Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree – Headset sendiri diciptakan sekitar tahun 1800, pada saat itu kondisi tentunya jauh dari headset modern seperti sekarang ini. Bentuknya sangat sederhana dengan satu pengeras suara yang diletakan pada bahu pengguna yang beratnya bahkan mencapai 4 kg.

httpsryansultan.blogspot.com

Seiring perkembangan dunia pada  tahun 1910 headset modern pertama muncul. Headset ini diprakarsai oleh seorang mahasisawa dari Stanford University bernama Nathaniel Baldwin.

Alat ini yang pada awalnya digunakan untuk komunikasi dalam kebutuhan perang dan penerbangan. Sampai pada akhirnya berkembang kebutuhannya sebagai sarana yang menunjang kerja dan juga hiburan.

Dalam perkembangannya, headset memiliki bentuk yang semakin stynlist dan dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fiturnya. Diantara jenisnya ada Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree.

Perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree

Banyak diantara kita yang mungkin masih bingung untuk membedakan antara Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree.

Maka dari itu disini KlinikTekno akan mencoba membantu memberi penjelasan tentang perbedaan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree.

  • Headphone

https://merkterbaik.teknosentrik.com

Headphone sendiri terdiri dari dua buah speaker stereo menutup telinga kiri kanan yang disambungkan dengan semacam bando dan dibuat senyaman mungkin dengan tambahan busa dan kulit.

Headphone mempunyai fungsi khusus untuk mengeluarkan suara, sehingga rata – rata dibuat dengan kwalitas suara yang mumpuni.

Ada juga fitur tombol untuk volume dan pause untuk jeda dan mengatur besar kecil suara. Ada dua jenis Headphone yaitu On Ear dan Over Air.

Untuk kenyamanan lebih disarankan menggunakan Headphone Over Air, dikarenakan bantalanya lebih tinggi diatas telinga dengan kekedapan suara yang bagus. Sehingga Anda akan merasakan seperti menonton bioskop atau konser indoor.

Dengan berfokus pada kwalitas suara yang terbaik, alat ini cocok digunakan untuk sarana kerja dan hiburan. Seperti rekaman dan cek audio juga mendengarkan music dan film tanpa mengganggu sekitar.

Kelebihan dari Headphone selain kualitas suaranya adalah kenyamanan dalam pemakaian jika di banding menggunakan earphone yang langsung masuk masuk ketelinga.

  • Headset

Jete.id

Secara sekilas Headset mempunyai bentuk yang hampir sama dengan Headphone. Yang paling menonjol perbedaannya ada pada tambahan microfon yang tentunya menambah fungsi dari Heatset.

Karena ada tambahan microfon Heatset ini sangat cocok digunakan untuk mendengarkan audio dan kebutuhan komunikasi. Contohnya kostumer servis , live gaming dll.

  • Earphone

https://soundinduction.co.uk/

Earphone merupakan pembaharuan dari Headset. Dari bentuknya Earphone mempunyai bentuk yang lebih kecil terdiri dari  mini speaker  yang dalam pemakaiannya langsung masuk ke telinga.

Pada perkembangannya ada jenis Earbud. perbedaan Earphone dan Earbud hanya pada tambahan bahan busa karet lembut ( Earbud ) sehingga nyaman ditelinga dan memaksimalkan kwalitas suara.

Ada juga beberapa merk pabrikan Earphone mengunakan double speaker kiri dan kanan sehingga menghasilkan suara yang jernih dan mantab.

Kelebihan memakai Earphone adalah karena bentuknya yang kecil sehingga lebih praktis ketika dibawa kemana – mana.

  • Handsfree
blibli.com

Handsfree memiliki bentuk yang hampir sama dengan Earphone dengan tambahan microfon dan tombol. Dengan tambahan microphone, alat ini lebih sering dipakai untuk melakukan panggilan telepon maupun video call dibanding menggunakan Headset karena dirasa lebih praktis dan murah.

Untuk tombolnya sendiri digunakan untuk memindah dan jeda ketika kita mendengarkan lagu. Atau bisa juga untuk mematikan telepon.

Dari alat – alat diatas untuk sekarang ini sudah ada jenis yang model lama menggunakan kabel ada juga yang nirkabel dengan memasukan fitur Bluetooth.

Jadi bagaimana, apakah Anda salah satu orang yang sering salah dalam penyebutan nama alat diatas. Mungkin itu saja penjelasan dari KlinikTekno tentang Perbedaan dari Headset, Headphone, Earphone, dan Handsfree. Semoga artikel ini membantu.