tv terbaik untuk set top box kedua ini adalah Taffware TFL-D139. Antena ini adalah jenis antena indoor.

Dikarenakan jenisnya yang merupakan antena dengan pemenpatan di dalam rumah, desainnya pun cukup unik dan praktis. Antena ini sangat tipis dan tidak memakan banyak tempat.

Dengan ketebalan yang hanya mencapat 0,02 inchim Anda dpat meletakkan antena ini di belakang TV, di atas meja atau menempelkannya di tembok.

Namun jangan terkecoh dengan tampilannya yang kecil, Taffware TFL-D139 ini memiliki jangkauan sinyal yang cukup kuat dan luas. Antena ini dapat menangkap sinyal hingga sejauh 50 mil atau sekitar 80 KM. Antena ini juga dapat digunakan untuk semua jenis TV.

Anda dapat membeli antena tv ini di banyak toko online dengan harga yang cukup murah yaitu antara Rp20.000 hingga Rp40.000. jika Anda membeli antena ini, Anda juga akan mendapat kabel coaxial sepanjang 3 meter.

  1. Toyosaki AIO 220

Rekomendasi antena tv yang bagus untuk stb selanjutnya dari kami yaitu Toyosaki AIO 220. Toyosaki merupakan salah satu brand yang banyak memproduksi antena dengan kualitas yang baik, salah satunya adalah Toyosaki AIO 220.

Antena ini adalah jenis antena outdoor dan indoor yang dapat menerima sinyal analog dan digital. Anda dapat menempatkan antena ini di dalam maupun luar rumah tanpa khawatir.

Jangkauan tangkapan sinyal Toyosaki AIO 220 ini pun cukup luas, apalagi antena ini juga dilengkapi dengan low noise booster yang membuat tangkapan sinyal lebih luas dan tayangan TV lebih jernih dan jelas.

Yang membuat antena ini banyak digemari adalah ketahanannya terhadap cuaca. Toyosaki AIO 220 ini tetap dapat mempertahankan tangkapan sinyalnya walaupun kondisi cuaca kurang mendukung.

Proses penginstalannya pun terbilang cukup mudah. Antena ini cocok bagi Anda yang tinggal di daerah dengan cuaca yang sering sulit diprediksi.

Untuk harga, antena Toyosaki AIO 220 ini bisa dibilang cukup murah. Di berbagai toko online, antena ini dijual dengan harga yang berkisar antara Rp80.000 hingga Rp160.000.

  1. PX DA 5120

Rekomendasi antenna tv digital yang cocok untuk stb yang keempat yaitu PX DA-5120. Antena ini cocok dipasang di dalam (indoor) maupuan di luar rumah (outdoor).

Antena PX DA-5120 memiliki desain yang cukup unik untuk antena yang dapat diletakkan di dalam maupun luar rumah. Antena ini juga dapat digunakan untuk semua jenis TV.

Tingkat sensitivitasnya yang tinggi membuat antena PX DA-5120 dapat digunakan untuk TV HD dan menghasilkan gambar yang jernih dan tajam pada TV.

Walau dengan tingkat sensitivitas yang tinggi tersebut, antena ini memakan energi yang cukup sedikit sehingga sering digadang sebagai antena eco-freindly.

Antena PX DA-5120 dijual dengan harga yang berkisar antara Rp130.000 hingga Rp200.000.

Saat membeli antena ini, Anda juga akan mendapatkan kabel sepanjang 12 meter yang dapat digunakan jika Anda ingin memasangnya di luar rumah. Antena ini juga dilengkapi garansi selama 1 tahun.

  1. Aoki AT3000

Rekomendasi terakhir antenna tv yang bagus untuk stb yaitu antena digital Aoki AT3000. Sperti beberapa produk yang kami rekomendasikan sebelumnya, antena ini dapat dipasang di dalam (indoor) maupun luar rumah (outdoor).

Antena ini memiliki desain yang simple dan medern sehingga cocok dipasang di dalam ruangan tetapi antena ini juga dapat dipasang di luar rumah.

Antena ini dilengkapi dengan penguat sinyal sehingga dapat menangkap sinyal dengan lebih efektif dan menghasilkan gambar yang jernih dan tajam di TV.

Selain itu, antena ini dapat digunakan untuk semua jenis TV termasuk TV analog. Untuk penggunaan pada TV analog, Anda memerlukan set top box.

Antena ini dijual dengan harga yang berkisar antara Rp110.000 hingga Rp180.000 di berbagai toko online.             

Demikianlah artikel mengenai rekomendasi antena TV yang cocok untuk set top box yang telah kami rangkum.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih antena untuk TV Anda di rumah.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version