Pemerintah telah melaksanakan program peralihan TV analog ke TV digital atau analog swicth off (ASO) di seluruh Indonesia yang berlangsung selama tiga tahap hingga bulan November 2022 kemarin.  Urutan ketiga tahap tersebut antara lain:

  • Tahap Pertama, berlangsung pada 30 April 2022 di 56 wilayah layanan siaran atau 166 kabupaten/kota
  • Tahap Kedua berlangsung pada 25 Agustus 2022 di 11 wilayah layanan siaran atau 110 kabupaten/kota
  • Tahap Terakhir atau Ketiga berlangsung pada 2 November 2022 di 25 wilayah layanan siaran atau 65 kabupaten/kota

Manfaat dan Kelebihan Siaran Digital

Program peralihan ini memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Beberapa manfaat yang didapat masyarakat yaitu:

  1. Pengalaman menonton TV yang lebih baik

Sebelumnya, masih banyak stasiun TV yang menggunakan frekuensi analog. Salah satu pengalaman yang kurang mengenakkan saat menonton TV dengan frekuensi analog yaitu tayangan TV dapat sewaktu-waktu bermasalah dengan gambar yang berbayang, bersemut atau audio yang kurang bagus.

Dengan freskuensi digital, gambar dan audio yang dihasilkan pada TV akan menjadi lebih baik dalam segi kualitas dengan gambar tanpa bayangan dan semut dan audio yang lebih baik.

Masyarakat juga dapat mengetahui jadwal program tayangan TV beberapa hari ke depan dengan adanya fitur Electronic Program Guide (EPG) pada televisi digital maupun set top box (STB).

  1. Informasi mengenai kebencanaan tersampaikan lebih cepat

Pergantian frekuensi saluran dari analog ke digital ini membantu penyebaran informasi ke seluruh Indonesia dengan lebih cepat dan akurat.

Fitur Early Warning System (EWS)pada televisi digital dan set top box bekerja sama dengan BMKG untuk mengeluarkan informasi mengenai perngatan dini kebencanaan.

Dengan sistem ini masyarakat akan mendapat informasi peringatan pada layar TV pada saat yang sama.

Fitur ini membantu proses evakuasi dan meminimalisir korban saat terjadi bencana.

  1. Kemudahan akses internet 5G

Peralihan ke jaringan digital ini ternyata juga berhubungan dengan ketersediaan internet 5G di Indonesia.

Slot frekuensi yang tadinya digunakan untuk siaran TV analog, sekarang dapat digunakan untuk jaringan 5G yang membuat kecepatan internet Indonesia semakin cepat.

Untuk dapat mengakses siaran digital dan merasakan manfaatnya TV yang dimiliki harus dapat menerima siaran digital karena dengan program pengalihan ini, siaran TV analog telah dihentikan dan diganti sepenuhnya dengan siaran digital.

Pemilik TV analog tidak perlu khawatir dan membeli TV baru karena Anda dapat menggunakan STB yang disambungkan ke TV Anda untuk menikmati saluran TV digital.

Pengertian Set Top Box

Melansir dari Wikipedia.org, set top box atau dekoder atau receiver adalah “alat yang berisikan perangkat dekoder yang berguna untuk mengatur saluran televisi yang akan diterima, kemudian dipilih sesuai kebutuhan, dan juga dekoder akan memeriksa hak akses pengguna atas saluran tersebut, kemudian akan menghasilkan keluaran berupa gambar, suara, dan layanan lainnya”.

Set top box ini digunakan untuk menangkap siaran untuk tayangan digital supaya dapat ditonton pada layar TV Anda.

Jenis set top box

Tedapat 5 jenis STB yang ada di pasaran. Setiap jenis STB berfungsi kurang lebih sama yaiu menangkap sinyal siaran untuk dapat ditayangkan di TV.

Namun, cara penangkapan dan beberapa fiturnya biasanya berbeda tiap jenisnya. Berikut jenis-jenis set top box yang ada di pasaran.

  1. STB Satelit

STB satelit juga dikenal dengan nama Receiver Parabola. Dan sesuai dengan namanya, STB ini digunakan untuk menangkap sinyal siaran dari satelit tertentu melaluiu parabola.

Jenis STB ini biasanya berbayar dan disediakan oleh penyedia layanan TV satelit.

  1. STB TV Kabel

STB TV kabel menangkap sinyal siaran dari frekuensi radio melalui serat optik di dalam tanah. Jenis siaran ini biasanya lebih stabil dari parabola yang menagkap siaran dari satelit dan harganya pun lebh murah karena pemasangannya biasanya sekaligus untuk satu daearah.

TV kabel ini berbayar dan biasanya disediakan sepaket dengan peyediaan koneksi internet.

  1. STB Internet/WiFi

STB internet, seperti namanya, menggunakan saluran internet untuk menampilkan siaran TV. STB ini dilengkapi fitur-fitu OS yang membuat pengguna dapat menjelajah inernete menggunakan TV.

  1. STB TV Box

STB TV Box adalah perangat STB yang paling praktis karena STB ini sudah berada pada TV. TV yang sudah dapat menerima siaran digital biasanya memiliki predikat Digital Television.

Saat Anda membeli TV tersebut Anda tidak perlu membeli perangkat set top box lagi karena sudah terdapat di dalamnya.

  1. STB Terestrial

STB jenis ini adalah STb yang paling sederhana. STB ini dapat digunakan untuk TV analog supaya dapat menonton siaran TV digital. Untuk menggunakannya hanya memerlukan antena penangkap sinyal TV  analog seperti UHF/VHF dan tinggal menyambungkan ke TV yang sudah ada, termasuk TV tabung.

STB jenis inilah yang dibagikan oleh Kominfo secara gratis bagi masyarakat yang tidak mampu.

Fungsi Set Top Box

Dengan banyaknya jenis STB, pada dasarnya STB memiliki beberapa fungsi dan kegunaan dasar yang sama, antara lain:

  1. Menangkap sinyal tayangan digital

STB berfungsi untuk menerima siaran digital supaya dapat dinikmati di TV analog. Seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan STB masyarakat tidak perlu membeli TV baru untuk menikmati siaran TV digital dan hanya perlu membeli STB yang harganya jauh lebih murah.

  1. Meningkatkan kualitas siaran TV

Kualitas siaran TV digital lebih bagus dari segi gambar maupun audio. Kulatis gambar akan lebih jernih, jelas, tanpa semut dan bayangan. Kualitas audio pun lebih jernih dan lebih sedikit gangguan.

  1. Merekam siaran TV

Dengan STB Anda dapat merekan siaran TV yang sedang berlangsung dan menyimpannya di dlam flashdisk untuk ditonton pada lain waktu. Fitur ini hanya tersedia pada siaran TV digital dan tidak terdapat pada siaran TV analog.

  1. Memutar file dengan berbagai format

Anda dapat memutar berbagai file seperti foto, musik dan video. STB dapat menjadi media player untuk berbagai format file seperti MKV, AVI, MP4 dan lainnya.

Saat ini berbagai merk dan jenis STB sudah tersedia di toko online maupun offline di berbagai penjuru Indonesia.

Klinik Tekno harap artikel ini dapat membantu Anda untuk memahami pengertian dan fungsi set top box sebelum Anda membelinya di toko pilihan Anda.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version