5 Merk Set Top Box Terbaik Yang Bagus Untuk TV Tabung dan Led – Program peralihan siaran TV analog menjadi TV digital telah selesai pada tahap ketiganya yaitu pada tanggal 2 November 2022 lalu. Dengan ini, siaran TV analog resmi ditutup di Indonesia.

Siaran TV digital memiliki beberapa keunggulan seperti kualitas gambar dan audio yang lebih jernih dan tajam, lebih sedikit ganguan dan jangkauan yang lebih luas.

Dengan program peralihan ini, slot frekuensi yang tadinya digunakan untuk siaran TV analog dapat digunakan untuk jaringan 5G.

Untuk dapat menikmati siaran TV digital, tentu saja TV  Anda haru dapat menerima sinyal digital. Sayangnya, sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki TV yang hanya mampu menerima sinyal analog.

Jika Anda tidak memiliki TV yang mendukung siaran TV digital, Anda tidak perlu membeli TV baru. Anda dapat membeli set top box yang harganya jauh lebih murah.

Set top box (STB) adalah perangkat yang digunakan untuk menangkap sinyal siaran digital supaya dapat ditampilkan dan ditonton di TV analog.

Berikut adalah beberapa rekomendasi set top box dari kami yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk memilih merk set top box (STB) yang akan Anda beli.

1. Evercoss

Rekomendasi merk set top box terbaik yang bagus pertama dari kami yaitu Evercoss. Evercoss telah banyak dikenal di Indonesia sebagai produsen barang elektronik.

Salah satu stb dari Evercoss adalah Evercoss STB Pro. STB ini dapat menghasilkan gambar dengan resolusi HD pada layar TV Anda dan membuat pengalaman menonton TV lebih menyenangkan.

Anda juga dapat merekam acara TV yang sedang tayang untuk ditonton pada lain waktu. Selain itu, dengan STB terbaik ini Anda juga dapat memutar file dengan berbagai format seperti MP3 dan MP4 karena dilengkapi dengan port USB dan kabel HDMI.

Evercoss STB Plus ini dipatok dengan harga yang berkisar antara Rp190.000 hingga Rp300.000 di berbagai toko online.

2. Luby

Rekomendasi set top box digital yang bagus kedua yang kami sarankan adalah dari Lubby. Brand Luby adalah salah satu brand set top box yang terlaris di Indonesia.

Perangkat STB Digital dari Luby yaitu Luby DVBT2 01. STB ini memiliki sensitivitas yang cukup baik terhadap sinyal siaran sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang jernih dan bening.

Anda dapat menghubungka set top box Luby dengan dongle WiFi untuk dapat menonton video dari Youtube.

STB ini juga memiliki fitur lain yang dapat Anda nikmati seperti, Anda dapat menghentikan tayangan yang sedang Anda tonton, merekam dan menyimpan tayangan TV yang sedang berlangsung ke penyimpanan eksternal.

Luby DVBT2 01 ini dijual dengan harga yang berkisar antara Rp190.000 hingga Rp290.000.

3. Matrix

Merek STB terbaik Yang ketiga yaitu dari brand Matrix. Hampir semua tipe set top box dari Matrix ini terjual banyak di toko online.

beberapa perangkat STB yang bagus dari Matrix yaitu Burger, Apple HD DVB21P, merah, silver, kuning dan Garuda DVBT2.

Perangkat STB dari merk Matrix ini bisa dibilang memiliki fitur menarik dan juga berkualitas.

Gambar yang dihasilkan bersih, jernih dan berkualitas begitupun dengan audionya. Anda juga dapat menonton video dari Youtube.

Selain itu, Anda juga dapat merekan program siaran yang sedang berlangsung dan menyimpannya untuk ditonton lagi lain waktu. Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur Early Warning System (EWS).

STB in juga dilengkapi dengan fitur games sehingga Anda dapat memaikannya jika sewaktu-waktu sekang bosan.

Untuk harga, STB Matrix memiliki harga yang berkisar antara Rp120.000 hingga Rp440.000 di berbagai toko online di Indonesia.

4. Advance

Rekomendasi merk set top box terbaik yang bagus selanjutnya yaitu Advance. STB Advance ini juga banyak di beli di toko online.

STB ini menggunakan antena UHF atau digital outdoor untuk membuat gambar dan audio yang dihasilkan lebih jernih dan tajam. Untuk gambar, gambar yang dihasilkan dapat mencapai resolusi 1920×1080.

Selain itu, STB dilengkapi dengan port untuk HDMI, USB, dan AV yang membuat Anda dapat memutar file dengan berbagai format.

Anda juga dapat merekam program siaran TV di penyipanan eksternal yang sedang berlangsung untuk menontonnya di waktu luang.

Perangkat STB terbaik dari Advance dapat dibeli di berbagai toko online seperti Shopee dan Tokopedia. Harga STB Advance berkisar antara Rp240.000 hingga Rp400.000.

5. Polytron

Rekomendasi terakhir merk stb yang bagus untuk tv tabung dan tv led dari Klinik Tekno yaitu Polytron. Polytron sendiri merupakan brand barang elektronik yang cukup populer di Indonesia.

Salah satu STB yang bagus dari Polytron adalah Polytron PDV 600T2. STB ini menghasilkan gambar yang jernih serta tajam di TV Anda. Perangkat ini juga telah memenuhi standar Early Warning System (EWS) jika terjadi bencana sewaktu-waktu.

Dengan STB ini, Anda dapat merekam siaran TV yang sedang tayang dan menyimpannya untuk ditonton lain waktu.

Anda juga dapat melihat jadwal siaran TV beberapa hari ke depan sehingga Anda dapat merencanakan apa yang ingin Anda tonton.

Perangkat STB Polytron PDV 600T2 dipatok dengan harga sekitar Rp200.000 hingga Rp400.000 di berbagai toko online di Indonesia.

Demikianlah artikel mengenai rekomendasi merk set top box terbaik yang bagus  untuk tv tabung dan tv led dari kami.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda yang sedang mencari set top box supaya dapat menonton siaran TV digital di rumah dengan nyaman .

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version