10 Tips Cara Agar Hp Awet Yang Wajib Kamu Tahu

Tips Cara Agar Hp Awet Yang Wajib Kamu Tahu

10 Tips Agar Hp Awet Yang Wajib Kamu Tahu – Hay sobat gadget, siapa sih yang saat ini gak tahu yang namanya handphone, telepon genggam yang sudah mengalami banyak perubahan yang saat ini sudah bisa dikantongi serta Mengalami perubahan dalam segi teknologinya, tetapi sobat bagaimana ya caranya agar handphone awet digunakan , yuk simak bersama.

Cara Agar HP Awet

Seringkali karena kita menyepelekan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan bisa mengakibatkan handphone cepat rusak, ada beberapa cara yang bisa kamu praktikan agar hp awet :

1. Menggunakan HP dengan sewajarnya

Menggunakan hp dengan sewajarnya artinya jika baterai hp habis kamu harus langsung menchargernya, selain itu saat baterai dalam kondisi low jangan memainkan hp terus. Hal tersebut nantinya bisa membuat kerusakan hp.

2. Charger HP Sampai Full

Hal yang sering dialami yaitu mencabut hp saat baterai belum full, hal tersebut bisa merusak hp seperti baterai bocor ataupun saat pengisian tidak terisi bahkan berkurang.

3. Tidak menggunakan HP saat direcharger

Menggunakan hp saat direcharger bisa menyebabkan kerusakan seperti baterai boros , dan bisa saja seperti baterai di recharge tetapi berkurang.

4. Membersihkan HP

Membersihkan layar hp dan sudut-sudut yang bisa dijangkau, hal tersebut dapat menghindari jika nantinya debu masuk ke dalam perangkat, selain itu jika hp kamu kotor pastinya kamu merasa risih bukan dan kita tidak tahu apa saja yang menempel di HP untuk itu bersihkan HP dengan rutin.

5. Menggunakan Softcase

Gunakan softcase atau sejenisnya untuk melindungi ponsel kamu, jika nantinya hp kamu terjatuh dengan adanya softcase membantu hp kamu mengalami kerusakan seperti tergores, kotor, dan sebagainya.

6. Memberikan HP screen protektor

Memberikan Screen protektor atau yang sering disebut anti gores pada layar hp untuk mencegah keretakan pada layar dan goresan. Selain itu juga ada beberapa screen protector yang bisa melindungi mata dari sinar HP yang terang jadi nantinya sinar yang dipancarkan HP tidak terlalu terang.

7. Menggunakan Charger Asli

Menggunakan charger yang sesuai dengan HP, jika kamu menggunakan charger yang bukan asli dari produksi HP bisa menyebabkan kerusakan pada hp seperti menjadi cepat habis baterainya, tidak mau mengisi batre saat di charger menggunakan charger original.

8. Menginstall aplikasi sesuai dengan kapasitas HP

Menginstall aplikasi yang dibutuhkan, sering kali terjadi seseorang terlalu banyak menginstall aplikasi-aplikasi yang tidak penting sehingga membuat hp menjadi lemot dan penyimpanan penuh, untuk itu kamu install aplikasi yang penting-penting untuk menghindari hal tersebut.

9. Membersihkan Cache

Cache merupakan data-data atau informasi saat kita mengakses aplikasi dan data tersebut yang disimpan dan nantinya jika kita membuka lagi membuat pencarian kita cepat diakses.

Dengan begitu saat kita mengakses aplikasi nantinya cache akan bertambah dan membuat internal akan cepat penuh, untuk itu jika ingin aplikasi menjadi ringan dan memori internal longgar kamu perlu menghapus cache.

10. Menginstall anti virus

Hal yang tak kalah penting yaitu menginstall anti virus, anti virus berfungsi untuk menghindari hp dari virus yang bisa menyebabkan kerusakan sistem maupun perangkat, tetapi saat ini sudah ada beberapa HP yang sudah terinstall anti virus bawaan HP sehingga kamu tidak perlu menginstall lagi, Hal tersebut juga bisa membuat HP lebih aman dibanding saat mendownload sendiri , terkadang ada beberapa anti virus yang membawa masuk virus itu sendiri.

Yaps Itulah beberapa cara agar hp awet, semoga bisa membantu kamu ya sobat.

Oiya, kalau kamu sedang pengen hp baru secara gratis, ikuti saja giveaway berhadiah hp. Informasinya bisa kamu temukan di serbakuis.com.

Deni Saputro
Seorang Blogger, Penulis Artikel dan Digital Marketer yang ingin bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi wawasan lewat tulisan.