5 Rekomendasi Set Top Box Untuk TV Tabung Harga Murah – Dengan berakhirnya tahap peralihan siaran analog ke digital, siaran analog secara resmi telah dihentikan di Indonesia.

Saluran digital memiliki beberapa keunggulan dibanding siaran analog, seperti gambar dan audio yang lebih berkualitas, channel yang lebih beragam, lebih sedikit gangguan dan lainnya.

Untuk menikmati siaran TV digital, Anda perlu memiliki Tv yang dapat menerima sinyal siaran digital. Dan sayangnya, sebagian besar TV yang dimiliki masyarakat Indonesia adalah TV analog yang tidak dapat menerima sinyal digital.

Tapi tidak perlu khawatir, Anda tidak perlu membeli TV baru dengan harga jutaan rupiah. Anda hanya cukup membeli set top box (STB) dengan harga ratusan ribu.

Apa itu Set Top Box?

Set Top Box adalah alat yang mengubah sinyal digital yang diterima antena menjadi analog supaya tayangan TV dapat disaksikan di TV yang tidak dapat menerima sinyal digital seperti TV tabung.

Rekomendasi Set Top Box Yang Bagus Untuk TV Tabung

Kami Klinik Tekno telah menyiapkan beberap rekomendasi STB terbaik yang bagus untuk digunakan ke TV tabung dengan harga yang murah.

  1. STB Matrix Apple Merah DVB-T2

Rekomendasi stb digtal yang bagus untuk tv tabung pertama yaitu Matrix Apple DVB T2. Matrix sendiri adalah salah satu brand STB yang paling populer di Indonesia dan model ini adalah model yang paling populer.

Perangkat STB ini menghasilkan gambar yang jernih dan tajam di layar TV. Anda dapat menampilkan tampilan layar HP atau tablet Anda di layar TV dengan dongle Wifi. Selain itu, Anda juga dapat menonton video Youtube dan MeTube dengan di TV Anda dengan perangkat ini.

STB ini sudah sesuai dengna SNI dan terdaftar di Kominfo sehingga memiliki fitur EWS (Emergency Warning System) yang sangat bermanfaat apabila terjadi bencana untuk mendapat informasi dengan cepat.

Matrix Apple DVB T2 dijual dengan harga yang berkisar antara Rp140.000 hingga Rp330.000 di berbagai toko online. STB ini biasanya dijual satu paket dengan remot dan kabel RCA.

  1. STB Luby DVB T2-01

Rekomendasi set top box yang bagus untuk tv tabung kedua dari klinik tekno yaitu Luby DVB T2-01. Seperti Matrix, Luby adalah salah satu merk STB terbaik yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Perangkat ini memiliki sensitivitas yang cukup baik dalam menerima sinyal dari antena sehingga gambar dan audio yang ditampilkan di TV menjadi jernih dan tajam. Karena telah terdaftar di Kominfo, STB ini telah dilengkapi dengan fitur EWS.

Anda juga dapat merekam dan menyimpan tayangan TV favorit Anda pada penyimpanan eksternal untuk dinikmati lain waktu. Dan dengan menghubungkan perangkat ini dengan dongle WiFi, Anda dapat menonton video Youtube di TV Anda.

STB Luby DVB T2-01 dijual di berbagai toko online dengan kisaran harga mulai dari Rp180.000 hingga Rp300.000.

  1. STB Welhome Crown DVB-T2

Yang selanjutnya untuk STB terbaik untuk tv tabung yaitu Welhome Crown DVB-T2. Perangkat STB ini adalah perangkat buatan Indonesia yang sudah berstandar SNI sehingga sudah dilengkapi dengan fitur EWS untuk peringatan dini bencana.

Perangkat ini cocok untuk Anda pengguna antena UHF luar karena dapat melakukan pemindaian siaran TV dengan baik. Perangkat ini juga dapat menghasilkan gambar hingga HD sehingga Anda dapat menonton siaran TV dengan kualitas yang lebih bagus.

Welhome Crown DVB-T2 mendukung Youtube dan Vidio sehingga Anda dapat menonton video dari kedua situs tersebut, Anda hanya perlu menghubungkannya dengan dongle WiFi. Anda juga dapat menonton video dari flashdisk atau harddisk dengan format MP4 karena STB ini dilengkapi dengan port USB.

STB Welhome Crown DVB-T2 ini dijual dengan harga antara Rp230.000 hingga Rp400.000 di berbagai toko online. Jika Anda membeli STB ini, Anda juga akan mendapatkan remot dan kabel RCA tanpa biaya tambahan.

  1. Evercoss STB Pro

Evercoss STB Pro adalah salah satu set top box yang diproduksi oleh Evercoss. Evercoss adalah brand lokal yang telah lama memproduksi barang-barang elektronik. Perangkat STB ini telah terdaftar di Kominfo dan memiliki fitur EWS.

STB ini mendukung siaran TV dengan kualitas HD yang membuat pengalaman menonton TV lebih menyenangkan. Selain menonton siaran TV, Anda juga dapat memutar file dari penyimpanan eksternal  karena perangkat ini dilengkapi dengan port USB.

Anda dapat memutar file dengan format JPEG, BMP, MP3, MP4, MKV, AVI dan masih banyak lagi. Anda juga dapat merekam tayangan TV dan menyimpannya di media penyimanan eksternal.

Jika Anda membeli Evercoss STB Pro, Anda akan mendapatkan remot, kabel RCA, baterai untuk remot dan STB dengan harga berkisar antara Rp180.000 hingga Rp280.00 di berbagai toko online di Indonesia.

  1. STB Advance STP-A01

Rekomendasi stb yang bagus untuk tv tabung terakhir dari klinik tekno adalah STB Advance STP-A01. Advance adalah brand lokal yang juga memproduksi berbagai barang elektronik termasuk set top box. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan fitur EWS.

STB ini dapat menghasilkan gambar hingga resolusi 720p atau HD pada TV tabung.  Anda juga dapat menonton video dari berbagai situs seperti Youtube, TikTok, WeTv dan lainnya dengan menghubungkannya dengan dongle WiFi pada port USB yang tersedia.

Port USB ini juga dapat digunakan untuk menghubungkan dengan flashdisk atau harddisk untuk memutar file atau menyimpan rekaman siaran TV yang Anda inginkan.

Body luar perangkat ini terbuat dari besi yang membuatnya lebih dingin dan menghindari overheat. Hal unik lainnya yaitu Anda dapat mengunci channel tertentu dengan kata sandi sehingga channel tersebut hanya dapat dibuka dengan kata sandi yang ditentukan.

Untuk harga, Advance STP-A01 dI bandrol dengan harga berkisar antara Rp130.000 hingga Rp290.000 di berbagai toko online.

Itulah beberapa rekomendasi set top box terbaik yang bagus untuk TV tabung dengan harga murah yang dapat Anda gunakan untuk menonton TV di rumah.

Hanya dengan modal ratusan ribu, Anda dapat menonton siaran TV digital di TV tabung tanpa perlu membeli TV baru.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda memilih set top box terbaik yang cocok dengan keingin dan kebutuhan Anda.

Share.

Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.

Leave A Reply

Exit mobile version